Ini Persiapan yang Wajib Dilakukan ketika Tampil di Lomba Pertama

Source -Tokopedia
Source -Tokopedia

Menghadapi pertarungan pertama memang memerlukan banyak persiapan yang matang. Tidak terkecuali bagi burung kicau yang akan tampil di lomba pertamanya. Agar burung bisa tampil dan berkicau dengan percaya diri, dibutuhkan latihan ekstra. Proses latihan juga sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum lomba dilaksanakan.

Kicauan yang merdu, tingkah laku yang menarik, dan corak bulu dengan warna indah yang biasanya dinilai oleh para juri. Dalam menyiapkan burung untuk menghadapi lomba pertamanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah:

  • Mengetahui informasi pelaksanaan lomba. Ini berguna untuk menyiapkan dan melatih burung agar lebih matang saat lomba. Dengan mengetahui jadwal pelaksanaan lomba, latihan yang dilakukan tidak akan terburu-buru dan lebih santai.
  • Mengetahui lokasi perlombaan. Setelah mengetahui jadwal pelaksanaan lomba, selanjutnya carilah informasi seputar tempat perlombaan. Lihat kondisi seputar tempat perlombaan untuk memilih burung yang tepat dan cocok mengikuti lomba di lingkungan tersebut.
  • Mengetahui jenis burung yang mengikuti lomba. Lomba atau kontes burung kicau biasanya terbagi dalam beberapa kategori. Termasuk kategori jenis burung yang mengikuti lomba. Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal ini. Jika sampai luput, bisa-bisa Anda salah membawa burung saat berangkat ke perlombaan.
  • Pilih burung yang akan diikutkan lomba. Tentunya, burung yang sama sekali belum pernah ikut perlombaan. Sebaiknya, pilih burung pejantan.

Setelah mengetahui informasi lomba secara lengkap, kini giliran melatih burung agar dapat tampil secara maksimal. Burung yang dilatih juga harus mendapatkan perawatan khusus. Berikut sedikit tips perawatan pada burung yang akan disiapkan untuk lomba.

  • Lakukan perawatan ekstra pada burung. Berikan pakan yang tepat dan asupan vitamin atau suplemen yang cukup. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan pada burung.
  • Jaga kondisi mentalnya. Jangan sampai burung yang akan mengikuti lomba mengalami stres pada detik-detik terakhir sebelum lomba dimulai. Rajinlah membersihkan kandang agar burung merasa lebih nyaman. Mandikan dan jemur burung agar terhindar dari jamur dan kutu.
  • Adaptasi di tempat perlombaan. Tutup sangkar burung dengan menggunakan selubung khusus selama perjalanan menuju tempat lomba. Bukalah selubung dan biarkan selama lima belas menit agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kemudian tutup kembali sangkar dengan selubung.

Dalam setiap perlombaan, pasti ada menang dan kalah. Jika burung kicau milik Anda belum berhasil di lomba pertamanya, sebaiknya jangan kecewa. Terus berlatih agar kualitas kicauan burung dapat meningkat dan bisa tampil lebih meyakinkan di perlombaan berikutnya.

Tinggalkan Komentar