Cara Merawat Burung Cici Padi Agar Bisa Gacor

Burung Cici Padi termasuk jenis burung pemakan serangga, hal ini sebaiknya kita pahami jika kita ingin burung bisa bertahan hidup dalam pemeliharaan kita dalam jangka waktu yang lama.

Sebab sumber kehidupan makhluk hidup adalah dari makanan serta minuman yang tersedia.

Jadi untuk cara merawat burug cici padi harus selalu menyediakan makanan yang disukai sebagai makanan pokok yang diwajibkan. Ini dilakukan sampai burung dapat beradaptasi dan mau memakan Voer instant.

Pakan burung yang cukup protein serta mineral memang bisa menjadikan burung menjadi semakin sehat dan juga punya tenaga yang cukup dalam melakukan berbagai macam aktivitas dan berkicau sepanjang hari.

Akan tetapi agar burung yang anda pelihara mau berkicau sebaiknya benar benar jinak dengan manusia. Jika tidak, minimal burung peliharaan anda tersebut tidak takut dengan segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Cara merawat burung cici padi ini juga cukup mudah. Sebab cici padi mudah sekali beradaptasi pada makanan burung buatan manusia, lain halnya dengan burung prenjak yang sulit sekali untuk belajar memakan voer burung.

Cara Merawat Burung Cici Padi

Cara Merawat Burung Cici Padi
Cara Merawat Burung Cici Padi

Cara merawat burung cici padi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara merawat burung berkicau pemakan serangga yang lainnya.

Jika anda baru saja memperoleh burung cici merah tangkapan dari hutan yang masih liar, ketika baru dimasukkan sangkar maka burung ini akan mencoba menerobos sela-sela jeruji, dan jika ada yang longgar dia akan lapas.

Maka dari itu sifatnya yang gemar menerobos sela padi, sebelum memasukan ke dalam sangkar sebelumnya anda harus memeriksa keadaan atau kondisi sangkar.

Sesudah itu, anda bisa memasukan tempat minum beserta tempat pakan yang kita beri ulat kandang untuk dijadikan sebagai pakan yang diberi sedikit voer halus. Antara lain seperti SM atau kroto sari, tujuanya supaya burung bisa dengan mudah memakan makanan buatan.

Setelah itu biarkan saja hingga burung cici padi anda merasa terbiasa hidup di dalam sangkar. Setelah itu baru bisa mulai dimandikan dengan menggunakan semprotan yang halus.

Perlu anda ketahui jika burung cici padi sangat menyukai dengan terik matahari, sehingga apabila di jemur lamamaka tidak masalah.

Setelah burung cici padi ini dipelihara dalam waktu agak lama kita, maka burung ini akan segera mengeluarkan suara kicauannya dengan kicauan awal terdengar seperti suara kucing.

Perawatan Harian Burung Cici Padi

Perawatan Harian Burung Cici Padi
Perawatan Harian Burung Cici Padi

Cara merawat burung cici padi peliharaan anda sebaiknya setiap pagi sekitar pukul 6.00 burung sebaiknya dikeluarkan, dijemur di matahari terbit.

Setelah itu kurang lebih pukul 7.00 burung sebaiknya dimandikan dengan cara di semprot ringan.

Dalam memandikan tidak perlu sampai basah kuyub supaya burung dapat jinak dengan pemeliharanya.

Selanjutnya berilah pakan berupa Ulat kandang sebanyak 1 sendok yang telah dicampur dengan voer.

Dalam waktu 2 hari sekali burung diberi kroto segar yang semutnya sudah hilang, jumlahnya satu sendok saja.

Sesudah diberi makan seburung lanjutnya dijemur sampai dengan pukul 9 atau sampai bulu-bulu kering, apabla terlalu panas bisa saja pakan burung berupa ulat kandang tersebut akan mati..

Ketika bulunya sudah kering, selanjutnya burung bisa diteduhkan, sepanjang hari burung tak harus di kerodong. Anda bisa membiarkan cici padi berkicau sesukanya.

Masukkan rumah ketika malam dan berilah kerodong. Bisa juga di perdengarkan suara masteran seperti suara jangkrik, burung kenari, bisa juga dimaster dengan suara prenjak dll.

Tinggalkan Komentar