Cara Memelihara Burung Macaw Untuk Para Pemula

Burung Macaw termasuk burung yang ukurannya bisa dibilang lumayan besar dan memiliki warna yang tampak sangat cantik.

Macaw juga tampak sangat unik dan juga punya tingkat intelegensi yang cukup tinggi, maka dari itu burung ini kerap sekali di tampilkan pada acara sirkus dan memamerkan kepandainya. Misalnya saja seperti menirukan suara manusia, menari, bersepeda, berhitung dan lain sebagainya.

Selain burung ini punya tampilan yang tampak begitu eksotis, burung yang kebanyakan dari Amerika ini juga punya harga yang cukup fantastis.

Memelihara Burung Macaw
Memelihara Burung Macaw

Ketika berada pada hutan habitat aslinya burung macaw termasuk hewan sosial yang kerap terlihat berkumpul pada kelompok dengan jumlah 10 sampai dengan 30 ekor.

Burung ini pada umumnya juga punya pasangan seumur hidup dan bisa hidup sampai dengan usia 60 tahun. Macaw bisa berteriak keras dan dengan teriakan yang keras itu mereka berkomunikasi dalam kawanan. Selain itu juga menandai wilayah serta mengidentifikasi satu dengan yang lain.

Kawanan macaw pada umumnya juga bersarang dengan membuat lubang-lubang pada batang pohon-pohon yang besar. Kelompok burung ini akan tidur di malam hari dan di pagi hari mereka mencari makan kemudian terbang jauh dari sarangnya.

Walaupun terkesan liar pada habitatnya maupun di alam bebas, akan tetapi burung macaw ini juga termasuk burung yang mudah jinak dan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang bermacam macam.

Cara Memelihara Burung Macaw

Macaw merupakan burung tropis, sehingga cocok dengan udara di Indonesia. Akan tetapi jauhkan burung macaw Anda dari cuaca yang terlalu panas.

Tempatkanlah di tempat yang teduh. Sebab apabila tidak, macaw akan dehidrasi, yang menyebabkan sakit dan bahkan mati. Karena macaw burung yang hidupnya bergerombol atau berkelompok, dan bersosialisasi.

Sebaiknya memelihara burung macaw  minimal dua ekor. Tujuannya agar burung macaw tidak stres, sebab merasa kesepian.

Kandang Burung Macaw

Kandang Burung Macaw
Kandang Burung Macaw

Ketika memelihara burung macau maka kandang untuk macaw lebarnya minimal 1,5 meter yang tingginya 2 meter. Ini termasuk ukuran minimal kandang untuk burung macaw besar.

Kandang ini bisa anda buat dari kawat halus atau juga besi. Burung macaw bisa jugaanda buatkan tangkringan dari batang kayu yang tidak ada getahnya.

Sebaiknya dirantai pada kakinya, atau bulu sayapnya di potong sedikit supaya dia tidak terbang jauh. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya setiap hari.

Makanan Burung Macaw

Dalam memelihara burung macaw, makanan harus diperhatikan. Makan mereka tergolong mudah, sebab suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Tapi jangan memberi makan macaw dengan buah alpukat ataupun coklat.

Sebab untuk burung macaw ini bisa menjadi racun di dalam tubuhnya, perutnya akan menolak menerima buah-buah tersebut.

Apabila macaw makan alpukat atau coklat, dalam waktu kurang lebih dua hinga tiga minggu, burung macaw bisa sakit dan bahkan bisa menimbulkan kematian.

Anda juga jangan memberikan tangkringan kayu yang bergetah sebagai tempatnya berpijak. Sebab dapat menimbulkan racun, ketika macaw mematuk-matuk tangkai, getahnya keluar, dan bisa termakan.

Jadi sebisa mungkin anda jangan memberikan tangkringan dengan kayu yang memiliki getah, jika tidak mau burung anda mati keracunan.

Dan jika anda memelihara burung macaw sebaiknya diberi makan dalam waktu dua kali sehari yaitu ketika pagi dan sore. Berikan juga air minum yang juga baru setiap kali memberi makanan.

Kebersihan makanan dan minuman tetap harus anda perhatikan untuk menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.

Tinggalkan Komentar