Tips dan Cara Memilih Burung Cililin Bakalan Yang Berkualitas

Burung cililin merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat unik dan juga memiliki daya tarik tersendiri oleh para pecinta burung kicauan. Hal ini disebabkan karena suara kicauan yang khas jika apabila telah gacor.

Akan tetapi, untuk memilih cililin bakalan, omyokan, bahan, tangkapan liar atau muda hutan yang berkualitas, prospek dan calon juara tidak yang sulit bagi anda yang sudah paham dengan ciri-ciri burung cililin yang berkualitas.

Burung cililin juga memiliki ciri khas suara yang rapat serta unik dan sering digunakan untuk masteran murai batu, cucak ijo, sulingan dan lain sebagainya. Oleh sebeb itu, banyak sekali yang mencoba untuk membeli bakalan burung cililin yang berkualitas.

Cara Memilih Burung Cililin Bakalan yang Berkualitas

Tips dan Cara Memilih Burung Cililin Bakalan Yang Berkualitas
sentrabudaya.com

Akan tetapi, sebelum anda semua memutuskan untuk membelinya ke toko atau kios burung atau mencarainya di mana pun, terlebih dahulu anda harus tahu bagaimana cara memilih cililin bakalan yang baik dan berpotensi baik dalam hal suara dan kesehatan.

1. Perhatikan Jenis Kelamin Cililin

Untuk memilih burung cililin bakalan yang berkualitas, anda harus bisa memilih dan membedakan jenis kelaminnya. Untuk ternak cililin, anda harus memilih 2 burung yang birahinya bagus.

Kemudian, jika untuk keperluan harian dan lomba, anda bisa pilih yang jantan. Sebab, sangat bagus dalam hal suara atau kicauannya. Apabila anda semua ingin ternak sendiri di rumah, anda juga bisa membeli burung cililin yang berjenis kelamin betina.

2. Pilih Burung Cililin Bermental Kuat

Cara memilih burung cililin bakalan yang berkualitas yaitu memilih yang mentalnya kuat. Mental yang kuat dapat menjadikan cililin juga kuat apabila dengan mendadak ditimpa oleh setingan yang berat.

Pada umumnya untuk ciri khas burung cililin bakalan berkualitas yang memiliki mental yang baik yaitu yang selalu lincah. Apabila didekati tak begitu menjauh, dan apabila Anda ulurkan tangan, cililin biasanya sudah mau mendekat.

Anda juga bisa memilih burung cililin yang memiliki naffsu makan yang tinggi atau paling tidak nafsu makannya normal.

Akan tetapi, banyak dari burung cililin yang dicari tak memiliki mental yang kuat. Oleh sebab itu, pilihlah cililin yang memiliki mental yang biasa-biasa saja atau terlihat normal.

Mengenai masalah mental dan juga masalah kesehatan, anda dapat menngkatkannya dengan sedikit perawatan yang anda lakukan di rumah Anda.

3. Bentuk Kepala yang Besar, Kotak, dan Jambul Tinggi

Burung Cililin
situshewan.com

Salah satu ciri khas yang sangat melekat dari cililin adalah memiliki jambul yang ada pada kepalanya. Dan ciri khasnya ini bisa dijadikan sebagai patokan anda semua di dalam memilih mana jantan dan mana yang berjenis kelamin betina.

Pada umumnya, untuk burung yang berjenis kelamin jantan mempunyai jambul yang sedikit lebih panjang dengan bagian kepala yang lebih besar jika dibandingkan yang berjenis kelamin betina.

Untuk yang berjenis kelamin betinanya sendiri, pada umumnya pada bagian kepalanya lebih kecil dari burung yang berjensi kelamin jantan, baik ukuran dan juga dari panjangnya jambul.

4. Bintik Putih pada Alis Mata Cililin

Cililin bakalan dengan kualitas yang baik pastinya lmemiliki alis mata cililin yang lebih kecil atau memiliki bintik-bintik kecil. Jika terdapat ciri khas yang seperti ini, bisa dipastikan burung cililin jantan dengan potensi yang baik.

Sedangkan untuk yang berjenis kelamin betina, juga tampak bintik putih yang lebih besar. Tak hanya itu saja, anda juga bisa memilih warna bulu yang tegas seta terlihat tajam yang ada pada area kepala khususnya bintik yang khas ini.

Tinggalkan Komentar