Inilah Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino

Sesuai dengan warna yang dimilikinya jenis burung Lovebird ternyata punya nama dan harga yang berbeda – beda.

Selain suara ngekek yang menjadi faktor yang menentukan harga burung lovebird, warna bulu yang dimilikinya juga menentukannya.

Semakin langka warna itu, maka harga jualnya pun juga semakin tinggi. Yang menjadi contoh, coba bandingkan antara anakan jenis lovebird biola dengan lovebird dengan jenis warna dakocan ataupun lutino. Dan pastinya harganya berbeda.

Hal ini disebabkan susahnya mencari lovebird biola. Selain itu banyak juga yang menyukai dengan burung ini.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino
Perbedaan Lovebird Pastel Kuning Dan Lutino

Burung lovebird tidak merupakan burung yang asalnya dari indonesia kebanyakan.

Dan hampir semua burung lovebird di indonesia termasuk hasil import dari negara lain yang selanjutnya di budidayakan sendiri oleh para penghobi burung ini.

Kesan unik yang dipunyai oleh burung lovebird telah menjadikannya berprestasi sebagai burung kontes. Misalnya  seperti keunikan yang  ada pada jenis lovebird kusumo. Suara ngekek dengan durasi panjang yaitu karakter khas yang menambah penggemar burung dengan paruh bengkok ini.

Akan tetapi, akan tetapi prestasi seekor burung lovebird yang pernah menjadi pemenang kontes kerap kali tidak bertahan lama.

Jenis Lovebird Berdasarkan Warna

Bermacam warna yang dipunyai oleh burung cantik bernama lovebird ini kerap sekali menjadikan beberapa pemula bingung. Akan tetapi istilah teteplah hal yang harus anda tau.

Lutino mata merah serta Albino mata merah pernah menjadi trend pada dunia lovebird. Sudah banyak penghobi burung lovebird yang berkeinginan dapat membudidayakan lovebird jenis lutino mata merah.

Didominasi oleh warna kuning dengan warna merah pada kepala sampai dengan leher dan bagian pangkal ekor.

Ini membuat burung lutino mata merah tampak anggun serta bercahaya, seperti halnya emas yang cerah serta gemerlapan. Kecantikan dari burung lutino mata merah sudah menarik hati banyak orang.

Sudah banyak penggemar burung lovebird yang ingin dapat membudidayakan lovebird lutino mata merah.

Dibalut dengan warna kuning dengan warna merah pada bagian kepala sampai leher dan pangkal ekor. Ini membuat burung lutino mata merah tampak anggun serta bercahaya.

Seperti halnya emas yang cerah serta gemerlapan. Kecantikan burung lutino mata merah sudah banyak memikat hati banyak orang.

Love Bird Lutino

Lovebird lutino dapat dikatakan sebagai salah satu lovebird yang paling gampang untuk dikenali. Biasanya lovebird lutino pada seluruh tubuhnya mempunyai warna oren atau kuning pada seluruh tubuhnya.

Lovebird lutino sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Antara lain lovebird lutino Mata merah serta Mata Hitam. Dari faktor warna kedua burung itu mempunyai warna yang hampir sama.

Dan yang membedakan hanya terdapat pada warna matanya saja. Kemudian dari harga lovebird lutino mata merah punya harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan lovebird lutino mata hitam.

Lovebird Pastel

Sedangkan untuk burung lovebird pastel terdapat 2 jenis lagi. Yaitu pastel hijau serta pastel kuning. Dan kedua jenis burung itu memang memiliki harga jual yang bisa dibilang cukup berimbang.

Dan untuk lovebird pastel kuning bila dilihat sekilas memang cukup mirip dengan warna yang dipunyai oleh burung lovebird lutino.

Ada juga lovebird pastel punya warna yang berkesan lembut serta tidak begitu mencolok seperti jenis lovebird lain yang punya warna tegas serta jelas.

Lovebird pastel biasanya mempunyai kepala yang dengan warna abu-abu serta leher dengan warna agak putih.

Dan berikutnya dilanjutkan dengan warna lainnya yang tampak agak putih. Namun masih tampak jelas ada warna lain.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Untuk yang masih pemula pasti sulit menentukan perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Kedua lovebird itu banyak memiliki persamaan.

Apalagi untuk jenis lovebird pastel kuning atau yang disebut paskun yang terdapat dua macam antara lain pastel kuning bersih serta pastel kuning kotor.

Jenis lovebird pastel kuning bersih inilah yang hampir serupa dengan lovebird lutino.

Akan tetapi jika Anda jeli pasti sudah dapat menebak mana yang pastel kuning serta mana yang lutino.

Pastel kuning ataupun yang kerap dikenal dengan sebutan paskun memang punya warna yang hampir sama dengan lutino.

Sehingga bisa membuat orang awam atau pemula kesulitan untuk membedakan mana yang paskun dan mana yang lutino.

Biasanya lovebird paskun ini masih lebih terjangkau jika dibandingkan dengan lovebird lutino. Orang asing mungkin sering memakai harga sebagai acuan perbedaan.

Sebab lutino lebih mahal dibandingkan dengan paskun. Sayangnya jika contohnya beli namun hanya ada satu varian. Kita dapat merasa kesulitan untuk membedakan kedua lovebird ini.

Perbedaan Fisik Lovebird Pastel Kuning dan Lutino

Apabila kita mengamati kedua burung lovebird ini secara langsung, kita bisa merinci ada beberapa ciri-ciri khusus yang membedakan satu sama lain.

Bagi pemula yang ingin belajar membedakannya usahakan mengamati langsung kedua burung ini secara bersama dengan didampingi oleh ahlinya.

Untuk yang masih pemula dapat menilai dengan sendiri terlebih dulu dengan mencari perbedaan lovebid pastel kuning dan lutino. Dan selanjutnya ditanyakan kebenarannya kepada yang ahli.

Bagian Mata

Pastel kuning atau paskun biasanya memiliki mata hitam yang pekat.

Lutino memiliki warna mata yang berbeda yaitu warna merah sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah lovebird lutino mata merah.

Apabila anda ditawari lutino maka kamu sebaiknya memastikan bahwa warna matanya memang terlihat merah, bukan hitam.

Bagian Kaki

Kaki lutino mirip dengan kaki albino yang berwarna putih, sedangkan lovebird paskun memiliki warna kaki abu-abu atau kehitaman yang seperti jenis lovebird lainnya.

Sedangkan untuk bagian kaki ini menjadi paling penting dalam perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Sebab ini merupakan ciri khusus yang membedakan kedua burung ini.

Perbedaan Warna Tubuh

Perbedaan selanjutnya bisa diamati pada bagian warna tubuh kedua burung ini. Lovebird paskun biasanya memiliki warna cerah tapi ada semu hijaunya.

Untuk warna semu hijau tersebut berada pada dada dan juga sayapnya. Sedangkan untuk lutino, warna kuningnya sangat cerah dan tidak ada semburat warna hijaunya.

Pada bagian leher, lutino memiliki warna merah cerah dan pekat sedangkan di paskun warna lehernya cenderung merah memudar / merah pastel.

Bagian Ekor

Bagian ekor lovebird juga bisa dipakai sebagai alternatif mengetahui perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino.

Untuk yang paskun, pangkal ekornya berwarna keunguan sedangkan pakal ekor lutino berwarna merah. Silahkan cek warna bulu pangkal ekor kedua burung ini untuk memastikannya.

Dilihat dari Warna Kepala Sampai Leher

Lovebird lutino memiliki warna merah keemasan pada kepala sampai ke leher.

Kemudian ada yang ngalung kemerahan. Sedangkan warna kepala sampai leher lovebird pastel kuning bersih berwarna merah gradasi kuning. Jadi warna merahnya tidak kuat seperti lovebird lutino.

Setelah kita mengetahui perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino di atas Anda tidak lagi bingung dalam membedakan lutino dan pastel kuning. Jangan sampai ada yang tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tinggalkan Komentar