Cara Ternak Burung Kenari Merah Agar Bisa Sukses

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang sampai sekarang ini masih banyak diminati oleh para kicaumania. salah satu jenis burung kenari yang banyak diminati adalah burung kenari merah.

Ciri atau karakteristik unik burung kenari merah yaitu memiliki tubuh yang kecil akan tetapi terlihat lucau dan imut. Memang jika dipandang akan terasa menyenangkan sebab warna cerahnya.

Burung kenari yang satu ini bisa menjadikan penggemar burung menjadi senang merawatnya. Warnanya yang tampak cerah merah dan cantik, suaranya juga merdu dan enak di dengar.

Ternak Burung Kenari Merah
Ternak Burung Kenari Merah

Penggemarnya juga sudah banyak sekali baik itu di Indonesia maupun di negara lainnya. Dengan warna merah yang menjadi karakteristiknya, burung Kenari ini banyak dicari sebagai burung peliharaan kesayangan.

Burung kenari merah ini bahkan telah menjadi burung yang paling laris dicari oleh para pecinta burung. Kenari yang berwarna terang dan cerah ini memiliki warna khasnya seperti halnya warna wortel. Tentu saja tampak menawan, jelas dan begitu mencolok, sehingga bisa memikat hati banyak orang.

Ternak Burung Kenari Merah

Tidak hanya punya warna bulu yang khas, burung Kenari Merah juga memiliki kicauan yang bagus. Untuk burung Kenari Merah ini suaranya terdengar sangat merdu jika dibandingkan dengan jenis Kenari yang lainnya.

Kenari merah juga menjadi burung primadona di kalangan para pecinta burung. Dengan adanya minat konsumen yang semakin tinnggi akan burung ini, maka banyak peternak burung Kenari yang memalsukan warna nya.

Dengan demikian warnanya lama kelamaan akan hilang. Maka anda yang membelinya jga harus tau benar-benar tentang burung kenari merah itu. Berikut ini cara ternak burung kenari merah agar bisa sukses.

Membeli sepasang Burung Kenari Merah

Jika anda hendak ternak Burung Kenari merah, sebaiknya Anda membeli sepasang burung Kenari merah. Anda dapat memilih burung kenari merah jantan dan betina yang kualitas burung tersebut cukup bagus. Supaya kedepannya dapatmelahirkan anakan kenari merah yang bagus juga.

Berilah makan dan minum yang cukup

Berilah pakan berupa biji-bijian. Karena burung ini burung peerupakan burung yang makan biji. Maka dari itu, siapkanlah pakan yang cukup setiap harinya. Pastikan juga di kandang tersebut tersedia air cukup untuk minum.

Karena jika burung kekurangan air, akan bisa mengganggu proses metabolisme tubuh burung. Berikanlah air minum yang sehat dan juga segar.

Berikan makanan tambahan

Makanan Tambahan Kenari Merah
Makanan Tambahan Kenari Merah

Supaya burung tidak mudah merasa bosan, dalam ternak burung kenari merah Anda bisa memberikannya makanan tambahan. Diantaranya yaitu berupa sayuran hijau serta apel.

Anda dapat memberikannya untuk variasi makanan beberapa hari sekali. Makanan tambahan itu pada umumnya berupa madu serta telur puyuh rebus.

Memandikan dan menjemur Burung Kenari Merah

Sebaiknya anda juga harus memandikan Burung Kenari Merah setiap harinya. Agar keadaan burung kenari jadi semakin sehat serta tampak segar. Sesudah dimandikan jangan lupa anda menjemur, sinar matahari pagi bagus sekali dan bisa membuat Burung Kenari jadi sehat.

Penjemuran Kenari merah pada pagi hari jangan sampai lupa dilakukan. Jemur kurang lebih 1 jam, dan jangan terlalu lama sebab akibatnya dapat buruk untuk kesehatan Burung Kenari. Bisa juga dijemur pada saat sore hari kurang lebih pukul 15.00, pada waktu matahari tidak terlalu panas.

Menjaga kebersihan kandang

Kandang harus dibersihkan untuk setiap harinya, jangan sampai kandang keadaan kotor sebab itu dapat mengganggu kesehatan burung kenari dan bisa mendatangkan beraneka ragam penyakit.

Tinggalkan Komentar