Memahami Perbedaan Burung Sulingan Gunung dan Sulingan Bakau

Perbedaaan burung sulingan gunung dan sulingan bakau akan kita bahas secara jelas di sini. Hal ini bertujuan agar anda terhindar dari para oknum penjual nakal yang semakin marak di pasaran.

Saat ini popularitas burung sulingan atau biasa disebut dengan burung tledekan mulai meningkat. Dengan perbedaan burung sulingan yang menarik, jenis burung fighter ini banyak dicari oleh para pecinta burung.

Jenis burung sulingan banyak dijadikan sebagai salah satu burung klangenan di rumah. Hal ini tentunya untuk menambah koleksi burung kicau mereka. Untuk itu, ketahui apa saja perbedaan burung sulingan.

perbedaan burung sulingan gunung dan sulingan bakau
hargaburung-master.blogspot.com

Memahami Perbedaan Burung Sulingan Gunung dan Sulingan Bakau

Burung Sulingan merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara yang unik dan istimewa. Meskipun ketenarannya masih di bawah burung kicau lainnya.

Akan tetapi, penggemar burung ini semakin meningkat dari hari ke hari. Dari perbedaan burung sulingan, burung ini memiliki banyak sekali ragam jenis diantaranya sulingan bakau dengan sulingan gunung.

Dengan memiliki kicauan yang cukup gacor serta memiliki suara yang ngeroll, kesemua jenis burung sulingan memiliki bentuk fisik yang hampir sama.

Pada bagian tubuh mereka memiliki warna burung yang indah yakni perpaduan antara warna biru sera warna orange. Hal ini menjadi perbedaan burung sulingan dengan jenis lain.

Perbedaan Burung Sulingan Gunung dan Sulingan Bakau
jalaksuren.net

Perbedaan Burung Sulingan Gunung dan Sulingan Bakau

Sebelum mengulas perbedaan burung sulingan, anda perlu tahu bahwa semakin meningkatnya peminta burung sulingan, hal ini tentunya membuat harga burung tersebut menjadi semakin naik.

Terutama pada burung sulingan gunung yang terbukti memiliki kicauan yang lebih gacor, tentu membuat jenis burung ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Hal ini tentunya dapat menjadikan peluang bisnis bagi para pedagang burung memperoleh keuntungan yang besar. Mereka menampung cara dengan mendatangkan stok burung sulingan gunung dalam jumlah yang banyak dikarenakan jenis burung ini memiliki banyak peminat.

Akan tetapi, peluang bisnis tersebut terkadang dimanfaatkan oleh para oknum penjual burung yang tidak bertanggung jawab. Dimana dengan menjual burung sulingan bakau yang mereka katakan sebagai sulingan gunung.

Hal ini disebabkan sulitnya untuk memperoleh pasokan sulingan gunung bakalan muda yang dikarenakan populasinya semakin langka di alam bebas. Meskipun ada harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan burung sulingan bakau.

Secara fisik antara burung sulingan bakau dengan sulingan gunung memang sangat mirip, sulit untuk dibedakan. Bagi anda yang masih awan dengan jenis burung ini, tentu akan mengalami kesulitan untuk mengetahui perbedaan burung sulingan bakau dengan sulingann gunung.

Berikut ini perbedaan burung sulingan gunung dengan sulingan bakau sebelum anda membelinya:

Karakteristik

Pada burung sulingan bakau jantan mempunyai bulu pada bagian punggung dengan warna biru tua, sedangkan untuk bagian sekitar mata bagian depan serta dagu memiliki warna hitam. Pada bagian alis dan dahi berwarna biru dengan alis dan dahi yang memiliki ukuran yang lebih pendek.

Warna bulu pada bagian dada, sisi tubuh dan tenggorokannya berwarna jingga. Untuk bagian perut memiliki warna yang lebih cerah. Cermati perbedaan burung sulingan ini dengan teliti.

Pada sulingan gunung betina memiliki warna coklat serta lingkar mata berwarna kuning. Untuk bagian perut memiliki warna lebih pudar dibandingkan sulingan gunung jantan. Perbedaan burung sulingan ini tampak jelas.

Kicau

Dari segi suara, sulingan gunung mempunyai suara yang lebih nyaring serta keras dengan mempunyai mental yang bagus. Perbedaan burung sulingan gunung juga dilihat dari kicaunya yang terbukti lebih gacor dibandingkan dengan jenis lainnya.

Sedangkan pada sulingan bakau jantan mempunyai warna pada bagian dahi tidak biru muda, pada dagunya memiliki warna yang lebih hitam.

Untuk bulu bagian bawah hingga perut memiliki merah tua. Sulingan bakau betina mempunyai fisik yang sangat mirip dengan burung sulingan gunung.

Dimana menjadikan perbedaan burung sulingan pada perut dengan warna yang lebih kusam dibandingkan dengan sulingan gunung jantan.

Dengan mengetahui perbedaan burung sulingan gunung dan sulingan bakau, hal ini akan menghindarkan anda dari para oknum penjual burung yang akan berlaku curang kepada anda.