Ciri Burung Sekretaris (Sagitarius Serpentarius) dan Keunikannya

Di dunia ini ternyata banyak sekali jenis burung yang unik, baik itu dari namanya mauoun dari ciri khas yang dimilikinya. Salah satu jenis burung yang unik yang harus anda ketahui yaitu burung sekretaris. Ciri burung sekretaris ini memang unik sekali.

hbw.com

Nama burung sekretaris mungkin bia dikatakan masih terdengar asing untuk sebagian besar orang. Burung ini memang namanya benar-benar sekretaris. Secretary bird atau yang bahasa indonesianya lebih dikenal dengan nama sebagai burung sekretaris termasuk jenis burung asli daratan afrika.

Burung unik ini juga menjadi lambang dan ciri khas negara Afrika Selatan. Burung ini juga termasuk salah satu jenis burung pemangsa endemik di Afrika. Yang mana biasanya burung ini sering ditemukan di padang rumput terbuka dan savana yang ada di wilayah sub-Sahara.

Ciri Burung Sekretaris (Sagitarius Serpentarius)

Burung Sekretaris (Sagitarius Serpentarius) ini merupakan salah satu jenis burung yang unik. Hal ini disebabkan karena ciri burung sekretaris ini memiliki kaki yang panjang yang digunakan untuk berlari. Oleh sebab itu, burung sekretaris di klasifikasikan sebagai dalam family yang berbeda dengan jenis burung pemangsa yang lainnya, diantaranya yaitu Sagitari Dae.

Apabila di Afrika burung ini juga bisa dengan mudah di temui di beberapa padang rumput. Ciri burung sekretaris ini jika dilihat dari fisiknya adalah memiliki kepala dan paruh yang tajam mirip dengan paruh burung elang.

Selain itu, pada bagian tubuhnya juga di selimuti dengan bulu bulu yang di dominasi dengan warna putih, hitam dan juga warna abu-abu muda. Perlu anda ketahui, jika burung sekretaris ini bisa tumbuh sampai dengan mencapai tinggi 1 meter.

Perilaku Burung Sekretaris

Burung yang mempunyai warna orange di bagian wajahnya ini termasuk salah satu jenis burung pemangsa ular. Pada saat membunuh ular, pada umumnya burung ini akan menendangnya dengan kuat. Hal yang dilakukan ini tentu saja juga didukung oleh kakinya yang panjang dan kuat.

Akan tetapi jika tidak menendangnya, pada umumnya burung sekretaris ini akan membawa ular ke udara dan melemparkannya ke batu sampai mati dan selanjutnya akan memakannya.

flickr.com

Secretarybird ini bisa langsung dikenali, sebab burung ini memiliki tubuh seperti elang, memiliki kaki yang panjang yang bisa untuk meningkatkan ketinggian burung sebanyak 1,3 m (4 kaki). Burung ini juga mempunyai kepala seperti elang dengan paruh bengkok.

Keunikan Burung Sekretaris

Salah satu keunikan dari ciri burung sekretaris yaitu pada bagian kakinya yang cukup panjang seperti ciri burung bangau. Padahal untuk jenis burung ini juga tidaklah spesies burung yang sering hidup di air seperti halnya beberapa burung air yang memiliki bagian kaki yang panjang.

Keunikan lain yang dimiliki oleh burung sekretaris yaitu sosoknya yang sangat di takuti oleh ular. Burung sekretaris ini juga bisa membunuh seekor ular dengan cara menendang dengan sangat keras ular dengan menggunakan kakinya yang panjang.

Maka dari itu, inilah sebenarnya fungsi dari kaki yang sangat panjang yang dimiliki burung sekretaris. Cara yang lain dari burung ini juga untuk membunuh ular yaitu dengan mencengkram ular dengan memakai kuku-kukunya yang tajam.

Kemudian ular tersebut akan di bawa terbang dengan jarak yang cukup tinggi dari daratan. Ular yang sedang berada di cengkraman burung tersebit lalu di jatuhkan dari ketinggian sampai mati dan siap untuk di mangsa. Jadi, baik dari ciri khas mauoun dari perilakunya burung ini terkenal unik.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar