Cara Merawat Jalak Suren agar Sehat dan Siap Dilombakan

Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara di rumah. Tak jarang orang-orang menyebut spesies ini sebagai penunggu rumah. Jalak suren akan langsung berkicau jika ada orang yang datang. Hal itu dapat dimanfaatkan sebagai penanda kedatangan tamu. Kecerewetan jalak suren jika dilatih dengan baik bisa menjadi modal untuk diikutsertakan ke dalam lomba burung kicau.

Bagi yang gemar memelihara burung, Anda tentu harus siap dengan konsekuensi perawatannya. Burung jalak membutuhkan perawatan intensif setiap hari agar dapat berkicau dengan merdu. Nah, jika Anda ingin memelihara jalak suren di rumah, berikut ini adalah cara merawat jalak suren sehari-hari yang dapat dijadikan panduan.

  • Pemandian
Source - wikipedia
Source – wikipedia

Jalak suren biasanya dimandikan pada pagi hari dengan cara disemprot menggunakan air yang dimasukkan ke dalam botol spray. Agar lebih bersih, Anda boleh mencampurkan sampo ke dalam air mandinya, tetapi jangan terlalu banyak. Sampo yang terlalu banyak dapat membuat jalak suren licin dan bulunya lengket sehingga membuatnya tidak nyaman.

Memandikan jalak dengan cara yang benar, selain membuatnya bersih dan segar, bulu-bulunya juga menjadi lebih lembut. Namun, hindari memandikan jalak suren di lapangan saat akan lomba karena dapat membuatnya menjadi tidak tenang.

  • Penjemuran

Setelah mandi, jemur jalak suren di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu jam. Sebaiknya penjemuran ini dilakukan sebelum jam 9 pagi agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Setelah itu, angin-anginkan agar bulunya tidak rusak.

Sebaiknya lakukan proses penjemuran di teras rumah agar Anda dapat mengontrol jika ada binatang yang mendekati kandang. Buatlah jalak suren berada dalam kondisi yang nyaman, dengan begitu ia bisa terhindar dari stres.

  • Pembersihan sangkar
Source - pixabay
Source – pixabay

Bersihkan sarang burung secara rutin agar terhindar dari penyakit. Bagian sangkar yang perlu dibersihkan terdiri atas alas, jeruji, serta tempat makan dan minum.

Anda dapat meletakkan koran atau kertas pada alas sangkar. Untuk membersihkan kotoran burung, Anda cukup mengambil koran tersebut. Jika kotoran menempel pada bagian alas, Anda dapat mengoreknya dengan alat pengorek kotoran unggas.

Anda dapat menyikat sangkar burung agar kotoran dan sisa makanan yang menempel di sangkar menjadi bersih. Semetara itu, tempat makanan dan minuman dapat dibersihkan dengan menggunakan spon.

Jangan lupa juga untuk membersihkan botol spray yang digunakan untuk memandikannya agar tidak ada jamur yang tumbuh dan ikut menempel saat burung dimandikan.  Cara membersihkan cukup mudah, masukkan sedikit air pada botol, campurkan asam sitrat, kocok-kocok, lalu bilas dengan air bersih.  

  • Pemberian pakan
Source - wikimedia
Source – wikimedia

Salah satu cara merawat jalak suren adalah dengan memberikannya makanan yang tepat. Jalak suren memerlukan makanan yang kaya protein. Misalnya pisang, jangkrik, atau kroto. Berikan buah yang masih segar agar jalak suren semangat untuk makan. Dengan nutrisi yang cukup, jalak suren dapat berkicau dengan merdu.

Anda juga dapat memberikan makanan tambahan seperti voer agar nutrisinya semakin terpenuhi. Jika telah mendekati waktu lomba, kira-kira tiga hari sebelumnya, lipat gandakan jumlah jangkrik agar kicauannya makin kuat.

Misalnya, jika sehari-hari Anda memberikan 3 jangkrik pada pagi dan sore, menjelang lomba dapat ditambah menjadi 6 jangkrik tiap pagi dan sore.

  • Pemasteran

Pemasteran adalah memperdengarkan burung pada suara-suara kicauan agar dapat menirukannya. Jalak suren terkenal sebagai burung yang paling cepat bisa menirukan suara. Cara memasterkan burung adalah dengan memperdengarkan rekaman-rekaman bunyi kicau burung dari MP3.

Cara lainnya adalah dengan mendekatkannya dengan bururng lain yang sudah berkicau.  Sebaiknya Anda memberikan rekaman-rekaman suara yang bervariasi agar kicauan jalak suren tidak monoton. Akan tetapi, jangan terlalu sering memperdengarkan bunyi tersebut, jalak suren Anda akan stres.

Anda harus sabar untuk merawat jalak suren. Agar mendapatkan suara kicau yang merdu dan bervariasi, jalak suren perlu dijaga kebersihan, makanan, dan mood-nya. Jauhkan jalak suren dari orang-orang yang melintas saat dia sedang berkicau dengan merdu. Biasanya jalak suren akan berkicau melengking saat bertemu orang baru.

Tinggalkan Komentar