Home » Kabar Burung » Cara Terapi Renang Untuk Lovebird dan Manfaatnya

Cara Terapi Renang Untuk Lovebird dan Manfaatnya

Hingga sekarang ini, Lovebird tetap menjadi primadona bagi para pecinta burung kicauan khususnya untuk jenis burung paruh bengkok. Ini semua tak lain disebabkan oleh keunggulannya pada suara dan juga pada warna bulunya.

Bahkan para pemelihara Lovebird selalu melakukan berbagai macam cara untuk memperoleh Lovebird yang bisa ngekek panjang dan juga memiliki nafas yang panjang.

Salah satu cara yang dilakukan para pemelihara Lovebird untuk meningkatkan kualitas dari burung peliharaannya yaitu terapi renang untuk Lovebird. Sebab dengan melakukan cara ini diyakini bisa meningkatkan perorma dari Lovebird yang anda pelihara.

Cara Melatih Kekuatan Nafas Lovebird

Cara Melatih Kekuatan Nafas Lovebird
burungcantik.com

Lovebird juga termasuk burung kicauan yang dinilai memiliki dua kelebihan, yang pertama yaitu suara ngekek yang unik. Dan kelebihan yang kedua yaitu burung ini warna bulu yang indah.

Akan tetapi, sebagian besar dari para pecinta burung kicauan banyak yang lebih tertarik dengan suara ngekeknya yang panjang. Sebab, menurut mereka, jika semakin panjang suara ngekeknya maka Lovebird ini dinilai semmakin bagus dan mahal harganya.

Untuk membuat Lovebird peliharaan anda bisa ngekek panjang dan juga memiliki naas yang panjang ternyata tidaklah mudah. Anda semua sebaiknya melakukan berbagai macam latihan untuk Lovebird peliharaan anda.

Diantaranya yaitu melakukan latihan kekuatan napas, latihan vokal, serta melakukan berbagai macam latihan mental. Dari 3 hal ini sebaiknya harus dimiliki seekor Lovebird yang jawara.

Perlu anda ketahui, untuk meningkatkan kekuatan napas dari Lovebird, sebaiknya anda mencoba mengajarinya berenang. Mungkin sudah banyak para pecinta burung kicauan yang menggunakan terapi renang untuk Lovebird dalam meningkatkan kekuatan napas Lovebird.

Terapi Renang Untuk Lovebird

Cara Terapi Renang Untuk Lovebird dan Manfaatnya
Curvetube.com

Terapi renang untuk Lovebird ini tujuannya yaitu untuk melatih nafas dari burung Lovebird yang anda peliharaan ini. Dan untuk burung ini di ibaratkan seperti halnya manusia. Sebab dengan berenang, manusia bisa melatih pernafasannya. Untuk cara melakukan terapi renag untuk Lovebird yaitu burung Lovebird anda letakkan pada dalam baskom setinggi leher burung.

Usahakan jangan sampai tingginya melebihi leher. Sebelum Lovebird tersebut di masukan pada baskom, sebaiknya burung di semprot dulu supaya tidak kaget.

Terapi renang ini dapat anda lakukan selama waktu 5 sampai dengan 10 menit. Tujuannya supaya burung tidak kelelahan. Pada saat terapi awal, anda bisa melakukannya seminggu sekali.

Selanjuta\nya, anda bisa melakukan mandi Lovebird ini 6 hari sekali selanjutnya 5 hari sekali. Setelah itu 4 hari sekali apabila telah terbiasa supaya burung tidak terlalu kelelahan. Untuk terapi ini dianjurkan untuk di lakukan pada pagi hari.

Sesudah terapi renag untuk Lovebird ini selesai, anda bisa memindahkan Lovebird pada dalam sangkar. Setelah itu jemur atau angin-anginkan Lovebird selama kurang lebih satu jam.

Selanjutnya, anda bisa kerodong sangkar dan setelah itu anda bisa biarkan burung tersebut untuk beristirahat. Terapi renang untuk Lovebird ini dapat dilakukan 3 hari sekali supaya Lovebird tidak kelelahan.

Dalam melakukan terapi ini anda semua harus bisa berhati-hati. Sebab, jika salah dalam melakukannya, bisa saja burung Lovebird anda justru akan mati karena anda paksa berenang dengan cara yang salah.

Apabila burung tersebut sudah terlihat lelah berenang, anda tidak perlu menunggunya hingga sampai waktu 5 menit. Segeralah angkat sebelum Lovebird yang anda pelihara tersebut kedinginan, kelelahan dan bahkan bisa mati.

Sebaiknya anda juga tidak melakukan terapi renang untuk Lovebird ini pada saat cuaca sedang dingin ataupun pada saat sedang musim hujan. Sebisa mungkin, pilihlah waktu yang tepat.

Tinggalkan Komentar