Cara Merawat Kenari Baru Menetas Agar Bisa Cepat Berkembang

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan terbaik yang banyak diminati para pecinta burung kicauan. Ini semua tak lain karena kicauan yang bagus dan juga warna bulunya yang cantik. Permintaan burung kenari saat ini juga banyak sekali. Maka dari itu banyak orang yang menernakkan burung kenari.


raparapa.co

Untuk proses dalam menernakan burung kenari tersebut pastinya perawatan burung yang baru menetas menjadi salah satu titik penting supaya bisa dijalani dengan baik dan benar. Maka adari itu, anda semua harus harus tahu cara merawat kenari baru menetas yang baik dan benar.

Cara Merawat Kenari Baru Menetas

Berikut ini beberapa proses serta cara merawat kenari baru menetas yang baik dan benar supaya burung kenari bisa tumbuh sampai dewasa yang bisa anda terapkan.

1. Membiarkan Indukan kenari Merawat Anaknya

Hal pertama harus anda perhatikan dalam proses atau cara merawat kenari baru menetas yaitu dengan membiarkannya untuk tetap bersama dengan indukannya. Sebab, indukan burung kenari nantinya akan bertanggung jawab penuh pada anakan burung mengenai masalah pemberian makanan dan perawatannya. Telur kenari nantinya akan dierami oleh indukan selama 14 hari sebelum menetas.

burungnya.com

2. Memberikan Pakan Rebusan Telur Puyuh

Pemberian pakan telur puyuh rebus juga baik sekali untuk anakan burung kenari. Sebab selain bergizi, teksturnya yang lembut ini mudah untuk dicerna oleh anakan burung. Telur puyuh rebus diberikan tiga kali sehari sesuai dengan jumlah dari anakan burung kenari.

Pemberian telur puyuh rebus ini bisa anda serahkan kepada indukan. Namun, apabila memang indukan tidak bisa memberikan makanan kepada anaknya maka bisa dilolohkan langsung pada anakan burung kenari.

3. Tidak Memberikan Sayuran Pada indukan

Saat usia awal fase hidup anakan burung kenari anda dianjurkan tidak memberikan sayuran terlebih dahulu di dalam sangkat untuk indukannya. Sebab, dikhawatirkan sayuran tersebut akan dilolohkan indukan ke anakannya. Sayuran belum bia dicerna oleh anakan burung kenari yang usianya baru 1 minggu. Kemudian apabila terjadi malah bisa mengakibatkan permasalahan pada pencernaannya

4. Pakan Biji Bijian untuk Indukan Burung Kenari

Pada saat anda merawat anakannya pastinya indukan burung kenari juga selalu diperhatikan kebutuhan makanannya. Makanan yang bisa diberikan untuk indukan burung tersebut yaitu biji bijian yang disukai oleh burung kenari.

Pemberian makanan itu sebaiknya juga selalu diperhatikan ketersediaan telur puyuh rebus. Dengan demikian, indukan akan makan biji bijian serta anakan akan diberikan telur itu oleh indukannya. Apabila dirasa umur kenari tersebut cukup, nantinya indukan juga akan mulai melolohkan biji bijian kepada anaknya tersebut.

5. Beri Tambahan Egg Food

Cara merawat kenari baru menetas juga bisa diberikan makanan tambahan berupa egg food. Egg food termasuk jenis pakan burung kenari dari telur rebus kering. Pemberian egg food untuk anakan burung kenari untuk dijadikan tambahan makanan cukup baik. Karena mengetahui gizinya yang bagus untuk proses perkembangan anakan burung kenari.

6. Perhatikan Perilaku Indukan Pada Anakannya

Sepenuhnya, indukan burung kenari ini bisa bertanggung jawab pada anakannya sejak menetas. Untuk anda yang merupakan pemiliki burung, sebaiknya anda memperhatikan perilaku indukan dalam merawat anakannya. Ini bisa membantu menghindari kondisi indukan yang stres dan tidak mau merawat anak yang baru ditetaskannya.

Keadaan stres tersebut bisa terjadi pada saat memang indukan terlalu banyak menjumpai gangguan. Dengan begitu, muncul rasa malas untuk merawat anakannya. Apabila keadaan yang seperti ini berlangsung maka untuk yang memberikan makan sebaiknya segera diambil alih oleh pemilik burung secara langsung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.