Ciri-Ciri Tekukur Jantan dan Betina, Anda Wajib Tahu

Sebagai pecinta burung, mengenal ciri-ciri Tekukur jantan dan betina merupakan hal menarik untuk diketahui. Seperti yang kita tahu, Tekukur bagi sebagian orang disebut juga sebagai Derkuku.

Tekukur atau Derkuku merupakan salah satu jenis burung merpati yang lumayan banyak diminati untuk dipelihara. Tekukur banyak kita jumpai di ladang, persawahan hingga hutan-hutan terbuka.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Untuk membedakan Tekukur dengan jenis burung Merpati lainnya, cukup dilihat dari bentuk ekornya saja. Tekukur memiliki ekor yang lebih panjang.

Dari karakteristik ini, mungkin anda dapat mengetahui perbedaannya. Namun, apakah anda tahu bagaimana perbedaan Tekukur jantan dan Tekukur betina?

Ciri-Ciri Tekukur Jantan dan Betina, Anda Wajib Tahu
jbbkicau.blogspot.com

Ciri-Ciri Tekukur Jantan dan Betina

Membedakan Tekukur jantan dan Tekukur betina merupakan hal menarik dan juga penting untuk diketahui. Pasalnya, perbedaan burung ini sangat berkaitan dengan perkembangbiakannya.

Terutama bagi anda yang hendak membudidayakan Tekukur ini. Maka harus tahu pasti mana Tekukur jantan dan mana yang Tekukur betina.

Jika sampai terjadi kesalahan, maka proses perkembangbiakannya tidak akan berjalan sebagaimana semestinya. Atau dengan kata lain reproduksinya gagal, karena perkawinannya dilakukan oleh Tekukur sesama jenis. Baik itu jantan dengan jantan atau betina dengan betina.

Berikut ini, beberapa ciri-ciri Tekukur jantan dan betina yang akan kami sampaikan untuk anda. Uraian ini dapat menjadi sumber informasi untuk membedakan Tekukur jantan dan betina dengan benar.

Ukuran Badan Tekukur

Ciri pertama yang dapat kita lihat adalah pada ukuran tubuhnya. Saat masih berusia kecil, untuk membedakan Tekukur jantan dan betina jauh lebih mudah.

Tekukur jantan memiliki tubuh berukuran lebih besar dibandingkan dengan tekukur betina. Sebab itulah, ketika dipegang, Tekukur jantan jauh lebih berat dibandingkan betinanya.

Bagian Sayap

Ciri-ciri Tekukur jantan dan betina selanjutnya, juga dapat kita lihat dari karakteristik sayapnya. Saat berusia masih kecil, Tekukur betina lebih banyak memiliki bulu dibandingkan Tekukur jantan.

Hal ini pun masih terlihat saat usia burung ini sudah beranjak dewasa. Bulu sayap pada Tekukur betina masih lebih banyak dibandingkan dengan Tekukur jantan.

Meskipun demikian, bulu sayap jantan terlihat lebih terang dan cerah. Sedangkan Tekukur betina warna bulu sayapnya lebih pucat.

Ciri-Ciri Tekukur Jantan dan Betina

Bagian Dada

Ciri selanjutnya ini tak terlepas dari ciri Tekukur jantan dan betina berdasarkan ukurannya. Seperti yang sudah dijelaskan, jika Tekukur jantan memiliki bentuk badan yang lebih besar dibandingkan dengan betina.

Dari inilah, sudah tampak terlihat jelas bila dada dari Tekukur jantan pun lebih lebar. Sedangkan bagian dada Tekukur betina jauh lebih kecil.

Bulu Bagian Kepala

Ciri-ciri Tekukur jantan dan betina berikutnya dapat kita lihat dari bulu bagian kepalanya. Bukan hanya bulu sayapnya saja yang terlihat lebih cerah, bulu kepala Tekukur jantan juga lebih cerah dibandingkan Tekukur betina.

Selain itu, pada bagian kepala Tekukur jantan terdapat sedikit benjolan. Dimana benjolan ini sangat jelas terlihat. Sedangkan kepala Tekukur Betina, tampak bulat mulus tanpa adanya benjolan sedikit pun.

Bulu Di Bagian Leher

Bulu di bagian leher Tekukur jantan dan betina jelas sangat berbeda. Derkuku jantan memiliki bentuk leher yang lebih besar.

Selain itu juga memiliki bulu berbintik-bintik atau memiliki manik pada bulu lehernya yang berwarna cerah dan terang. Sedangkan Tekukur betina cenderung memiliki bulu leher yang lebih sedikit.

Ukuran lehernya pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan Tekukur jantan. Warna bulunya juga terlihat pucat.

Itulah beberapa ciri-ciri Tekukur jantan dan betina yang dapat menambah sumber informasi bagi anda untuk mengetahui perbedaan Tekukur jantan dan Tekukur betina dengan benar dan tepat.