Burung Kicauan Mati Mendadak, Apa Saja Penyebabnya?

Memelihara burung kicauan adalah satu hobi yang bisa anda jalankan di rumah anda. Akan tetapi dalam memelihara burung kicauan pastinya tidak bisa terlepas dari permasalahan. Sebab, terkadang burung kicauan mati mendadak. Kematian mendadak memang dapat terjadi pada semua jenis burung.

burungnya.com

Hal tersebut pastinya menjadikan pemilik menjadi sedih kehilangan burung peliharaan kesayangannya. Terkadang hal ini bisa terjadi meskipun perawatan sudah dijalankan dengan sebaik mungkin.

Penyebab Burung Kicauan Mati Medadak

Supaya kejadian yang seperti ini tidak terjadi lagi pada burung peliharaan anda, anda harus mengetahui apa saja hal yang menyebabkan burung kicauan peliharaan anda mati secara mendadak. Berikut ini adalah penyebab burung kicauan anda mati mendadak yang perlu anda ketahui.

1. Burung Stress

Burung stress ini merupakan masalah yang sering terjadi pada burung kicauan yang baru yang ditangkap dari hutan atau yang ada di alam liar. Burung kivcauan bisa stress sebab dia terbiasa dengan hidup bebas di alam liar bisa terbang kesana kemari.

Kemudian, pada saat burung tersebut terkena jerat atau tertangkap maka burung tersebut akan dimasukkan ke dalam kandang yang keadaannnya memang sangat sempit menurut burung tersebut. Burung yang tangkapan pada umumnya akan bertingkah over. Sehingga burung itu akan mencari celah bagaimana dia bisa keluar dari kandang.

caragacor.com

Pada umumnya, burung yang seperti itu tidak memikirkan makan dan pada akhirnya burung tersebut merasa kelelahan. Sebab, banyak mengeluarkan energi kemudian dia tidak makan sama sekali. Dengan demikian lama kelamaan burung tersebut akan mati.

Kasus seperti ini biasanya terjadi dan dialami dari orang yang membeli murai batu muda hutan atau murai batu yang mungkin baru ditangkap di alam liar. Maka dari itu, apabila anda membeli murai batu bakalan, sebaiknya anda bisa beli di tempat penangkaran saja. Meskioun ada resiko kematian, akan tetapi resikonya masih kecil.

2. Keracunan Makanan

Burung kicauan mati mendadak juga bisa disebaban oleh keracunan pakan yang dimakannya. Keracunan makanan ini memang dapat terjadi kapan saja, mungkin pakan yang kita berikan keadaannya sudah berjamur, akan tetapi kita tidak mengetahuinya.Yang mana kita tetap memberikan pada burung peliharaan kita.

Untuk kemungkinan lain yang dapat terjadi yaitu kita lupa membersihakan wadah pakan burung. Padahal disana masih terdapat sisa makanan burung yang mungkin telah lama. Bisa juga makanan yang terkena air yang menjadikan pakan lembab yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Maka dari itu sebelum anda semua memberi pakan pada burung, sebaiknya lihat kondisi pakan yang akan diberikan dan sebaiknya anda juga cek kondisi wadah pakan.

3. Stroke Karena Kepanasan

Melakukan penjemuran burung ternyata juga ada aturannya. Maka dari itu, anda semuanya jangan sampai kita menjemur burung dengan cara yang berlebihan. Karena penjemuran tersebut terlalu lama burung, maka menjadikan burung kicauan itu dehidrasi. Kemudian bisa menjadi heat stroke atau stroke karena panas yang dirasa berlebihan.

4. Memakan Serangga Beracun

Mungkin kita telah berusaha berhati-hati dalam memberikan serangga. Akan tetapi kita harus tahu serangga yang bagaimana yang akan diberikan kepada burung peliharaan kita. Diantaranya yaitu dengan memberikan serangga hasil ternak sendiri atau dengan membeli serangga atau ekstra food di toko pakan yang telah terpercaya.

Terkadang, burung kita akan memakan jenis serangga yang beracun yakni serangga yang terbang kedalam sangkarnya. Oleh sebab itu, hindarkan tempat burung dari lampu yang terang. Sebab, serangga sangat menyukai dengan lampu yang terang. Maka dari itu, pada saat malam hari sebaiknya anda untuk mengkerodong sangkar burung saat malam hari. Agar masalah seperti burung kicauan mati mendadak tidak terjadi lagi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar