Ciri-ciri Lovebird Biola dan Daerah Persebarannya

Lovebird biola merupakan salah satu jenis burung lovebird yang banyak digemari. Tak hanya karena warna bulunya yang indah, akan tetapi burung ini punya harga yang lebih mahal jika dibandingkan jenis warna yang lain.

Oleh sebab itu, para breader atau peternak mulai mencoba untuk mencetak warna lovebird biola ini. Yang menjadi daya tarik utama dari jenis burung lovebird ini pastinya memang di dalam warnanya yang unik dan juga terlihat menarik.

Dengan demikian, tak heran jika banyak para penghobi yang hendak mengkoleksi serta ingin mencoba menjodohkan burung Lovebird biola ini supaya keturunannya juga memiliki warna bulunyang sama cantiknya dengan burung ini.

Ciri-ciri Lovebird Biola
Ciri-ciri Lovebird Biola

Jenis dari burung lovebird biola ini memang populer sekali dengan warna yang di milikinya. Sebab dari jenis dari burung lovebird ini punya warna pada bagian bulunya yang tampak begitu indah.

Untuk jenis dari burung lovebird yang memiliki warna yang tampak begitu indah ini termasuk pada jenis burung lovebird sable yang memiliki kata lain yaitu jenis lovebird fischeri.

Daerah Persebaran Lovebird Biola

Jenis lovebird yang cantik ini aslinya banyak dijumpai pada daerah kecil Afrika Timur, Afrika Selatan dan juga Tenggara Danau Victoria yang berada di dataran tinggi pedalaman Utara di Negara Tanzania.

Burung ini selalu membutuhkan suhu lembab dan juga tidak begitu kering. Memang dari beberapa burung yang pindah menuju arah Barat khususnya Rwanda serta Burundi dalam memperoleh keadaan lembab.

Daerah Persebaran Lovebird Biola
Daerah Persebaran Lovebird Biola

Dan sekarang ini di penangkaran, jenis burung paruh bengkok yang memiliki bulu indah ini mudah untuk di ternakkan dan berkembang biak dengan bebas. Mereka bisa berkembangbiak pada koloni yang besar.

Mereka pada mulanya dijumpai pada akhir 1800-an. Kemudian burung tersebut dibiakkan pertama kali di Amerika Serikat pada sekitar tahun 1926.

Ciri-ciri Lovebird Biola

Kebanyakan ciri-ciri lovebird biola ini mempunyai warna hijau dan juga warna oren halus. Ada beberapa dari penjual yang mengkategorikan lovebird biola pada kategori Grade A Grade B Grade C.

Dari kategori tersebut dinilai dari kualitas warna ataupun trik di dalam menaikkan nilai jual. Dan yang terpenting kita yang akan memeliharanya harus mengetahui ciri-ciri lovebird biola supaya apabila suatu saat kita hendak membeli kita tidak akan tertipu.

Untuk suara dari lovebird biola bisa dikatakan tidak ada perbedaan dengan jenis lovebird yang lainnya. Jenis burung lovebird ini juga bisa bersuara ngekek panjang jika disetiap harinya mendapatkan perawatan dengan settingan burung lomba.

Namun, sebagian besar dari burung ini hanya dijadikan koleksi atau dijadikan sebagai pajangan dirumah. Atau ditangkarkan guna memperoleh warna anakan yang sama.

Lovebird biola sesungguhnya merupakan dalam kategori sable, yaitu lovebird fischeri (Agapornis fischeri). Namun jenis ini telah mengalami mutasi sehingga warna bulu yang ada dalam semua bagian kepala akan tampak bersih dan juga terlihat terang.

Untuk hal ini, ciri-ciri lovebird biola yaitu punya warna kepala merah pekat, sehingga masuk pada kategori sable. Kemudian warna bulu pada tubuhnya hijau, dengan campuran warna hijau soft dan juga sentuhan warna kuning.

Sehingga warna hijaunya lain dari pada lovebird hijau standar (wild colour). Berbeda pula dari hijaunya lovebird dark green atau hijau olive.

Jenis lovebird biola saat ini sudah semakin berkembang. Para penangkarnya yang mempunyai dana yang lebih dapat membeli indukan yang kualitasnya bagus-bagus.

Seperti halnya yang sedang populer sekarang ini jenis lovebird biola blue dan juga lovebird biola euwing. Di dalam mencetak lovebird biola euwing anda dapat menyilangkan lovebird biola jantan bersama dengan lovebird betina euwing.

Dari hasil keturunannya tersebut dapat dihasilkan lovebird biola euwing. Meskipun mungkin biola euwingnya turunan yang pertama, kedua, atau ketiga akan muncul.

Tinggalkan Komentar