Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus untuk Dipelihara di Rumah

Jalak suren menjadi salah satu spesies burung jalak yang diminati para pencinta burung. Seperti burung jalak lainnya, jalak suren dikenal karena kicaunya yang merdu. Akan tetapi, jalak suren memiliki kicauan yang lebih berciri daripada jenis jalak lainnya. Tidak heran, banyak pencinta burung jalak yang memilih jenis jalak suren untuk dipelihara.

Sekarang ini, memelihara burung di rumah sudah menjadi -sebuah hobi yang banyak dijumpai. Burung-burung tersebut dipelihara bukan hanya untuk dinikmati kicaunya, namun juga dilatih agar bisa berkicau dengan merdu untuk dilombakan.

Bagi Anda yang ingin membeli jalak suren untuk dipelihara di rumah, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jalak suren yang bagus.

1. Perhatikan ciri fisik jalak suren yang akan dibeli

Source - pixabay
Source – pixabay

Jika Anda akan membeli burung jalak untuk dilombakan, pastikan untuk memilih jalak yang mampu berkicau merdu. Jalak tersebut biasanya memiliki sorot mata tajam, matanya bulat, dan cenderung melotot.

Jalak suren dengan mata berbinar biasanya aktif dan agesif. Ciri lain jalak suren yang aktif adalah menyambar dengan cepat saat diberi makan. Dengan keberanian itu, jalak suren Anda akan tampil memukau di perlombaan.

Jalak suren dengan tubuh ramping dan panjang juga biasanya lebih trengginas. Dengan bentuk tubuh yang tidak terlalu gemuk, jalak suren akan lebih aktif bergerak. Jalak yang bergerak ke sana kemari di dalam kandang menandakan kelincahannya. Biasanya jalak suren yang bergerak aktif diiringi kicau yang aktif pula.

Selain tubuh ramping, jalak suren yang bagus berdiri tegap dengan kaki mencengkeram kuat pada tempatnya bertengger. Dengan fisik seperti itu, jalak suren terlihat gagah dan siap untuk berlaga.

Hal yang tidak kalah penting adalah perhatikan sayap jalak suren yang akan Anda beli. Jalak suren dengan sayap menjuntai ke bawah menandakan sakit. Sebaiknya pilih jalak suren dengan sayap rapat dan tidak jatuh. Jalak dengan ciri fisik sehat memudahkan Anda untuk merawatnya.

2. Perhatikan produksi suara jalak suren

Source - pixabay
Source – pixabay

Jalak suren yang bagus memiliki produksi suara yang merdu. Hal tersebut ditunjukkan dari bentuk paruhnya. Jalak suren yang terampil mengoceh memiliki paruh tebal dan pendek. Akan tetapi, bentuk paruh seperti itu membuat jalak suren memproduksi suara yang kecil sehingga kurang nyaring.

Jika Anda menjumpai jalak suren dengan paruh panjang menandakan cerewet atau sering berkicau. Paruh panjang memungkinkan burung jalak untuk memproduksi suarat dengan cepat. Nah, sebaiknya pilihlah jalak suren yang baik dengan paruh bengkok dan tipis. Bentuk tersebut biasanya memiliki suara nyaring daripada lainnya.

3. Pastikan jenis kelamin jalak suren sebelum membelinya

Source - jalaksuren
Source – jalaksuren

Jika Anda akan membeli jarak suren bukan untuk diternak, sebaiknya tentukan jenis kelamin sebelum membeli. Beberapa orang mengatakan jalak suren jantan biasanya memiliki kicau yang lebih nyaring daripada betina.

Jalak suren betina sering berkicau dengan suara melengking. Kicau jalak suren jantan biasanya lebih bertenaga. Akan tetapi, sering juga ditemukan jalak suren betina dengan suara yang variatif dan bertenaga seperti jantan. Nah, putuskan dulu Anda akan membeli jantan atau betina sebelum membeli agar nantinya tidak menyesal.  

Jika Anda telah menentukan jalak suren yang Anda inginkan, lanjutkan dengan mempelajari cara-cara merawatnya. Jalak suren yang dibeli dalam kondisi baik memudahkan Anda untuk merawatnya.

Dengan fisik yang mantap dan meyakinkan, Anda akan lebih percaya diri membawa jalan suren tersebut untuk dilombakan. Apalagi jika Anda rajin melatihnya untuk berkicau, jalak suren Anda makin memikat.

Jalak suren yang bagus memiliki kicau merdu. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa membawanya untuk dilombakan, tetapi Anda juga terhibur dengan hiburan kicau merdu setiap hari. Kicau merdu burung Anda dapat menjadi obat stres. Silakan pilih jalak suren yang Anda inginkan!

Tinggalkan Komentar