Berbagai Alasan Burung Ciblek Gemar Mencabuti Bulunya Sendiri

Burung Ciblek adalah salah satu jenis burung kicauan yang juga banyak disebut dengan burung Prenjak Jawa. Jenis burung bertubuh mungil ini juga tergolong jenis burung kicauan yang banyak dipelihara.

Banyaknya orang-orang yang memelihara burung Ciblek ini karena mereka terpesona dengan kemampuannya dalam berkicau. Yang mana bisa dipakai untuk memaster burung kicauan lainnya.

Tak hanya itu saja, burung Ciblek juga memiliki kicauan khas seperti halnya suara tembakan yang tidak dimiliki oleh jenis burung kicauan yang lainnya.

Namun, biasanya di dalam merawat burung Ciblek terkadang juga ada permasalahan yang cukup membuat pemilik merasa khawatitr. Terlebih lagi jika melihat burung Ciblek gemar mencabuti bulunya sendiri.

Alasan Burung Ciblek Gemar Mencabuti Bulunya Sendiri

hbw.com

Rontoknya bulu burung Ciblek karena kelakuannya sendiri yang suka mencabuti dengan cara mematukinya memang tidak baik untuk kesehatan fisiknya. Bulu-bulu yang rontok tidak karena mabung bisa merusak kualitas bulu yang akan tumbuh.

Selain itu mencabuti bulu juga bisa mengakibatkan kebotakan pada burung tersebut. Tak hanya itu saja, burung Ciblek yang suka mencabuti bulunya sendiri pasti ada penyebabnya.

Paling tidak ada tiga penyebab utama bagi Ciblek gemar mencabuti bulunya sendiri. Sedangkan untuk ketiga alasan tersebut yaitu seperti di bawah ini:

Sedang Stres

Penyebab pertama bagi burung Ciblek genar mencabuti bulunya sendiri dikarenakan burung sedang mengalami stres. Stres yang biasanya terjadi pada burung Ciblek bisa mendorongnya untuk mencabuti bulunya sendiri dengan cara mematukinya.

Tak hanya itu saja, burung Ciblek yang sedang mengalami stres pada umumnya disebabkan tidak tahan mendengar suara terlalu berisik. Bisa juga karena tidak kuat terkena paparan sinar matahari, atau karena kondisi sangkarnya yang sempit.

Ketika anda mengetahui jika burung Ciblek tersebut terkena stress, maka segera mungkin anda merawatnya supaya perilaku mencabuti bulunya sendiri itu dapat segera dihentikan.

Ciblek Mengalami Over Birahi

ebird.org

Penyebab selanjutnya yang menjadikan burung Ciblek sangat gemar mencabuti bulunya sendiri yaitu disebabkan sedang mengalami over birahi.

Over birahi termasuk sesuatu gejala yang normal untuk seluruh jenis burung kicauan termasuk burung Ciblek. Burung Ciblek yang sedang dalam keadaan over birahi pada umumnya disebabkan musim kawin sudah tiba.

Namun, pemiliknya tidak segera menjodohkannya dan tburung erlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Inilah yang menjadikan burung Ciblek anda mengalami over birahi.

Dan pastinya itu bisa menjadikan mentalnya tertekan dan berujung dengan aksi mencabuti bulunya sendiri tanpabisa dikendalikan. Tak hanya itu saja, dengan kondisi birahi yang terlalu berlebihan itupun dapat menjadikan tingkah burung Ciblek menjadi mudah marah.

Terkadang burung juga suka menyerang tanpa sebab burung lain yang ada dihadapannya bahkan menyerang pemiliknya sendiri.

Sedang Terjangkit Parasit

Penyebab burung Ciblek gemar mencabuti bulunya sendiri yang selanjutnya yaitu dikarenakan tubuhnya sedang terjangkiti parasit. Parasit yang menempel pada sela bulu maupun menempel pada pori-pori kulitnya bisa mengakibatkan rasa gatal dan perih yang begitu menyiksanya.

Dalam mengatasi rasa gatal dan perih dari gigitan parasit tersebut maka burung Ciblek pun selanjutnya akan mematuki bulu-bulunya tanpa dapat dikendalikan lagi. Dengan demikian bisa mengakibatnya bulu-bulunya menjadi rontok serta tersangkut pada bagian paruhnya.

Oleh sebab itu, kebersihan sangkar sebaiknya selalu anda diperhatikan dengan rajin mencucinya tiap tiga minggu sekali. Tak hanya itu saja, supaya menjauhkan burung Ciblek dari serangan parasit, sebaiknya anda menjemurnya pada saat pagi dan sore hari. Sebaiknya anda juga bisa rutin memandikannya beberapa hari sekali.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.