Ciri – Ciri Burung Sikep Madu Asia Dan Daerah Persebarannya

Burung sikep madu adalah jenis burung pemangsa yang ada di Indonesia. Dan salah satu burung sikep madu yang bisa dijumpai di indonesia yaitu burung sikep madu asia. Ciri – ciri burung sikep madu asia yaitu bisa dilihat pada bagian tubuhnya.

Burung sikep madu asia di alamnya akan bertahan hidup dengan cara menyamar menyerupai dengan jenis burung pemangsa lainnya yang lebih kuat.

Jenis burung pemangsa ini termasuk burung yang tidak banyak menonjolkan diri. Ketika tiba saatnya musim panas, burung – burung ini akan tinggal di Siberia.

Dan ketika sudah tiba musim dingin, maka burung – burung ini akan segera bermigrasi hingga ke Indonesia.

Burung sikep madu asia (Pernis ptilorhynchus) adalah salah satu jenis burung pemangsa yang berasal dari keluarga Accipitridae.

Keluarga ini diantaranya meliputi berbagai macam jenis burung pemburu. Diantaranya seperti burung layang-layang, burung elang, dan juga burung rajawali.

Dan untuk spesies ini juga dikenal dengan sebutan Oriental Honey Buzzard.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Sikep Madu Asia

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Sikep Madu Asia
Habitat dan Daerah Persebaran Burung Sikep Madu Asia

Jenis burung karnivora memang termasuk jenis burung yang dilindungi oleh negara. Burung karnivora ini juga kerap terlihat berkunjung ke hutan pegunungan.

Jika kita ingin melihat jenis burung ini, maka kita bisa menyaksikannya di sekitar tempat olahraga Paralayang, Puncak, di Kabupaten Bogor.

Pada umumnya, mereka akan melintas di Indonesia diantaranya sekitar akhir bulan Agustus sampai dengan pertengahan bulan Oktober.

Sedangkan burung sikep madu asia ini mulai terlihat dari Riau sampai berakhir di daerah Nusatenggara Timur. Setelah itu mereka akanmeneruskan perjalanannya dan terus bergerak ke utara.

Ciri – Ciri Burung Sikep Madu Asia

Ciri - Ciri Burung Sikep Madu Asia
Ciri – Ciri Burung Sikep Madu Asia

Jika dilihat dari gaya terbangnya memang ciri – ciri burung sikep madu asia ini lebih dekat dengan layang-layang.

Jenis burung pemangsa ini memiliki bagian leher yang panjang dengan kepala kecil (menyerupai merpati), serta rentang sayapnya datar.

Jika diamati dari segi penampilannya, sikep madu tidak tampak seperti halnya binatang pemburu lainnya. Sikep madu asia ini memiliki ekor yang panjang dan puncak kepala pendek.

Selanjutnya ciri – ciri untuk burung besar pemangsa ini, jenis kelamin sikep madu bisa mudah dibedakan.

Sikep jantan memiliki bagian kepala biru keabu-abuan. Sedangkan untuk kepala betina berwarna cokelat. Sikep betina sedikit lebih besar dan lebih gelap jika dibandingkan yang jantan.

Untuk burung sikep madu asia pada umumnya akan berkembang biak di kawasan Asia, yaitu di sekitar Siberia tengah (Rusia) hingga ke timur di daerah Jepang.

Saat musim panas mereka tinggal di Siberia. Saat musim dingin bermigrasi daerah tropis Asia Tenggara.

Oleh sebab itu, jenis burung pemangsa ini bisa terlihat di Indonesia. Sumber hidupnya khususnya dari larva dan sarang tawon.

Selain itu, jenis burung karnivora ini juga akan memakan mangsa serangga kecil lainnya seperti halnya serangga jangkrik.

Perilaku Burung Sikep Madu Asia

Ketika berkembang biak di hutan, pada saat musim kawin tiba, burung yang berpasangan saling mengepak-ngepakkan sayapnya.

Ciri khas burung sikep madu ini biasanya akan terlihat mengepakkan sayapnya naik turun.

Bulu burung sikep ini tampak mirip dengan elang Spizaetus. Dengan demikian, sikep remaja dapat menghindarkan diri saat diburu oleh burung yang lebih besar

Burung ini mampu melindungi dirinya dari serangan mangsa dengan cara merubah dirinya menyerupai burung lain itu.

Ciri – ciri burung sikep madu asia yang menyerupai burung elang ini bisa terlihat saat ada pemangsa yang mendekatinya.

Tinggalkan Komentar