Ciri Khas Burung Ceret Gunung dan Daerah Persebarannya

Banyak burung kicauan yang ada di alam ini. Namun tidak semua orang bisa mengetahui seluruh jenis kicauaan yang ada di alam ini.

Salah satu jenis burung kicau yang bisa anda jumpai di Indonesia adalah burung ceret gunung. Mungkin para kicaumania belum semuanya mengenal jenis burung yang bertubuh mungil ini.

Burung Ceret Gunung memang buka merupakan jenis burung kicauan yang populer yang banyak dipelihara dan juga kerap diikutkan dalam perlombaan.

Tak hanya itu saja, habitat burung yang ukurannya kecil ini gemar mendiami area dataran tinggi yang jauh dari pemukiman masyarakat.

Meskipun begitu, suara kicauan burung Ceret Gunung ini ternyata juga tak kalah merdu dibanding jenis burung kicauan yang sudah lama kita kenal.

Daerah Persebaran Burung Ceret Gunung

Daerah Persebaran Burung Ceret Gunung
Daerah Persebaran Burung Ceret Gunung

Burung Ceret Gunung adalah jenis burung kicauan yang memiliki ukran tubuh yang mungil dengan panjang tubuh kurang lebih hanya sekitar 13 cm saja.

Daerah persebaran burung ceret gunung yang dijadikan untuk tempat tinggalnya yaitu merata mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Sumbawa, Lombok, Timor, dan juga Alor.

Tak hanya itu saja, keberadaannya juga bisa dijumpai di salah satu negara tetangga kita. Diantaranya yaitu di Filipina.

Wilayah dataran tinggi yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya memiliki jarak yang cukup tinggi berkisar di antara 1500 hingga 3400 meter di atas permukaan laut.

Memang jarak pegunungan yang dijadikan tempat tinggalnya ini sangatlah tinggi, sehingga membuat orang-orang cukup sulit untuk bisa menemuinya di hutan.

Untuk burung Ceret Gunung ini hidup di alam liar dan suka mendiami area hutan hutan terbuka yang tidak begitu rapat pepohonannya.

Tak hanya itu saja, burung yang berukuran kecil ini pun juga biasa hidup di area atas pegunungan, hutan lumut, area padang bunga Edelweis, dan juga di hutan vaccinium.

Untuk burung Ceret Gunung ini pada umumnya masa berkembangbiaknya berlangsung mulai dari bulan Mei, Agustus, Oktober, dan juga bulan Desember.

Setelah melakukan masa perkawinan, burung ini akan bertelur kemudian akan dierami indukkannya kurang lebih sekitar dua butir.

Bentuk sarang yang menjadi rumahburung ceret gunung ini terlihat mirip seperti bungkusan bola yang tidak terlalu rapat yang disusun dengan memakai serpihan tumbuhan kering.

Ciri Khas Burung Ceret Gunung

Ciri Khas Burung Ceret Gunung
Ciri Khas Burung Ceret Gunung

Ciri khas burung ceret gunung yang bernama latin Cettia Vulcania yaitu ditandai dengan corak warna bulu yang hanya terdiri atas dua warna utama. Diantaranya yaitu cokelat tua dan putih kekuningan yang sudah tersapu oleh warna cokelat. Warna cokelat tua juga terlihat menutupi hampir sebagian besar bagian atas tubuhnya mulai dari mahkota kepala, bagian tengkuk, punggung, sayap, hingga pada bagian ekornya. Pada area wajahnya juga tertutupi warna putih kekuningan. Lalu bawah tubuhnya seperti pipi, alis dekat paruh, tenggorokan, dada, perut, dan tunggirnya tersapu warna cokelat.

Ciri khas burung Ceret Gunung yang lainnya yaitu pada bagian ekornya yang berwarna cokelat tua. Yang mana ukurannya cukup panjang yang terdiri atas beberapa helai bulu yang bisa ditegakkan.

Pada bagian paruhnya juga berwarna cokelat kehitaman juga yang ukurannya agak panjang dan juga terlihat tebal.

Pada bagian kakinya yang berwarna cokelat yang memiliki ukuran yang lumayan panjang namun terlihat kurus.

Kemudian ciri khas burung Ceret Gunung dari segi suaranya terdengar nyaring dan agak melengking. Kemudian untuk volumenya juga tidak terlalu tinggi. Awalnya dengan nada tinggi, akan tetapi selanjutnya akan menurun.

Tinggalkan Komentar