Cara Merawat Burung Hwa Mei

Hwa Mei merupakan burung kontes yang tergolong ke dalam burung kelas atas atau burung elite. Burung yang memiliki nama latin Garrulax canorus ini sering menyabet gelar pada kontes burung kelas atas. Tak heran jika namanya sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri.

Burung Hwa Mei juga sering disebut burung Wanbie. Untuk mendapatkannya memang sedikit susah karena burung ini asalnya dari Negeri Tirai Bambu, tepatnya di bagian Tiongkok Selatan. Apalagi beberapa tahun terakhir sejak merebaknya isu flu burung, impor burung dari negeri Tiongkok sempat dihentikan. Untungnya, sejak kasus flu burung mulai mereda, burung Hwa Mei sudah boleh kembali diimpor ke Indonesia.

Burung Hwa Mei memiliki kelebihan dan keunikan pada kicauannya. Burung Hwa Mei mampu berkicau dengan suara keras, cepat, rapat, dan bervariasi sehingga sering disebut juga sebagai “The Rocker”. Untuk mendapatkan burung yang berkicau layaknya rocker ini, Anda harus memilih yang berjenis jantan karena kicau burung Hwa Mei betina monoton.

Memiliki burung kelas atas yang dapat menyabet gelar juara pada kontes burung tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Jika ingin mewujudkannya, Anda harus merawat burung Hwa Mei kesayangan Anda dengan baik dan benar. Berikut cara merawat burung Hwa Mei agar menjadi juara:

1. Berikan Makanan yang Bergizi

Source - ajikukilo.
Source – ajikukilo.

Burung Hwa Mei memiliki karakter yang agresif dan lincah sehingga perlu diberi makanan yang tinggi protein untuk memulihkan tenaganya. Salah satu makanan tinggi protein yang mudah didapat di pasaran adalah voer. Sesekali, buatlah racikan voer yang dicampur kuning telur ayam rebus agar burung kesayangannya semakin berkicau.

2. Berikan Extra Fooding

Selain makanan sehari-hari yang kaya protein, Anda juga bisa menambahkan extra fooding terutama saat menjelang pelaksanaan kontes agar staminanya semakin prima. Salah satu jenis extra fooding yang sering digunakan yaitu jangkrik yang mengandung protein tinggi.

3. Mandikan secara Rutin Menggunakan Sampo

Source - pixabay
Source – pixabay

Salah satu cara merawat burung Hwa Mei yang tidak boleh terlewatkan yaitu memandikan burung Hwa Mei secara teratur setiap hari. Jangan lupa menambahkan sampo saat memandikannya. Hal ini bermanfaat mencegah munculnya kutu pada bulu burung Hwa Mei.

4. Jemur Burung untuk Mendapatkan Sinar Matahari

Setelah dimandikan, burung Hwa Mei sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari hangat antara pukul 7 hingga 9 pagi. Hal ini bermanfaat untuk memberikan vitamin D pada burung agar kekuatan tulangnya semakin kuat dan kulitnya semakin sehat.

5. Letakkan Sangkar pada Tempat yang Tinggi

Burung Hwa Mei terkenal sebagai burung yang aktif dan agresif. Jadi, Anda perlu menempatkan sangkarnya pada tempat yang tinggi. Jika sangkarnya diletakkan di tempat yang rendah, burung akan mudah stres saat banyak orang berlalu-lalang. Kondisi stres ini dapat memperburuk kondisi kesehatan dan kicauan burung kesayangan Anda.

6. Kontrol Tingkat Birahinya

Source - youtube
Source – youtube

Burung Hwa Mei perlu dijaga tingkat birahinya agar dapat berkicau sesuai harapan. Burung Hwa Mei yang kurang birahi dapat mengalami malas berkicau. Sebaliknya, jika birahinya berlebih, burung dapat lelah mental dan juga malas berbunyi.

Untuk mengatasi burung yang kurang birahi, Anda bisa mencarikan burung Hwa Mei betina sebagai pendampingnya. Namun, Anda tidak boleh meletakkannya di dalam satu sangkar setiap hari untuk menghindari terjadinya birahi berlebih pada burung.

Demikian cara merawat burung Hwa Mei agar menjadi si rocker juara kontes. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar