Cara Merawat Burung Kasturi dan Burung Nuri Agar Sehat

Nuri dan kasturi adalah jenis burung paruh bengkok yang tubuhnya lebih besar jika dibandingkan dengan burung serindit. Burung ini juga cerdas dan atraktif. Jadi untuk merawat burung kasturi dan nuri ini perlu teliti.

Agar aktivitas sehari-harinya bisa berjalan dengan baik, maka nuri dan kasturi perlu nutrisi/gizi yang serasi dan seimbang.

Meski kasturi dan nuri ini termasuk jenis burung pemakan bijian, burung nuri juga lebih suka dengan pakan berasa manis seperti buah-buahan atau pakan buatan yang lainnya.

Namun, banyak juga keluhan dari penggemar nuri dan kasturi berupa burungnya tidak gesit atau kelihatan kurang aktif.

Terkadang ada juga yang mengatakan jika burungnya kurus, terlihat dari dadanya yang nyilet.

Ada juga yang memelihara nuri dan kasturi yang tampak ada kebotakan pada beberapa bagian tubuhnya.

Perawatan burung yang tidak konsisten bisa mengakibatkan burung peliharaan anda menjadi kekurangan gizi, terutama soal kualitas dan kuantitas pakan.

Berikut ini cara merawat burung kasturi dan burung nuri agar tetap sehat.

Cara Merawat Burung Kasturi dan Nuri Agar Sehat

Cara Merawat Burung Kasturi dan Burung Nuri Agar Sehat
Cara Merawat Burung Kasturi dan Burung Nuri Agar Sehat

Apabila anda merawat burung kasturi dan nuri hanya diberikan pakan berupa jagung, pisang, dan air minu, saja, tentu saja burung yang anda pelihara akan cenderung mengalami kekurangan gizi.

Meski saat kekurangan gizi burung tetap aktif dan rajin bunyi, mereka menjadi rentan mengalami gangguan kesehatan.

Terkadang burung itu juga mudah terserang penyakit yang biasa menginfeksi burung paruh bengkok, yaitu penyakit yang menyerang paruh dan bulu.

Harus anda tahu, jika burung nuri dan kasturi juga termasuk jenis pemakan nektar bunga.

Dan saat makan, gayanya lain dari jenis burung kicauan lainnya. Sebab mereka memiliki lidah cukup unik. Diantaranya yaitu berbentuk seperti sikat, yang berfungsi meremas bunga dan buah-buahan untuk diambil sari atau gulanya saja. Setelah itu ampasnya dibuang.

Makanan Burung Kasturi dan Nuri

Agar kebutuhan gizinya terjamin, sebaiknya burung diberikan buah-buahan segar yang yang bervariasi.

Anda bisa memberikan buah yang segar seperti apel, peer, stroberi, anggur, melon, ceri, dan semangka untuk dijadikan pakan hariannya.

Sebaiknya dalam merawat burung kasturi dan nuri, anda jangan memberikan buah-buahan yang asam seperti jeruk, lemon, atau tangerine. Sebab dapat langsung mengganggu pencernaannya.

Dari jenis buah tersebut ada yang bisa dibuat dalam bentuk koktail atau potongan-potongan kecil. Selanjutnya dimasukkan ke dalam tempat pakan. Jadi, kebutuhan nutrisinya lebih terjamin.

Bisa anda berikan jagung atau sayuran hijauuntuk tambahan. Adapun pakan bijian berupa kacang-kacangan bisa ditambah dengan biji kuaci (biji bunga matahari).

Air minumnya bisa dengan air matang rebusan atau air mineral. Campur dengan gula untuk membuat nektar buatan 2 minggu sekali sebagai penambah energi bagi burung tersebut agar tetap aktif dan atraktif.

Sediakan air bersih untuk mencelupkan lidahnya untuk membantu meremas-remas pakan.

Sebaiknya anda jangan memberikan buah alpukat, cokelat, dan kafein.

Pemandian Burung Kasturi dan Nuri

Pemandian Burung Kasturi dan Nuri
Pemandian Burung Kasturi dan Nuri

Satu hal cara merawat burung kasturi dan nuri yang jarang dilakukan penggemar terhadap burung nuri yaitu memandikannya.

Sebab, jenis burung ini sangat menyukai mandi. Oleh sebaba itu, apabila burung dipelihara dalam kandang harian, Anda dapat memasukkan bak mandi ke dalamnya.

Dan jika anda memelihara kedua jenis burung ini dengan menggunakan tenggeran besi, cara mandi yang bisa dilakukan yaitu dengan menyemprotnya, atau menurunkan burung di atas tanah.

Kemudian membiarkan burung mandi dalam bak mandi yang sudah disediakan. Merawat burung kasturi dan nuri memang perlu ketelatenan.

Tinggalkan Komentar