Inilah Perbedaan Burung Wambi Jantan dan Betina

Burung wambi adalah jenis burung yang sudah dikenal istimewa. Burung ini asal mulanya dari Negara Cina yang memang sudah di Import oleh sebagian sobat penghobi burung kicau diIndonesia.

Dahulu burung wambi sangat terkenal di dunia para pecinta burung saat athun 90 an. Namun sekarang ini burung wambi sudah dinilai langka dan juga sulit untuk ditemukan.

Terlebih lagi setelah pemerintah melarang untuk mengimportnya lagi pada saat tahun 2000-an. Sebab ketika itu, di Negara asalnya di Cina, banyak terserang penyakit dari virus flu burung.

Dan untuk sekarang ini, kepemilikan burung wambi harus dilengkapi dengan surat-surat atau sertifikat.

Keistimewaan Burung Wambi

Keistimewaan Burung Wambi
Keistimewaan Burung Wambi

Burung wambi yang juga disebut dengan hwa mei ini merupakan burung berdarah panas dan berjiwa petarung sejati.

Sebelumnya di tempat asalnya, burung diadukan tidak karena kicauannya, akan tetapi beradu fisik seperti halnya orang yang mengadu ayam.

Di Indonesia sendiri, burung wambi ini dilombakan kicauannya sebab dari kualitas berkicau burung wambi ini cukup istimewa.

Wambi ternyata juga bisa menirukan suara burung lainnya dengan nada yang terdengar kasar dan tajam.

Selain itu juga mempunyai volume kencang dan gaya ngototnya ketika berkicau.

Wambi yang istimewa dan bisa diikutsertakan dalam burung lomba yaitu burung wambi berkelamin jantan.

Oleh sebab itu anda harus bisa mengetahui dengan pasti perbedaan burung wambi jantan dan betina sebelum memeliharanya. Hal ini pastiya penting sekali, khususnya ketika merawat wambi bakalan atau anak.

Perbedaan Burung Wambi Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Wambi Jantan dan Betina
Perbedaan Burung Wambi Jantan dan Betina

Ukuran Tubuh

Wambi jantan punya ukuran tubuh yang lebi kecil jika dibandingkan yang betinanya. Akan tetapi lebih kecil padat berisi atau proporsional, terlihat ramping dengan penampilan yang gagah.

Untuk burung yang betina bertubuh lebih besar atau gemuk dan juga tampak sedikit membulat.

Leher

Perbedaan burung wambi jantan dan betina juga bisa dilihat dari bagian leher. Wambi jantan pada bagian leher yang lebih panjang dan kekar dari betinanya.

Garis -garis yang ada di leher jantan tampak lebih tajam. Kemudian yang betina punya garis-garis di leher yang terkesan halus. Garis-garis tersebut akan jelas tampak pada saat burung meliukan kepalanya.

Tulang panggul

Wambi jantan juga mempunyai tulang panggul yang sempit. Lalu untuk yang betina tulang panggulnya terlihat lebih lebar.

Vent

Vent/kloaka yang ada pada burung wambi jantan lebih menonjol vertikal ke atas. Kemudian wambi yang betina punya vent yang berbentuk datar dan juga melebar.

Mata

Perbedaan burung wambi jantan dan betina juga bisa dilihat dari bagian mata. Warna biru di sekeliling mata wambi jantan tampak lebih biru jika dibandingkan yang betinanya.

Wambi jantan tetap membuka matanya lebar ketika dipegang. Lalu untuk yang betina cenderung ingin menutup matanya jika dipegang.

Kaki

Wambi jantan punya bagian kaki yang mencengkram kuat, dengan telapak kai yang tebal dan juga jari-jarinya yang daging besar. Kemudian untuk yang betina tidak terlalu seperti itu.

Lubang hidung

Wambi jantan juga punya lubang hidung yang tampak berbentuk lonjong dan posisinya sedikit lebih maju. Kemudian untuk yang betina lubang hidungnya tampak bulat dan terlihat lebih ke belakang.

Suara kicauan

Wambi jantan juga bisa merekam suara burung lain. Oleh sebab itu burung wambi jantan memiliki kicauan yang bervariasi dengan volume yang kencang dan gayanya yang ngotot.

Kemudian wambi yang betina cenderung monoton, hanya mengeluarkan suara panggilan saja.

Warna bulu

Wambi jantan juga punya warna coklat yang pekat serta tampak mengkilap. Kemudian yang betina tampak sedikit kusam.

Bulu ekor yang dimiliki wambi jantan lebih panjang jika dibandingkan bulu ekor betinanya.

Tinggalkan Komentar