Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Robin Paling Mudah

Salah satu jenis burung impor dan juga bukan termasuk hewan khas negeri ini yang jumlahnya cukup banyak diserbu para pecinta burung kicauan yaitu burung Robin.

Jenis burung yang memiliki kicauan yang khas merdu yang berasal dari daratan China ini memng memiliki perawakan yaitu dengan tubuh mungil dan juga dengan bulu yang berwana cantik.

Burung Robin ini merupakan jenis burung kicauan yang berasal dari China, dan juga di kawasan Indochina (Kamboja, Myanmar, Vietnam, dan Laos). Dan untuk masyarakat etnis Tionghoa, entah itu di Indonesia maupun di mancanegara, burung Robin memiliki mitos tersendiri.

Bagi sebagian dari mereka, burung Robin ini dipercaya sebagai lambang keberuntungan. Akan tetapi, itu hanyalah kepercayaan dari sebuah komunitas saja.

Keunikan Burung Robin

gubukkicau.blogspot.com

Burung Robin termasuk jenis burung yang memiliki keunikan tersendiri, karena memang burung ini merupakan burung dari luar. Dan untuk harga burung Robin juga terbilang lumayan mahal di pasaran burung yang ada Indonesia.

Burung Robin ini memang pernah banyak dipelihara dan populer pada sekitar tahun 90’an. Akan tetapi,sekarang ini sudah mulai sulit ditemui dan masuk dalam kategori jenis burung langka yang ada di negeri ini.

Adanya burung yang sudah langka ini sangat erat kaitannya dengan kebijakan dari pemerintah yang semakin memperketat kebijakan impor untuk jenis burung dari luar negeri. Maka dari itulah, jenis burung Robin ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Walaupun harganya lumayan mahal, akan tetapi yang minat terhadap burung Robin masih tetap ramai. Sebab, untuk jenis burung bertubuh mungil ini memiliki performa kicau yang sesuai dengan harganya terlebih saat dalam keadaan sehat dan fit.

Warna-warna bulunya memang terlihat indah yang bisa untuk memanjakan mata. Terlebih lagi ditambah dengan gerak-geriknya yang gesit dan juga terlihat lincah, dan itu bisa lebih menjadikan burung ini jadi burung kicau peliharaan yang banyak digemari. Namun, tahukah anda bagaimana cara membedakan jenis kelamin burung Robin?

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Robin

budidayakenari.com

Burung Robin ini termasuk jenis burung monoformik, di mana penampilan fisik antara burung jantan dan burung betina ini dinilai hampir sama. Sehingga, menjadi tidak mudah bagi pemula untuk membedakan jenis kelamin burung Robin atau melakukan sexing pada jenis burung ini.

Akan tetapi, apabila belajar dengan pecinta burung Robin yang sudah lama memelihara burung ini. Dan sedikitnya ada dua tanda yang bisa membantu :

Cara membedakan jenis kelamin burung Robin yang pertama kali anda bisa melihatlah warna yang ada di bagian paruhnya. Untuk burung Robin yang berjenis kelamin jantan, pada bagian paruh berwarna merah bercampur oranye.

Sedangkan untuk bagian paruh burung yang betina cenderung kekuningan. Cara membedakan jenis kelamin burung Robin dengan cara ini cukup mudah.

Akan tetapi, untuk yang paling akurat ini yaitu dengan cara mendengar suaranya, di mana burung jantan ini mempunyai suara kicauan yang bervariasi. Kemudian untuk yang berjenis kelamin betina hanya memiliki suara panggilan saja.

Perlu anda ketahui, jika burung Robin juga mempunyai kemampuan dalam beradaptasi dan hidup yang lumayan baik. Hal ini juga dapat dilihat dari kemampuannya untuk bertahan hidup walaupun dibawa jauh dari tempat tinggal yang merupakan habitat asli burung ini sendiri.

Maka dari itu, perawatan burung Robin juga sebenarnya juga bisa dikatakan mudah atu susah. Yang terpenting bisa diberikan pakan sehat dan bernutrisi dan juga kandang dengan sanitasi baik. Maka anda akan mendapati burung Robin yang memiliki kualitas yang baik.

Tinggalkan Komentar