Cara Merawat Burung Jalak Hongkong Agar Semakin Gacor

Burung black collared starling atau yang lebih sering disebut dengan burung jalak hongkong memiliki bulu yang mana dengan corak putih hitam dan juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar bahkan ukuran badan burung tersebut lebih besar dibandingkan dengan beberapa jenis jalak pada umumnya. Jalak tersebut berasal dari Thailand, tetapi para pedagang burung yang ada di Indonesia menjual dan juga menyebutnya dengan jalak hongkong itu sendiri. Jalak hongkong tersebut memang cukup cerdas dibandingkan dengan jenis lainnya dan hal tersebut ditunjukkan dengan kemampuannya di dalam menirukan suara dari burung lain secara keras dan juga lantang, bahkan burung tersebut akan semakin mahir dan dapat mengucapkan beberapa kata yang diucapkan manusia jika memang dilatih secara sabar.

Hutan sekunder yang mana terbuka dan juga ditumbuhi dengan semak belukar dan dekat dengan sumber air memang menjadi suatu tempat yang sangat digemari oleh burung ini. Di dalam mencari makan, burung ini juga sering kali turun ke tanah dan dalam kehidupan aslinya, jalak hongkong ini berkelompok dan juga berpasangan. Untuk makanan alami dari burung ini sendiri juga berupa beberapa jenis serangga besar seperti jangkrik, kemudian capung, kaki seiribu, kupu – kupu dan yang lainnya, selain itu juga sering kali menkonsumsi buah – buahan segar. Jalak hongkong ini sendiri memiliki karakter yang penurut dan juga mudah untuk dibuat jinak, bahkan jalak hongkong yang sudah dewasa liar serta hasil dari tangkapan hutan bisa saja cepat untuk berkicau , yang terpenting adalah cara perawatan yang dilakukan secara benar dan juga baik.

Burung ini juga memilii kelemahan yang mana doyan makan dan juga jorok karena sering kali menggunakan air minumnya untuk mandi. Suara dari kicauan jalak hongkong ini juga cukup nyaring dan juga bisa memekakan telinga, namun burung jalak jenis ini sendiri cukup diminati oleh para pecinta burung untuk peliharaan ataupun sebagai burung pemasteran. Jika burung ini bisa gacor, tentu saja pemiliknya akan merasa sangat senang karena dengan hal tersebut penampilan dari burung akan lebih gagah, terlebih lagi pada saat diperlombaan.

Kecerdasan dan juga kemampuan dari jalak hongkong ini sendiri memang tergantung dengan perawata yang dilakukan, jika memang perawatan dilakukan secara tepat, maka nantinya burung akan semakin gacor, namun jika dilakukan secara asal – asalan, maka tentu saja hanya akan menjadi liar dan juga hanya mengeluarkan suara berupa lengkingan saja. Memang ada beberapa cara di dalam membuat jalak hongkong ini menjadi lebih gacor, terutama yang berkaitan langsung dengan perawatannya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara melatih jalak hongkong agar semakin rajin gacor:

Proses Pemandian

Yang pertama adalah pada proses pemandiannya, burung dengan jenis jalak hongkong ini memang sama seperti burung jalak lainnya yang mana butuh dimandikan di setiap pagi pada jam 7 sampai dengan 8 dengan cara disemprotkan menggunakan spray. Selain itu pemandiannya juga dapat dilakukan dengan memberikan burung tersebut bak mandi sendiri agar nantinya burung tersebut bisa lebih leluasa untuk mandi. Tempat mandinya sendiri dapat dibuat menggunakan wadah yang memiliki ukuran 20 sampai dengan 25 cm dan juga tinggi volume air 8 sampai dengan 10 cm. Namun yang perlu Anda ingat adalah jika memang Anda memberikan tempat mandi sendiri pada burung tersebut, maka jangan lupa untuk mengambilnya kembali setelah burung tersebut selesai mandi.

Proses Penjemuran

Kemudian untuk masalah penjemuran dari burung jalak hongkong ini sendiri bisa dilakukan selama kurang lebih 1 jam jika memang matahari bersinar cerah, atau Anda bisa melakukan penjemuran tersebut lebih lama dari 1 jam jika memang sinar mataharinya tidak begitu cerah. Karena di dalam upaya penjemurannya sendiri perlu disesuaikan dengan kondisi burung dan juga cuacanya.

Upaya Pemasteran

Lalu Anda juga perlu melakukan upaya pemasteran, pemasteran dari jalak hongkong ini sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan suara burung secara langsung maupun mengunakan suara burung yang sudah dalam bentuk mp3 ataupun handphone. Suara burung yang mana dijadikan sebagai pemasteran dapat menggunakan jenis burung jalak yang lainnya ataupun juga bisa menggunakan jenis burung lainnya seperti murai batu, love bird dan yang lainnya. Suara yang digunakan untuk pemasteran itu sendiri bisa didekatkan dengan sangkar jalak hongkong itu sendiri.

Burung ini sendiri merupakan jenis burung yang mana cukup pintar dan juga cukup mudah untuk menirukan kicauan dari suara burung yang lainnya meskipun dari jenis yang berbeda. Selain itu agar nantinya proses pemasterannya dapat lebih cepat, maka Anda perlu mengusahakan agar jalak hongkong tersebut tidak melihat burung masterannya secara langsung. Anda bisa memberikan pembatas pada bagian sisi sangakarnya.

Asupan Makanan

Sedangkan untuk asupan makanan dari burung jalak hongkong ini sendiri juga sangat perlu untuk diperhatikan. Agar nantinya burung tersebut semakin rajin gacor, maka burung tersebut harus diberikan pakan yang mana memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Anda bisa menyediakan asupan makanan yang mana memiliki cukup nutrisi dan juga bergizi, contohnya saja seperti buah – buahan, kemudian voer yang berkualitas tinggi.  Selain itu Anda juga perlu memberikannya makanan tambahan yang mana makanan tambahan ini sangat penting untuk diberikan.

Anda bisa memberikannya kroto, jangkrik ataupun ulat hongkong. Untuk jangkrik ataupun kroto, maka Anda bisa memberikannya 3 sampai dengan 5 ekor di setiap pagi harinya, sedangkan untuk sore hari berikan 2 sampai dengan 3 ekor saja. Dan untuk ulat hongkongnya sendiri bisa diberikan satu sendok makan yang mana digunakan untuk 2 sampai dengan 3 hari.

Penempatan Sangkar

Sedangkan untuk penempatan sangkarnya sendiri, jalak hongkong ini merupakan burung yang mana termasuk ke dalam jenis burung yang cenderung aktif bergerak. Ukuran tubuhnya sendiri juga relatif lebih besar, dengan demikian sangkar yang digunakan juga perlu dibuat lebih besar agar nantinya burung tersebut tidak mudah stres dan juga malas berbunyi. Sangkar dari jalak hongkong ini juga perlu dibuat lebih kokoh dan juga terdapat suatu tenggeran di dalam sangkar tersebut. Anda bisa menggantung sangkarnya di tempat yang cukup ramai agar nantinya burung tersebut bisa lebih mudah untuk gacor dalam menirukan beberapa suara yang ada di sekitarnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat burung jalak hongkong ini dan hal tersebut juga cukup penting, contohnya saja seperti menjauhkan faktor penggoda yang mana bisa saja membuat fisik dan juga psikis dari burung jalak ini menjadi terganggu. Contohnya saja seperti tikus, kucing ataupun manusia yang mana senagaja untuk menggoda dan hanya sekedar iseng saja. Jika jalak hongkong tersebut kondisi fisik dan psikisnya terganggu, maka nantinya burung tersebut akan menjadi tidak nyaman dan sangat mempengaruhi kualitas suara dan juga ocehan dari burung itu sendiri.

Tinggalkan Komentar