Cara Menjinakkan Burung Serindit Liar Tangkapan Hutan

Burung serindit adalah salah satu jenis burung parung bengkok yang memiliki bentuk tubuh yang cukup ramping. Dan apabila diamati dengan sungguh sungguh maka tubuh burung serindit ini tampak lebih mirip dengan ukuran tubuh burung lovebird.

Burung serindit juga mempunyai jenis yang bervariasi yang memiliki wilayah persebaran di Indonesia dan juga di luar indonesia.

Burung serindit ini juga termasuk burung yang hidupnya asli di hutan pegunungan yang hidupnya jauh dari jangkauan manusia, dengan demikian burung ini liar dan susah untuk di jinakan.

Cara Menjinakkan Burung Serindit yang Liar

Cara Menjinakkan Burung Serindit yang Liar

Jika anda memiliki burung serindit hasil dari tangkapan liar dan masih memiliki tingkah yang liar sebaiknya anda semua jangan merasa khawatir. Sebab ada tips bagaimana cara menjinakan burung serindit hasil dari tangkapan liar.

Untuk menjinakan burung serindit cara yang dilakukan pun tidak jauh beda dengan cara menjinakan jenis burung kicauan yang lainya.

1. Mandikan Burung Serindit.

Cara menjinakkan burung serindit yang pertama yaitu dengan memandikan. Mandikan burung serindit di setiap pagi hari.

Pemandian dilakukan pada saat matahari pagi baru nongol, untuk memandikan burung serindit anda sebaiknya membasahkan seluruh bagian tubuh burung sampai keadaan basah kuyup.

Sesudah burung tersebut selesai dimandikan, jemurlah burung dibawah sinar matahari pagi selama waktun sekitar 1 jam, atau kurang, hingga bulu burung tersebut bisa menjadi kering total.

Sebaiknya anda jangan terlalu lama menjemur burung serindit, sebab itu akan menjadikan burung menjadi kepanasan dan gebludak disangkarnya bahkan burung tersebut bisa mati.

Ketika proses menjemur, maka burung serindit jangan tinggalkan burung pada saat penjemuran. Sebab ditakutkan anda dapat lupa dan burung belum dipindahkan dari terik matahari.

Sebab sudah ada berbagai kejadian burung mati kepanasan karna terlalu lama dijemur.

2. Pendekatan Pada Burung Serindit

Cara menjinakkan burung serindit harus anda lakukan dengan proses pendekatan. Untuk pendekatan pada burung serindit caranya yaitu dengan membiasakan burung serindit diberi makan ditangan.

Selainn itu anda juga bisa melakukannya dengan cara meletakan sangkar burung serindit ditempat ramai, yang mana menjadi tempat orang lalulalang.

Jika tidak, anda dapat meletakan sangkar burung serindit langsung diatas tanah. Dan burung serindit sebaiknya juga kerap dipegang, hal tersebut bisa cepat menjinakan burung serindit.

3. Mengubah Ukuran Sangkar Burung Serindit

Ukuran Sangkar Burung Serindit
Ukuran Sangkar Burung Serindit

Selanjutnya anda bisa memperhatikan ukuran sangkar burung serindit. Sebab semakin kecil sangkar burung serindit maka semakin cepat jinak burung tersebut.

Sebab burung serindit bisa lebih dekat dengan anda sebagai pemilik atau pemeliharanya.

Untuk ukuran sangkar burung serindit, anda dapat membuatnya dengan lebar sangkar 20-30cm dan tinggi 40cm.

Dengan ukuran sangkar yang seperti itu, maka burung serindit anda dapat semakin mudah untuk dijinakan.

4. Pasang Rantai Pada Burung Serindit.

Pemasangan rantai pada kaki burung serindit bisa anda lakukan untuk mempermudah anda untuk memegang burung serindit. Selain itu dapat untuk mempermudah anda merawat langsung burung serindit.

Sebab jika semakin sering anda memegang burung serindit maka burung serindit bisa lebih menjadi jinak.

5. Selalu Mengenyangkan burung Serindit.

Cara menjinakkan burung serindit yang selanjutnya anda bisa memberikan pakan burung serindit yang bermacam-macam dan banyak untuk burung peliharaan anda itu.

Dengan demikian burung serindit akan merasa senang disangkarnya dan bisa mengetahui bahwa anda merupakan pemiliknya.

Dengan melakukan berbagai macam cara tersebut maka burung peliharaan akan senang kepada anda dan bisa dengan mudah untuk anda jinakan.

Tinggalkan Komentar