Mengenal Perbedaan Cucak Keling Jantan dan Betina

Burung cucak keling atau yang sering disebut dengan Camperling merupakan salah satu jenis burung monomorfik. Yakni antara burung jantan dan yang betina memiliki bentuk fisik yang nyaris sama. Lantas seperti apa perbedaan cucak keling jantan dan betina?

Untuk mengetahui perbedaan cucak keling jantan dan betina cukup mudah. Meskipun bentuk fisik dan warna bulunya hampir sama, tetapi jika diperhatikan dengan lebih teliti maka antara cucak keling jantan dan betina memiliki banyak perbedaan yang sangat jelas.

Apa Saja Perbedaan Cucak Keling Jantan dan Betina

Mengenal Perbedaan Cucak Keling Jantan dan Betina
curvetube.com

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang membedakan antara burung cucak keling jantan dan betina diantaranya adalah:

Burung cucak keling yang jantan yang usianya sudah remaja memiliki warna bulu yang hitam mengkilat kehijauan yang ada pada pecahan punggungnya. Sedangkan untuk pecahan punggung cucak keling betina warna bulunya adalah hitam pekat.

Salah satu yang menjadi perbedaan lain dari cucak keling jantan dan juga betina adalah bisa dilihat dari pecahan dadanya. Cucak keling jantan memiliki bagian dada yang berwarna hitam mengkilap. Dan untuk pecahan dada cucak keling betina memiliki warna bercorak atau burik.

Mata cucak keling jantan akan tampak lebih merah menyala jika kita bandingkan dengan cucak keling betina. Selain itu, postur badan pada cucak keling jantan juga lebih besar dan panjang jika dibandingkan dengan cucak keling betina. Karena pada cucak keling betina mempunyai postur badan pendek dan lebih kecil.

Seperti pada jenis burung jalak lainnya, baik pada burung jantan maupun burung betina sama-sama bisa berkicau dan juga bisa gacor. Meskipun bunyi cucak keling jantan akan lebih terdengar manis jika dibandingkan dengan cucak keling betina. Mulai dari segi volume bunyi ataupun dari segi variasi kicauannya.

Kelebihan Burung Cucak Keling

Burung Cucak Keling
hewanpeliharaan.org

Di samping memiliki warna dan juga suara yang eksotik, burung cucak keling juga mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya burung cucak keling ini sangat mudah untuk di master. Sebab memori cucak keling sangat baik, burung ini memiliki daya ingat yang tajam sehingga cepat mengingat suara-suara burung.

Oleh sebab itu, meskipun masih muda burung cucak keling sudah dapat diajari agar dapat berkicau dan melengking seperti suara burung lain. Bila di rumah anda terdapat banyak burung yang berbeda-beda, maka burung cucak keling akan ikut ngeriwik.

Tetapi bila anda ingin mengajarinya agar cepat ngeplong atau bersuara panjang dan bukan hanya ngeriwik, tentu ini ada strateginya. Biasanya bisa dilakukan dengan cara diberi makan ulat hidup atau jangkrik.

Dengan diberi makan seperti itu, burung cucak keling bisa semakin baik suaranya dan ngeplong. Memang di alam liar nya, burung cucak keling ini termasuk dalam jenis pemakan segala dia bisa memakan buah-buahan, biji-bijian dan juga serangga kecil.

Bila anda ingin memelihara cucak keling, maka periksalah secara teliti burung yang ingin anda beli. Dan jangan tergiur dengan iklan penjual burung yang kadang berlebihan. Hal ini dilakukan supaya cucak keling anda selalu sehat dan anda tak kecewa membelinya.

Selain itu, anda juga sebaiknya mengetahui bagaimana perbedaan cucak keling jantan dan betina. sebaiknya anda memahami ciri-ciri serta kelakuan dari burung cantik ini. Anda juga harus memastikan perawatan dan juga pemberian makan yang baik. Burung cucak keling suka dengan air dan ia suka mandi, sehingga pastikan air minum di dalam kandang burungnya selalu terjaga kebersihannya.

Tinggalkan Komentar