Cara Menjinakkan Burung Jalak Kebo yang Giras Menjadi Penurut

Cara menjinakkan burung jalak kebo yang giras tidak semudah yang dibayangkan. Jalak kebo adalah jenis burung dari spesies yang cukup populer.

Jalak kebo juga biasa dikenal dengan jalak hitam, ungu dan jalak penyu. Tidak semua tempat di dunia menjadi habitat burung ini.

Burung jalak kebo tersebar di wilayah Asia Timur, Tenggara dan Indonesia bagian barat saja. Burung jalak kebo biasa hidup berkelompok, baik besar atau kecil.

Cara Menjinakkan Burung Jalak Kebo yang Giras Menjadi Penurut 1
omkicau.com

Cara Menjinakkan Burung Jalak Kebo yang Giras

Jalak kebo menjadi salah satu jenis burung yang banyak dipelihara. Meski burung ini giras, namun masih dapat dijinakkan oleh manusia.

Seperti yang sudah sering dilihat sejak dulu. Saat manusia menggembala kerbau biasanya burung ini hinggap di atas punggung kerbau.

Menjinakkan burung pasti lebih mudah jika dipelihara dari kecil. Namun, jalak kebo bisa jinak dan penurut jika dirawat dengan baik. Merawat dan melatih burung jalak kebo memang sulit.

Hal ini dikarenakan setiap binatang memiliki insting dan kebiasaan sendiri. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjinakkan jalak kebo.

Jalak kebo yang liar bisa menjadi penurut asal dilatih secara telaten. Kuncinya anda tetap harus menjaga mentalnya. Jangan pernah membuat kaget burung ini bahkan membentaknya. 

Apa Saja Cara Menjinakkan Jalak Kebo yang Giras?

Jika anda memiliki jalak kebo yang giras, jangan khawatir tidak bisa menjinakkannya. Anda bisa coba cara dibawah ini agar jalak kebo menjadi penurut. Gunakan cara yang tepat dan benar agar jalak kebo yang dipelihara bisa terawat dan jinak.

Kesehatan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menjinakkan burung yaitu kesehatan. Perhatikan kesehatan jalak kebo agar performanya tetap terjaga.

Caranya anda perlu memberikan makan dan minum secara teratur. Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin.

Anda juga bisa tambahkan makanan yang disukai burung tersebut. Misalnya jangkrik, voer, belalang, ulat hongkong dan lain sebagainya.

Penempatan

Biasanya jalak kebo yang giras sulit dikendalikan karena tempat tinggalnya tidak disukai. Jika anda ingin menjinakkan jalak kebo, letakan burung di tempat yang sesuai.

Letakkan sangkar di tempat yang sepi. Namun, anda juga bisa meletakkannya di tempat ramai. Hal ini bertujuan agar burung terbiasa dengan lingkungan sekitar.

Latih di Siang Hari

Sebaiknya menjinakkan burung jalak kebo di siang hari. Hindari pelatihan di tempat yang gelap atau malam hari. Akan tetapi, jangan lakukan juga di bawah terik matahari.

Lakukan pelatihan di tempat yang teduh dan memiliki cahaya. Cara yang satu ini dapat membiasakan burung dengan metode pemiliknya. Asalkan dilatih secara rutin, burung yang giras sekalipun bisa jadi penurut.

Memberi Makan Sebelum Dilatih

Saat melakukan pelatihan burung akan merasa lelah. Berikan perhatian yang lebih kepada jalak kebo. Anda bisa berikan makan setelah latihan dilakukan.

Jangan biarkan burung tersebut kelaparan. Berikan makanan secara teratur agar burung bisa terbiasa dengan anda.

Apalagi jika anda memberi makanan dengan membiasakan dengan tangan. Ini menjadi salah satu cara agar burung jalak kebo cepat akrab dengan pemiliknya.

Jalak kebo termasuk burung yang memiliki sifat akrab dengan manusia. Namun, burung ini tidak tersebar luas di berbagai wilayah.

Tidak ada salahnya mencoba cara tersebut agar anda dapat bersahabat dengan burung peliharaan.

Ada beberapa cara menjinakkan burung jalak kebo yang giras. Meski giras dan liar hampir semua jenis burung dapat dijinakkan untuk menjadi penurut.