Cara Mudah Ternak Burung Finch dan Perawatannya

Untuk anda yang suka memelihara burung kicauan dan juga beternak burung kicauan, jangan lupa anda mencoba beternak atau memelihara burung finch.

Burung finch adalah burung yang memiliki tubuh yang kecil, akan tetapi bisa memiliki kicauan yang nyaring. Pada dasarnya burung finch ini merupakan keluarga dari jenis Fringillidae.

Finch dengan ukuran tubuh yang kecil ini suka sekali mengkonsumsi biji-bijian.

Burung finch memiliki kelebihan dibandingkan dari burung yang lainnya, yaitu terkenal sebab memiliki kualitas suaranya yang terdengar begitu indah.

Dan untuk burung ini daerah asalanya yaitu ada pada bumi di bagian utara.

Dengan begitu, banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara burung finch ini untuk dijadikan peliharaan di rumah atau untuk dilombakan.

Dan di negara kita ini ternyata juga ada berbagai macam jenis burung finch yang memiliki warna bulu yang indah dan berwarna warni.

Burung ini juga dinilai dari banyak kalangan menjadi salah satu dari burung pipit yang terlihat begitu cantik. Sebab burung ini memiliki bulu yang indah berwarna-warni.

Jenis burung bertubuh mungil ini merupakan burung yang begitu mudah guna dikembangbiakkan. Sebab burung finch ini punya sistem perkembangbiakan yang dinilai bagus dari pada dengan jenis yang lainnya.

Banyak pecinta burung kicauan yang akan memilih burung ini untuk dijadikan burung peliharaan.

Cara memelihara dan ternak burung finch ini juga terbilang mudah untuk dilakukan. Asalkan dengan perawatan yang rutin dan tepat.

Ternak Burung Finch

Ternak Burung Finch
Ternak Burung Finch

Ternak burung finch dirumah akan semakin menambah indahnya suasana di area taman rumah anda. Untuk budidaya atau beternak finch pada mulanya hanya di dalam box sangkar.

Kemudian sepasang itu saat ini mulai digunakan menjadi pelengkap dari area taman.

Tidak hanya kolam ikan atau aquarium saja yang bisa memperindah area taman, akan tetapi burung burung yang dipelihara dalam jumlah banyak lebih membuat taman menjadi cantik dan juga ramai.

Adanya burung ini menjadikan suasana ruangan jadi lebih indah serta menawan.

Jika menggunakan sistem koloni juga bisa semakin menambah indahnya ruangan dan juga area taman. Ditambah lagi dengan burung burung finch atau pipit ini semuanya dapat berkicau dan bersuara indah.

Ini semua dapat menjadikan hiburan bagi anda. Selain itu juga bisa menjadikan hati merasa nyaman dan santai untuk pemilihara burung ini.

Cara Ternak Burung Finch

Nah, apabila anda ingin ternak burung finch ini di dalam kandang aviary, sebaiknya dijadikan satu dengan jenis finch lain yang memiliki ukuran tubuh yang sama.

Dan seperti itu juga jika kita ingin menangkarkan jenis burung ini. Guna menghindari persaingan dari burung jantan, maka lebih baik mereka diletakkan dalam kandang ternak dengan cara terpisah.

Sarang Burung Finch

Sarang Burung Finch
Sarang Burung Finch

Bahan untuk sarang harus anda pilihkan. Sarang dapat memakai beberapa jenis yang masih sering dipakai.

Misalnya saja dengan sabut kelapa dan rumput / ilalang yang memiliki ukuran panjang. Bahan untuk sarang dimasukkan pada tempat sarangnya.

Sarang dianjurkan ditaruh pada posisi tertinggi pada kandang ternaknya.

Tak hanya itu, harus kita diperhatikan jika induk mulai mengabaikan sarangnya apabila terganggu ataupun pakan yang tidak memadai.

Perkawinan juga akan didahului menggunakan ritual tarian yang dilakukan pada pasangan dari burung finch itu.

Sesudah burung yang jantan puas berkicau, burung betina akan membungkukkan badannya dengan membawa bahan sarang yang ada di paruhnya. Setelah itu, proses kopulasi pun akan terjadi.

Burung betina selanjutnya mengerami telur-telurnya sesudah telur saat diletakkan. Proses pengeraman dapat terjadi selama 14 – 15 hari. Anakan bisa keluar dari sarangnya saat berumur 23 hingga 25 hari. Setelah berapa minggu selanjutnya, mereka akan menjadi burung dewasa kemudian bisa hidup mandiri.

Tinggalkan Komentar