Cara Merawat Burung Cucak Biru Agar Bisa Gacor

Burung cucak biru merupakan jenis burung kicauan dengan warna yang unik. Meskipun masih kalah popular dengan burung cucak ijo, burung cucak biru ini juga sudah ada yang memelihara karena kicauannya yang lantang.

Burung cucak biru juga termasuk jenis burung yang terkenal keindahanya yang begitu mengagumkan.

Selain itu burung cucak biru juga memiliki kicauan yang sangat merdu dengan warna bulunya yang biru mengkilap dan juga warna pada bagian bulu punggungnya hitam pekat itu pastinya akan menambah daya tarik tersendiri untuk para pecinta burung kicauan.

Karakteristik Burung Cucak Biru

Burung Cucak Biru

Di bagian matanya ada warna merah dan jika kita lihat tentunya burung itu begitu garang. Jenis burung cucak ini masih jarang dijumpai di beberapa pasar burung dengan langkanya burung cucak ini menjadikan harga burung cucak biru dijual dengan harga yang mahal.

Ukuran badan burung cucak biru ini ternyata juga mirip dengan ukuran dengan jenis burung cucak hijau. Akan tetapi jika dilihat dari segi kicauan burung cucak hijau akan semakin unggul.

Dengan demikian, cara perawatan burung cucak biru pada umumnya juga sama seperti kita merawat jenis burung cucak hijau.

Jika kita ingin memelihara burung cucak biru maka sebaiknya dimulai dari awal. Jadi pilihlah burung cucak biru yang masih bakalan.

Habitat Burung Cucak Biru

Burung cucak biru ini juga banyak dijumpai di daerah asia selatan ataupun di wilayah Malaysia. Akan tetapi jika di indonesia burung tersebut banyak sekali kita temukan di sumatera.

Untuk anda yang ingin mempunyai burung cucak biru, sebaiknya anda untuk memilih burung yang jenis kelamin nya jantan.

Akan tetapi untuk membedakan jenis kelamin burung cucak biru jantan dan betina ini bisa dinilai gampang gampang susah.

Jenis makanan yang paling digemari oleh burung cucak biru ini yaitu berupa jenis serangga seperti halnya jangkrik dan juga belalang.

Merawat burung cucak biru sebaiknya juga harys dengan teliti agar burung peliharaan anda bisa menjadi gacor.

Cara Merawat Burung Cucak Biru Agar Rajin Berbunyi

Cara Merawat Burung Cucak Biru
Cara Merawat Burung Cucak Biru

Pada saat di alam liar, burung cucak biru ini sangat menyukai buah ara atau buah tin (Ficus carica). Untuk merawat burung cucak biru dalam kesehariannya, buah tersebut bisa diganti dengan menggunakan buah apel, pir, pepaya, mangga, jeruk, dan juga menggunakan buah pisang.

Sedangkan jenis serangga yang dapat diberikan sebagai pakan tambahan / extra fooding (EF) diantaranya yaitu berupa jangkrik, ulat hongkong, danjuga kroto.

Ulat hongkong bisa ditaburi dengan BirdVit. Hal ini dilakukan tujuannya untuk menjaga stamina dan juga kondisi tubuh burung. Khususnya pada waktu pergantian musim dan juga selama musim datang .

Anda juga dapat memberikan jangkrik sebanyak 1-2 ekor pada pagi dan 1-2 ekor lagi pada sore hari. Secara rutin berikan jangktik untuk merangsang burung lebih aktif seta lebih rajin berkicau.

Berikan juga kroto segar sebanyak 1 sendok teh yang bisa anda diberikan setiap pagi, atau bisa juga dua hari sekali.

Untuk variasinya, Anda dapat memberikan kroto yang telah dicampur parutan buah apel / pir. Anda bisa memberikan pakan racikan tersebut ketika pagi dan sore hari, setiap dua hari sekali.

Campuran kroto dan juga buah dapat membantu merangsang cucak biru agar menjadi lebih rajin berbunyi.

Merawat burung cucak biru sebaiknya dimadikan secara rutin, yang mana pemandian bisa anda dilakukan dua kali sehari ( pada saat pagi dan saat sore).

Begitu juga dengan penjemurannya, anda bisa melakukannya pada pagi hari pada saat matahari terbit dan sore hari menelang matahari terbenam.

Tinggalkan Komentar