Cara Mengatasi Bulu Kenari yang Kusam Agar Indah Kembali

Burung kenari adalah jenis vurung kicauan yang memiliki waarna bulu yang sangat cantik. Selain itu juga memiliki suara kicauan yang cukup menarik dan suaranya yang khas. Akan tetapi sebagai pecinta burung kenari sebaiknya anda harus bisa melakukan perawatan yang tepat.

Tetapi, tidak hanya melakukan perawatan pokok saja seperti halnya memberikan makan, minum, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Bulu Kenari yang Kusam
Cara Mengatasi Bulu Kenari yang Kusam

Akan tetapi harus menjaga kesehatan fisiknya juga. Salah satu hal yang pada umumnya kurang terawat dari burung kenari yaitu bulu-bulunya.

Kebanyakan burung kenari yang tidak terawat memiliki bulu yang kusam. Penyebab bulu burung kenari kusam adalah kekurangan minyak atau lemak.

Burung kenari sebenarnya memiliki bulu–bulu yang cukup lembut. Bulu kenari pada umumnya juga telah didominasi dengan warna kuning. Akan tetapi beberapa strain punya bulu yang berwarna unik. Misalnya saja seperti merah, hitam, hijau, dan biru.

Di dalam merawat bulu-bulunya supaya tetap sehat dan kuat, pastinya memerlukan perawatan yang rutin. Khususnya pemberian pakan, mandi, dan juga penjemuran.

Fungsi Bulu Kenari

Bulu-bulu yang ada pada burung mempunyai banyak kegunaan. Selain untuk terbang, bulu juga bisa memerangkap udara yang nantinya dapat menjaga suhu tubuhnya supaya bisa senantiasa hangat.

Burung yang dipelihara oleh seseorang dalam sangkar, termasuk kenari, tentu tidak dapat melakukan semua itu tanpa bantuan pemiliknya. Maka jika ada masalah pada bulunya, anda harus tau cara mengatasi bulu kenari yang kusam.

Cara Mengatasi Bulu Kenari yang Kusam

Keindahan bulu yang ada pada kenari juga beraneka ragam. Terlebih lagi bulunya yang selalu bersih dan berkilau pasti akan membuat burung kenari semakin cantik dan menarik.

Biasanya warna bulu burung kenari yang cerah dan mengkilap sangat erat hubunganya dengan perawatan yang benar. Pemberian sayuran segar yang banyak mengandung betacarotin di dalamnya menjadikan bulu burung kenari tampak semakin mengkilap dan menawan.

Akan tetapi, ada juga yang berpendapat jika burung mempunyai bulu yang kusam itu disebabkan oleh bagian lubang kelenjar minyak yang tertutup oleh kotoran kering atau bekas luka lama yang telah mengering.

Selain bulu kusam pada burung kenari disebabkan oleh kekurangan minyak, ada hal lain yang menyebabkan bulu kenari kusam yaitu karena bulu kenari sudah terlanjur rusak.

Pemberian minyak ikan

Pemberian Minyak Ikan
Pemberian Minyak Ikan

Dalam cara mengatasi bulu kenari yang kusam, sebaiknya sesekali anda memberikan minyak ikan yang telah dicampur ke dalam pakan. Cara pemberianya dengan mencampurkan minyak ikan pada bijian maupun pada sayuran atau telur puyuh rebus.

Akan tetapi, jangan berlebihan, hal ini berfungsi menjaga kondisi bulu burung kenari supaya terlihat mengkilat serta menawan dan pasti bulunya tidak terlihat kusam.

Pemberian Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang sangat penting untuk kesehatan tubuh kenari ataupun bulunya. Sayuran yang berwarna hijau terdapat kandungan banyak vitamin dan betacarotin. Dan itu sangat baik untuk menjaga kecerahan bulu kenari supaya makin mulus dan tidak kusam.

Air mandi

Cara mengatasi bulu kenari yang kusam anda bisa mencampurkan air mandi dengan jeruk nipis. Air mandi yang dicampur jeruk nipis dapat membantu membersihkan kotoran dan lemak yang menempel di dalam bulu.

Dengan begitu akan menjadikan bulu kenari lebih bersinar dan sehat. Gunakan lima tetes jeruk nipis dalam 1 liter air mandinya.

Selain menggunakan jeruk nipis, cara mengatasi bulu kenari yang kusam anda bisa campurkan garam inggris dengan air mandi. Campurkan 1 gram garam inggris ke dalam 1 liter air mandi.

Larutan ini juga bisa membatu membersihkan bulu dan membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan bulu kenari. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan aktivitas kenari setiap harinya.

Tinggalkan Komentar