Ciri Ciri Burung Cucak Biru dan Keistimewaan Yang Dimiliki

Banyak sekali jenis burung cucak yang ada di alam ini. Salah satu jenis burung cucak yang juga dipelihara oleh pecinta burung kicauan yaitu burung cucak biru.

Jenis burung cucak biru ini merupakan salah satu keluarga dari burung kicauan cucak yg ada di Indonesia seperti satu rumpun denganburung cucak ijo.

Selain itu juga masih sejenis dengan burung cucak jenggot dan juga jenis burung cucak yang lainnya yang hidup di Indonesia. Akan tetapi untuk jenis burung cucak biru ini masih kurang dikenal oleh masyarakat pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia.

Sebab untuk jenis burung cucak biru ini memang masih kalah populer dengan dua jenis lainnya tersebut. Misalnya burung cucak jenggot dan cucak ijo.

Jika dilihat dari segi kualitas suara kicauan, antara burung cucak biru dan juga burung cucak ijo, mereka sama – sama mempunyai kualitas suara kicau yang merdu, indah.

Selain itu juga bisa menirukan berbagai macam jenis kicauan burung.

Yang menjadi perbedaannya antara burung cucak biru dan burung cucak ijo mungkin ialah dari segi warna tubuh yang satu dengan berwarna biru dan yang satu berwarna Ijo.

Ciri Ciri Burung Cucak Biru

Ciri Ciri Burung Cucak Biru
Ciri Ciri Burung Cucak Biru

Ciri ciri burung cucak Biru jantan antara lain memiliki bulu di tubuh bagian atas berwarna biru yang terang.

Sedangkan untuk bulu di bagian muka, dada bawah hingga di bagian punggung mempunyai warna hitam legam.

Sedangkan ciri ciri burung cucak biru selanjutnya, postur atau bentuk tubuh burung cucak biru jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan tegak.

Pada bagian punggung apabila diperhatikan dengan lebih teliti maka akan tampak seperti jam pasir.

Dan tentu saja untuk jenis burung cucak buru yang jantan ini mempunyai suara kicauan yang bervariasi.

Lalu untuk ciri ciri burung cucak biru yang betina antara lain memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan juga ramping.

Sedangkan untuk warna bulu di tubuh atas dan juga bagian bawah memiliki warna biru yang tidak terang dan juga bulu pada bagian sayap yang berwarna hitam kusam atau tampak pudar.

Keistimewaan Burung Cucak Biru

Keistimewaan Burung Cucak Biru
Keistimewaan Burung Cucak Biru

Burung cucak biru ini uga memiliki kualitas suara yang baik. Kelebihan burung cucak biru ini yaitu memiliki kualitas suara kicauan yang terdengar begitu nyaring, keras dan varian suara kicauannya banyak.

Burung cucak biru ini juga termasuk kedalam jenis burung kicauan yang memiliki kemampuan bisa menirukan berbagai macam suara kicauan dari kicauan jenis burung yang lainnya.

Kemudian untuk keistimewaaan burung cucak biru yang lainnya antara lain warna tubuh burung cucak biru yang terlihat sangat cantik.

Warnanya yang cantik yaitu dari perpaduan antara warna hitam dan juga warna biru langitnya yang menjadikan tampilannya semakin unik dan cantik.

Dengan keistimewaan yang dimiliki burung cucak biru ini, harga pasarannya pun masih bisa dikatakan murah sehingga sangat memudahkan para masyarakat pecinta burung kicauan khususnya untuk burung cucak di dalam membelinya.

Habitat Burung Cucak Biru

Untuk habitat dari burung cucak biru ini yaitu ada di hutan atau alam bebas yang tersebar di beberapa Pulau yang ada di Indonesia.

Misalnya saja seperti Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra dan juga ada beberapa yang hidup di Pulau Sulawesi.

Burung cucak biru juga bisasa hidup dengan berkoloni bersama teman – temannya atau dengan pasanganya.

Selain itu juga memiliki pola makan dengan jenis makananya buah buahan dan beberapa jenis serangga kecil yang lainnya.

Komentar Facebook

Komentar Blog