Cara Merawat Burung Nuri Agar Cepat Berbicara Layaknya Manusia

Burung Nuri masuk ke dalam jenis burung paruh bengkok dengan bulu yang menawan. Selain itu, ada satu kelebihan lagi yang ada pada burung Nuri.

Burung Nuri masuk ke dalam jenis burung paruh bengkok dengan bulu yang menawan. Selain itu, ada satu kelebihan lagi yang ada pada burung Nuri.

Burung ini memiliki kecerdasan dalam meniru suara burung lain atau suara yang sering didengarnya.

Jika anda memelihara burung ini, ada cara merawat burung Nuri agar cepat berbicara. Asal anda mau melatih dengan telaten dan sabar, kecerdasan burung Nuri akan langsung terasa.

Cara Merawat Burung Nuri Agar Cepat Berbicara Layaknya Manusia
burungcantik.com

Cara Merawat Burung Nuri Agar Cepat Berbicara

Burung Nuri termasuk burung yang memiliki harga jual mahal. Jenis burung ini memiliki nilai yang tinggi karena faktor kecerdasan yang dimiliki.

Burung ini cerdas dan mampu berbicara seperti manusia. Apalagi suara siulannya didengar sangat indah dan menjadi keunggulan dari burung yang satu ini.

Anda dapat memeliharanya agar jinak serta memberikan perawatan yang baik. Jika jinak dan burungnya sehat, maka dengan mudah anda dapat mengajari berbicara.

Meski banyak jenisnya namun burung Nuri memiliki populasi yang berkurang. Karena harganya yang tinggi masih saja terjadi perburuan liar.

Pemburu menangkap burung ini dan dijual. Menjinakkan dan mengajari burung Nuri untuk berbicara memang butuh usaha yang ekstra. 

Cara Merawat Burung Nuri Agar Cepat Berbicara dengan Merawatnya

Saat anda merawat dan memelihara burung Nuri pasti ingin lebih dekat dengannya. Memelihara burung ini banyak digemari oleh para pecinta burung.

Banyak faktor yang dapat membuat pecinta memelihara burung Nuri di rumah. Selain karena kecerdasannya, burung ini juga memiliki bulu yang indah, warnanya menarik dan bervariasi.

Seperti biru, merah, hijau, kuning, orange, dan hitam. Masih banyak burung Nuri yang tersebar di wilayah Indonesia. Diantaranya Nuri paltem, Nuri dora, Nuri pelangi, dan masih banyak lainnya.

Jika anda ingin memelihara burung Nuri agar mudah berbicara lebih baik pelihara dari umur yang masih muda.

Jika burungnya masih berumur muda akan lebih mudah untuk dijinakkan dan diajari berbicara. Sebelum anda mengajari untuk berbicara, terlebih dahulu jinakkan burung yang anda pelihara.

Trik Dasar Melatih Burung Nuri Agar Cepat Berbicara

jalaksuren.net

Sebelum anda melakukan cara merawat burung Nuri agar cepat berbicara, sebaiknya jinakkan dahulu. Jika sudah jinak akan lebih mudah anda untuk mengajarinya.

Buat Burung Merasa Nyaman

Agar burung yang dipelihara dapat merasa nyaman sebaiknya buat kandang. Sangkar yang baik digunakan untuk memeliharanya yaitu gunakan kandang terbuka.

Jika ditempatkan pada kandang tertutup justru akan membuat burung menjadi stress. Gunakan sangkar yang memiliki ram kawat lebih longgar agar sangkar terlihat lebih terang dan burung merasa bebas.

Lengkapi dengan potongan pipa besi sebagai tempat bertenggernya. Perhatikan burung saat berada di sangkar, jika masih glabakan tempatkan di lingkungan yang banyak orang.

Tempatkan yang ramai dimana banyak orang berjalan lalu lalang. Beda lagi jika burung merasa tidak nyaman diletakkan di tempat yang ramai.

Letakkan sangkar burung di tempat yang lebih tinggi bisa gunakan kayu yang didirikan. Sebaiknya turunkan sangkar sedikit demi sedikit sampai mencapai ketinggian normal.

Menempatkan Burung Nuri dengan Rantai

Bagi anda yang memiliki burung Nuri yang sudah jinak dapat gunakan rantai di satu kakinya. Hindari penempatan burung di tempat yang tertutup secara terus menerus.

Letakkan di tempat terbuka dengan cara merantai salah satu kakinya. Anda dapat merantainya di tiang lurus atau pada tangkringan burung Nuri.

Dengan melakukan cara tersebut, anda dapat berdekatan dengan burung yang anda pelihara. Lama kelamaan burung akan terbiasa dengan keberadaan anda.

Mandikan Setiap Hari

Manjakan burung Nuri dengan cara memandikannya. Mandikan burung peliharaan anda antara jam 7 hingga jam 8 pagi. Waktu yang tepat adalah saat matahari mulai muncul.

Hal ini bertujuan agar burung dapat lebih dekat dengan pemiliknya. Berikan kepercayaan pada burung peliharaan saat berdekatan dengan anda.

Burung Nuri harus dimandikan setiap pagi agar tetap merasa segar. Mandikan dengan cara menyemprotkan air ke tubuh hingga basah kuyup.

Namun sebaiknya anda hindari penyemprotan pada bagian telinga. Tujuan memandikan burung hingga basah kuyup agar burung menjadi merasa tenang.

Setelah selesai dimandikan, sebaiknya burung dijemur di tempat yang panas. Hal ini bertujuan agar burung tidak kedinginan. Jemur burung sampai bulu-bulunya kering.

Lakukan hal tersebut secara rutin setiap pagi. Dengan melakukan hal ini, burung Nuri akan merasa bahagia sudah anda rawat. Jangan lupa setelah memandikannya beri makan pada burung Nuri.

Makanan Bergizi

Saat burung peliharaan merasa lapar ia akan bergantung pada pemiliknya. Disinilah saatnya anda menjalin kedekatan dengan burung Nuri.

Agar burung Nuri dapat cepat, anda ajarkan berbicara berikan makanan yang bergizi. Setelah burung anda rawat dan merasa nyaman dengan anda, sebaiknya beri makanan yang bernutrisi.

Langkah awal sebaiknya gunakan bantuan lidi. Jika sudah beberapa kali dan burung merasa nyaman baru berikan makan dengan tangan secara langsung.

Burung Nuri termasuk golongan herbivora. Makanan yang digemari adalah buah-buahan. Seperti pisang, melon, labu, pepaya, mangga dan yang lainnya.

Saat burung Nuri meminta makan pasti akan berteriak. Saat itulah anda segera memberi makanan pada burung Nuri. Berikan makanan yang cukup dan bergizi.

Pemberian makanan yang bervariasi akan membuat burung tidak merasa bosan. Saat burung Nuri sudah jinak berilah tambahan makanan. Makanan tersebut dapat berupa biji-bijian atau sayur.

Saat burung Nuri sudah jinak total barulah anda melakukan pelatihan. Latihlah  burung Nuri berbicara sedikit demi sedikit.

Tahap Pemasteran Burung Nuri

Setelah burung Nuri yang anda pelihara jinak. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemasteran burung Nuri.

Saat proses pemasteran anda dapat menggunakan burung masteran. Selain dengan cara itu, anda juga dapat menggunakan mp3 player.

Agar burung Nuri dapat berbicara layaknya manusia dapat anda ajarkan secara langsung. Lakukan satu tahap demi tahap agar burung Nuri memahaminya.

Jika tidak, tempatkan burung di keramaian atau di ruang tamu. Sebaiknya anda lakukan berulang-ulang dan rutin.

Setelah burung Nuri dapat menirukan satu kalimat yang anda inginkan secara berulang-ulang. Jika sudah, barulah anda berikan kata yang lain.

Jika menggunakan kaset mp3, putar audio selama 3-60 menit. Jangan lakukan terus menerus agar burung tidak stress.

Namun, jika anda tetap meletakkan burung Nuri di tempat yang ramai, maka tidak butuh waktu yang lama untuk berbicara.

Burung Nuri dapat berbicara dengan bunyi yang sering didengar. Oleh karena itu, jangan dekatkan burung nuri dengan sejenisnya agar hanya menirukan suara burung lainnya.

Cara merawat burung Nuri agar cepat berbicara dapat menggunakan beberapa tahap diatas. Memelihara burung Nuri dapat menjaga populasinya agar tetap hidup.

Selain itu, burung yang cerdas ini dapat menemani anda saat berada di rumah. Memasterkan burung Nuri sama seperti burung-burung lainya.

Anda dapat memanfaatkan burung yang sudah gacor atau dengan mp3 player. Dengan hal itu anda akan memperoleh burung Nuri yang dapat berbicara layaknya manusia. Kecerdasan burung Nuri dapat dikembangkan dengan mudah.