Uniknya Jalak Suren Albino

Burung Jalak Suren Albino
Burung Jalak Suren Albino

Burung Jalak Suren Albino

Beruntunglah bagi penangkar yang di antara ternak jalak surennya telah menetas beberapa ekor yang albino. Saat dijual, harganya pun melambung lebih tinggi daripada jalak suren biasanya. Beruntung pula bagi pencinta burung yang berhasil membelinya. Tidak semua pencinta burung mendapatkan kesempatan emas itu.

Ciri-Ciri Fisik

Posturnya tidak berbeda dengan jalak suren lainnya. Perbedaan terletak pada warna bulunya. Jika jalak suren memiliki bulu warna hitam di leher, sayap, dan punggungnya; jalak suren albino berwarna putih keseluruhan dengan mata  merah. Ada juga yang berwarna cokelat/krem, sedangkan dadanya berwarna putih.

Jalak suren albino yang berwarna putih dijual dengan harga lebih mahal, yakni sebesar Rp6000.000,00 untuk usia dewasa. Sementara itu, jalak suren albino yang berwarna cokelat/krem dijual seharga Rp2000.000,00. Pada beberapa kasus, harga jual bisa saja lebih tinggi daripada yang sudah disebutkan.

Mengapa Bisa Terjadi Albino?

Albinisme bukan sesuatu yang bisa dipersiapkan sejak anakan masih berada dalam cangkang. Hal itu terjadi dengan sendirinya atas kehendak Tuhan. Mutasi gen bertanggung jawab di sini. Kelainan genetiklah yang membuat absennya pigmen melanin pada kulit.

Melanin adalah pigmen yang melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Sehubungan dengan hewan albino kekurangan pigmen melanin, mereka pun rentan terhadap sengatan matahari.

Perawatan Jalak Suren Albino

Tidak ada bedanya dengan perawatan jalak suren biasa. Mereka tetap mendapatkan pakan utama berupa voer dan pakan ekstra berupa buah-buahan; ulat; jangkrik; atau kroto. Jika ingin memberikan kroto, sebaiknya maksimal tiga kali saja dalam seminggu.

Sama halnya ketika ingin memberikan buah, berikan maksimal tiga kali saja dalam seminggu. Jenis buahnya bisa diselingi. Misalnya yang pertama pisang, selanjutnya diberikan apel, lalu pepaya.

Burung tersebut juga tidak bisa lepas dari pemasteran. Meskipun jalak suren sudah gacor lebih dulu, tapi tetap harus dilatih untuk meniru bunyi-bunyian tertentu. Pemasteran bisa dilakukan pada siang sampai sore hari, atau menjelang burung beristirahat pada malam hari.

Perbedaan membuat makhluk hidup menjadi unik, termasuk pada jalak suren albino. Tidak ayal, hewan tersebut sering dicari para pencinta burung dan ditawar dengan harga berapa pun. Apakah Anda juga tertarik?

Tinggalkan Komentar