Cara Membuat Kacer Ngobra atau Buka Ekor dalam Waktu Singkat

Salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara dan banyak dilombakan yaitu burung Kacer. Burung Kacer adalah burung yang memiliki kemampuan berkicau dengan merdu dan juga bervariasi

Burung Kacer juga memiliki gaya tarian yang khas ketika sedang mengeluarkan suara kicuannya. Gaya inilah yang kerap dinamakan ngobra atau buka ekor. Para pecinta burung kicauan menyebut gaya bertarung burung Kacer ngobra sebab bukaan ekornya memang mirip seperti kepala ular kobra.

Karakter Burung Kacer

Karakter Burung Kacer
dijefakta.blogspot.com

Jika kita lihat, gaya Kacer buka ekor memang tampil seperti ular kobra yang akan memangsa korbannya. Pada bagian ekor burung Kacer ini terlihat mekar sempurna dengan kepala meliak-liuk ke atas dan juga ke bawah.

Selain itu, pada bagian sayap Kacer yang sedang buka ekor atau ngobra juga terlihat dibuka sedikit seperti halnya yang sedang berdansa. Dan ketika berperilaku seperti ini suara Kacer gacor sekali. Ekor Kacer ini juga akan terlihat seperti kipas yang indah.

Gaya ngobra yang dimiliki oleh burung Kacer ini begitu diidam-idamkan olehpecinta burung kicauan yang memeliharanya. Karena, untuk gaya burung Kacer sambil buka ekor ini termasuk gaya terbaik yang dimiliki oleh burung Kacer.

Kicauan yang dikeluarkan oleh burung Kacer yang gacor akan sterlihat lebih sempurna jika burung tersebut dapat mengeluarkan atau menampilkan gaya ngobra atau buka ekor.

Cara Cepat Membuat Kacer Ngobra atau Buka Ekor

Untuk cara cepat membuat kacer ngobra sebenarnya banyak cara dan tips untuk mempercepat burung Kacer bergaya ngobra. Akan tetapi, terdapat salah satu tips yang paling cepat untuk membuat Kacer ngobra, diantaranya dengan menyatukan Kacer jantan dengan Kacer yang berjenis kelamin betina.

Burung Kacer akan langsung buka ekor atau ngobra apabila disatukan antara Kacer jantan serta yang betina.Akan tetapi, jangan terlalu lama sebab ini berbahaya. Kacer ini juga merupakan burung fighter serta teritorial.

Dengan demikian, jika ada burung lain di dalam daerah kekuasaannya maka burung tersebut dapat menyerang burung tersebut.

Jika anda melakukan cara cepat membuat burung kacer ngobra ini, maka sebaiknya anda mengawasi burung Kacer tadi. Kemudian biarkan burung tersebut berada di dalam satu kandang kurang lebih selama 3 menit. Kemudian juga jangan terlalu lama, yang dikhawatirkan yaitu burung Kacer jantan malah menyakiti Kacer betina.

Perawatan Untuk Membuat Kacer Ngobra atau Buka Ekor

Cara Membuat Kacer Ngobra
youtube.com

Berikut perawatan burung Kacer supaya bisa cepat ngobra atau buka ekor.

Pakan Tambahan

Burung Kacer diberi makanan tambahan atau EF. Apabila sedang over birahi, maka EF dikurangi. Namun, apabila kurang birahi dapat ditambah lagi. EF yang baik untuk Kacer yaitu kroto, kelabang, ulat Hong Kong, dan masih banyak lagi.

Kacer bisa diembunkan sesudah subuh supaya tubuhnya tetap fresh atau segar. Jika sudah diembunkan seperti ini, burung Kacer sebaiknya tidak dimandikan.

Penjemuran

Jika burung kacer sebelumnya hanya dijemur setengah jam, maka untuk saat ini penjemuran bisa ditambah sedikit demi sedikit menjadi 1 jam atau lebih.

Untuk waktu yang tepat untuk penjemuran yang baik dilakukan pada pukul 07.00-09.00 pagi. Jika diluar waktu itu, sinar matahari sudah terasa sangat panas. Dengan demikian, dinilai kurang bagus untuk kesehatan burung Kacer.

Pemandian

Pemandian untuk burung Kacer sebaiknya jangan terlalu lama. Apabila selama ini burung Kacer dimandikan setiap hari, anda bisa menguranginya menjadi 2 hari sekali atau 3 hari sekali.

Tinggalkan Komentar