Cara Ternak Kenari Koloni Paling Mudah dan Efektif

Burung kenari adalah salah satu jenis burung pemakan biji-bijian bersuara merdu yang memiliki warna bulu yang cantik. Maka dari itu, tak heran banyak sekali orang yang menyukai burung kicauan satu ini. Banyak yang memeliharanya dirumah dan juga banyak yang menernakkannya. Ada yang menerapkan cara ternak kenari koloni dan ada juga yang tidak.

vitaminburung.com

Perlu anda tahu, dengan beternak kenari ada beberapa keuntungan yang akan anda peroleh. Antara lain yaitu keuntungan anda bisa menjual dengan harga yang tinggi. Yang harus anda ketahui, semua itu pastinya tergantung hasil kualitas kenari anda.

Apabila anda semua membelinya pada waktu kecil dan melakukan perawatan dengan sangat baik maka bisa saja anda semuanya menghasilkan kenari berkualitas dengan bulu indah dan suara yang oke.

Cara Ternak Kenari Koloni

Untuk anda semuanya yang ingin mencoba ternak burung kenari secara koloni, anda bisa menerapkan berbagai macam cara seperti berikut ini.

1. Persiapan Kandang

Untuk cara yang pertama dalam memulai bisnis kenari ini yaitu dengan menyiapkan kandang terlebih dahulu. Kandang harus ada di dalam ternak ini. Maka sebaiknya anda semuanya sudah mempunyai kandang sebelum memperoleh induk-induk kenari.

Sedangkan untuk ukuran kandang yang sebaiknya anda buat yaitu dengan menyesuaikan kapasitas kenari yang akan anda ternak. Sebisa mungkin anda bisa membuat nyaman. Tujuannya tak lain supaya burung kenari anda dapat terbang kesana kemari di kandang.

Paling tidak, ukuran kandang cukup besar, setelah itu anda bisa posisikan pada tempat yang strategis. Jangan menyusun atau membuat kandang lepas begitu saja seperti tidak adanya penadah panas. Sebaiknya anda juga memberikan lampu di dalamnya sebagai penerangan pada saat malam hari minimal neon 10 watt.

2. Pemilihan Induk

Tak hanya kandang, pemilihan induk juga dinilai sangat penting. Setelah anda selesai menyiapkan kandang maka hal yang harus anda perhatikan dalam cara ternak kenari koloni yaitu pemilihan induk. Entah itu yang jantan atau betina, semuanya harus benar-benar yang sehat. Jika indukan baik, maka anakan yang dihasilkannya juga baik.

burungnya.com

Ciri-ciri indukan kenari jantan yang bisa anda jadikan sebagai pilihan yaitu yang tidak sedang sakit, gacor, warna bulu indah dan cerah. Sebaiknya anda pilih pejantan yang terdapat benjolan kemerahan di bawah sebagai tanda siap kawin, jika di dekatkan dengan betina gacoran menjadi lebih lantang.

Untuk indukan yang betina anda juga harus bisa memilih indukan yangs ehat dan siap kawin. Pilihlah indukan betina yang memiliki nafsu makan yang tinggi dan memiliki warna bulu yang cerah.

3. Pembuatan Tengger

Sesudah anda sukses memasukkan induk di dalam kandang, anda bisa membuat tengger untuk bertengger burung kenari. Anda semuanya juga dapat memasangkan tengger yang terbuat dari pohon jambu biji, pohon petai cina. Sebelumnya, anda bisa merapikannya supaya bisa membuat kenari betah dan juga nyaman.

4. Pemberian Pakan

Pakan juga merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam melakukan ternak burung kenari, maka pastinya ini jangan sampai di lewatkan. Sebab, untuk pemberian pakan ini akan bepengaruh pada hasil ternak. Sedangkan untuk beragam jenis pakan yang dapat anda berikan berbeda-beda, diantaranya seperti pakan pokok serat extra feed.

Nah, untuk jenis pakan pokok ini selanjutnya ada yang namanya biji mix atau campuran. Jenis pakan ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Dengan nutrisi yang cukup, maka hasil ternak kenari anda bisa memiliki kualitas yang bagus.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar