Home » Kabar Burung » Cara Mengatasi Burung Kacer Salto Paling Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Burung Kacer Salto Paling Mudah dan Cepat

Burung kacer poci termasuk salah satu jenis burung yang menjadi pavorit untuk para pecinta burung kicauan. Sebab, pada saat mengeluarkan suara yang begitu merdu disertai juga dengan tarian ngobra ngotot nagen ketika diadu tampak menarik.

Warna burung ini yaitu hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Untuk anda semua yang merupakan pecinta burung kacer/poci, atau yang telah merawat kacer dalam jangka waktu lama, tentunya mengerti tingkah laku kacer yang mungkin dirasa aneh dan sulit untuk diatasi.

Perilaku aneh tersebut diantaranya yaitu mbagong, over birahi atau galak serta salto. Perilaku unik ini kerap dinilai buruk oleh pecinta burung kicauan. Sebab, untuk burung mereka menjadi malas berkicau.

Selain itu burung kacer salto jarang menjuarai sebab tentunya akan mengurangi penilaian dari para juri.

Selain itu, untuk kebiasaan salto juga berdampak pada munculnya luka dikarenakan burung menabrak dinding sangkar. Seperti halnya burung cendet salto.


Burung Kacer Salto

pakanburungjoss.blogspot.com

Perilaku burung kacer salto seperti itu harus segera diatasi. Untuk cara mengatasi salto pada burung kacer ini memang lain halnya dengan penanganan atau treatment suka salto pada burung Cendet.

Akan tetapi, juga ada sedikit banyak tetap ada persamaan yang patut untuk kita coba. Sebelum mengatasi kebiasaan burung kacer salto, sebaiknya anda mengetahui apa yang mengakibatkan burung melakukan hal tersebut.

Caranya yaitu dengan memantau perilaku dan juga evaluasi perawatan harian yang kita lakukan.

Untuk burung yang kerap salto biasanya disebabkan karena aspek keturunan atau bawaan dari indukan. Oleh sebab itu, anda harus memberi latihan dampak kapok (berikan pembatas karet).

Anda juga bisa memberikan perlakuan yang sedikit berlebihan (misalnya saja dengan menyemprotkan air es). Namun, jika burung anda punya rutinitas salto sebab sedang stres, sebaiknya anda menjinakkan burung terlebih dulu.

Untuk caranya yaitu dengan menggunakan penutup kain yang ada pada bagian atas sangkar atau full kerodong. Bisa juga anda lakukan dengan memutarkan beberapa nada alam.

Diantaranya yaitu seperti nada air terjun, air hujan, deburan ombak, hingga memutarkan nada kicau burung yang ada di alam liar.

Anda juga isa melakukan cara mengatasi burung kacer salto secara umum hanya dalam hitungan hari. Yang pastinya untuk cara ini bisa kembali disesuaikan dengan faktor pemicu timbulnya perilaku salto yang ada pada burung Kacer yang anda pelihara.


Tips Mudah Mengatasi Burung Kacer Salto

seputarburung.com

Mengatasi burung kacer salto yang pertama bisa anda lakukan dengan mengganti sangkar harian burung kacer dengan sangkar yang bentuknya bulat . Pada umumnya sangkar tersebut digunakan burung Anis Merah.

Bisa juga anda mengganti sangkar dengan ukuran yang lebih besar dengan perkiraan bahwa burung Kacer kita bisa lebih bergerak dengan leluasa. Selain itu, anda juga bisa menutup bagian atas sangkar dengan kain, kardus atau penutup lainnya.

Anda juga bisa menghindarkan burung Kacer dari burung-burung jenis lain yang gemar menunjukkan perilaku salto. Misalnya saja seperti Cendet/Pentet, burung Branjangan dan juga Ciblek.

Tambahlah tangkringan menjadi 2 atau merubah posisi tangkringan menjadi bersilang atau sejajar. Semuanya bisa disesuaikan dengan kondisi.

Mengatasi burung kacer salto juga bisa dilakukan dengan mengurangi porsi Ekstra fooding (EF) setelah harian Kacer. Terutama untuk makanan berupa kroto dan ulat hongkong apabila dinilai ada indikasi Overbirahi (OB) pada Kacer.

Bisa juga anda memakai kandang umbaran berukuran minimal 2X1 meter. Tujuannya suaya burung Kacer bisa bergerak leluasa.

Tinggalkan Komentar