Inilah Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina Paling Jelas

Burung puyuh termasuk dari jenis burung yang tidak bisa terbang jauh, ukuran tubuh juga relatif kecil. Jenis burung ini berkaki pendek, dan juga dapat diadu.

Burung puyuh disebut juga gemak jika dalam jawa atau quail (asing) Yang mana burung ini merupakan jenis burung liar yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat.

Ternak burung puyuh juga sangat mudah pemeliharaannya, tidak banyak memerlukan tenaga dan biaya yang banyak atau besar.

Tidak banyak menyita tempat, bisa menampung anak burung puyuh 100 ekor/m2 berumur 1-10 hari. Kemudian 60 ekor/m2 untuk burung puyuh yang berumur di atas 10 hari. Cepat bertelur, jadi kebutuhan telur keluarga cepat terpenuhi.

Ciri Khas Burung Puyuh

Ciri Khas Burung Puyuh
Ciri Khas Burung Puyuh

Ciri-ciri dari burung puyuh (Coturnix-coturnix japonica) yaitu pada bentuk badannya relatif lebih besar dari jenis burung- burung puyuh yang lainya.

Panjang badannya kurang lebih 19 cm, badannya bulat, ekor pendek, dan kuat, jari kaki empat buah, warna bulu coklat kehitaman. Kemudian bagian alis betina agak putih sedang panggul dan dada juga bergaris.

Ciri Burung Puyuh Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina
Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina

Salah satu yang penting dalam beternak burung puyuh yaitu tau perbedaan burung puyuh jantan dan betina. Seleksi terhadap burung puyuh ini sangat penting dilakukan. Sebab, keduanya harus dipisahkan untuk proses pembesaran selanjutnya.

Pemisahan ini pada umumnya akan dilakukan saat puyuh bermur 3 minggu. Sebab bagian bulunya sudah muncul sehingga jenis kelaminnya akan tampak semakin jelas.

Cara membedakan puyuh jantan dan betina sebenarnya juga cukup mudah dan juga sederhana. Kita hanya perlu mengetahui ciri-ciri dari puyuh jantan dan juga betina.

Berikut ini adalah perbedaan burung puyuh jantan dan betina yang akan membantu kita dalam membedakan keduanya.

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina

Pada burung puyuh jantan akan punya corak warna yang bervariasi dan juga beragam. Coraknya antara lain yaitu warna pirang cerah yang mirip seperti rambut jagung. Garis-garis pada tubuhnya akan berwarna abu-abu dan juga menutupi leher.

Puyuh jantan juga akan punya warna kepirangan pada seluruh bagian tubuh. Gerakan dari puyuh jantan juga lebih lincah dan juga gesit.

Badan dari puyuh jantan ini juga lebih kokoh dan akan mengeluarkan suara. Bulu puyuh jantan akan terlihat lebih lebat dari padapuyuh betina.

Sementara puyuh betina sendiri akan punya corak warna tidak sempurna atau tidak kompleks seperti puyuh jantan.

Puyuh betina punya ciri khas yang sangat berbeda jika dibanding puyuh jantan. Antara lan yaitu bintik abu dan keoranyean di bagian dada, dan warna di bagian dada akan terlihat pudar dengan sedikit bintik-bintik.

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina Segi Warna

Langkah mudah membedakan puyuh jantan dan betina dari segi warnanya yaitu puyuh betina punya warna bintik abu di tubuhnya.

Gerakan dari burung puyuh betina ini juga lebih lambat. Ukuran puyuh betina juga akan lebih besar jika dibanding dengan puyuh jantan.

Membedakan puyuh jantan dan betina juga bisa dilakukan melalui alat reproduksinya. Jenis alat reproduksi puyuh dapat dilihat dengan membuka bagian ekor dan sayapnya.

Puyuh jantan akan punya alat reproduksi pada bagian dekat perut bawah serta dekat kloakanya.

Puyuh betina juga punya alat reproduksi yang letaknya hampir sama seperti dengan burung puyuh yang berjenis kelamin jantan, akan tetapi alat reproduksi puyuh betina menebal, berlendir dan punya suhu panas.

Tinggalkan Komentar