Karakteristik dan Perawatan Lovebird Kusumo Agar Gacor

Love bird kusumo adalah lovebird yang asalnya dari jawa tengah yang dimiliki oleh H. Sigit. Dari mendengar suaranya saja sudah dapat kita ketahui sebab memiliki suara khusus.

Burung ini memang begitu luar biasa dan patut kita acungi jempol untuk orang yang sukses memeliharanya dengan baik sehingga menjadi burung berkualitas.

Burung lovebird kusumo sudah sangat sering menjadi sang juara dalam event-event tertentu dengan berturut-turut. Dan yang pasti dalam kelas yang bergengsi.

Perawatan Lovebird Kusumo
Perawatan Lovebird Kusumo

Bahkan sekarang banyak yang menilai lovebird kusumo ini termasuk lovebird terbaik yang ada saat ini.

Kehebatan lovebird Kusumo pada arena lomba sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Lovebird Kusumo memang punya banyak sekali kelengkapan untuk menjadi jawara nasional.

Dan bahkan menjuarai lebih dari 2-3 kelas dalam setiap even yang diikuti burung ini. Misalnya love bird sangat rajin bunyi, lovebird ngekek panjang, dan juga punya gaya dan volume yang maksimal.

Penilaian lomba pada kelas lovebird memang kompleks. Macamnya cukup banyak. Tidak hanya volume yang terdengar keras.

Akan tetapi, volume Love Bird Kusumo bukan yang paling keras, namun variabel penilaian lainnya luar biasa. Seperti tingkat kerajinan, durasi ngekek, serta gayanya yang anteng sekali di atas tangkringannya.

Karakteristik Lovebird Kusumo

Kinerja serta aksinya saat di lapangan yang menjadikan burung satu ini menjadi fenomenal. Saat mulai digantangkan saat itulah lovebird kusumo ngekek panjang bahkan dapat dikatakan super panjang.

Sebab durasinya dapat mencapai 3 menitan. Pada saat ngekek burung ini hanya berhenti sejenak pada sela selanya.

Dan seakan hanya untuk mengambil nafas sebentar saja dan langsung meneruskan ngekek panjangnya.

Sebab, aksinya yang memukai inilah banyak para pecinta burung kicauan yang bertanya dan ingin mengetahui rahasia dari perawatan lovebird kusumo.

Pada saat masih awal dibeli lovebird kusumo punya karakter yang liar. Lovebird ini akan melabrak kesana sini pada sangkar serta berputar-putar di bawah sangkar sama seperti ketika sedang ngeruji.

Perlu beberapa waktu untuk menjadikan lovebird kusumo menjadi tenang. Karena usaha ketelatenan serta perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya, akhirnya lovebird kusumo dapat menjadi lovebird jawara.

Sewaktu sepi, lovebird kusumo mau nembak panjang, namun pas didekati orang malah nglabrak. Misalnya seperti burung yang sedang over birahi.

Begitu juga pada waktu lomba, pada mulanya lovebird kusumo justru kerap ngeruji sangkar dan mengejar musuhnya.

Jadi, walaupun sebenarnya bisa nembak panjang dan punya prospek yang baik, namun lovebird kusumo waktu itu belum dapat tampil maksimal pada saat lomba.

Dari situlah Sigit pemilik love bird kusumo ini memiliki cara khusus untuk mengatasinya. Yaitu dengan cara memberikan asupan pakan yang banyak terdapat kandungan protein sampai lovebird kusumo menjadi gemuk.

Selanjutnya itu lovebird kusumo akan bertelur, akan tetapi ini bukan telur untuk produksi pada umumnya. Sebab lovebird kusumo tidak dikawinkan.

Dan pada saat itulah karakter lovebird kusumo berubah menjadi lebih jinak dan tidak lagi ngelabak,dan itu dikarenakan birahinya sudah menjadi stabil.

Perawatan Lovebird Kusumo

Dalam perawatan lovebird kusumo harian pastinya tidak jauh berbeda dengan burung lovebird seperti biasanya.

Tapi, ada beberapa rahasia yang harus anda ketahui pada waktu melakukan perawatan lovebird kusumo.

Dan untuk perawatan lovebird kusumo diperlukan adanya upaya yang keras dan juga dibarengi dengan ketelitian dari pemilik burung.

Dari berbagai macam pengalaman lomba yang pernah diikuti, kriteria pada saat penilaian burung lovebird selain dapat ngekek panjang juga sebaiknya mahir melihat variasi lagu.

Pada ajang perlombaan sering kita jumpai lovebird dengan tipe ngekek panjang, akan tetapi suaranya relatif monoton.

Perawatan harian juga bisa mempengaruhi kualitas ngekek panjang dari Lovebird.

Walaupun kita punya anakan dari trah jawara bukan berarti anakan tersebut dapat ngekek panjang dan bisa seperti indukannya tanpa melakukan perawatan serta latihan rutin pada tiap harinya.

Perhatikan Pakan Pada Lovebird

Dalam perawatannya, untuk makanan yang sering diberikan pada lovebird kusumo ini bisa dibilang sederhana. Sebab hanya diberi makan milet serta jagung muda.

Dan ini juga merupakan hal yang standar diberikan pada umumnya untuk burung lovebird. Namun, pastinya tetap ada rahasia yang seharusnya tidak diumbar.

Mungkin dapat juga kangkung sebab kita tahu banyak sekali manfaat dari kangkung untuk burung lovebird.

Dianjurkan kita memberi pakan lovebird yang mempunyai kualitas baik, seperti halnya produk Ebod Lovebird.

Sebab makanan burung ini begitu cocok untuk pakan lovebird sebab terbuat dari biji-bijian segar yang berkualitas baik.

Proses pembuatannya juga sangat higienis dan juga modern. Jadi bisa menghasilkan produk yang telah terjamin kualitasnya.

Pakan ini juga dilengkapi dengan sayur serta buah-buahan yang dikeringkan. Jadi sangatlah baik dimakan untuk lovebird kita sebab mengandung vitamin serta mineral yang cukup.

Serbuk buah pala yang ada dalam pakan ini juga begitu berkhasiat untuk menghangatkan suhu badan burung.

Campuran kembang lawang yang terdapat dalam produk ini dapat memnjadikan tenggorokan nyaman dan juga lega. Hal ini dapat merangsang burung supaya rajin berbunyi.

Lakukan Pengembunan pada Lovebird

Perawatan yang kerap dilakukan oleh pemilik lovebird kusumo ini yaitu dengan mengeluarkan burung pada pagi hari tepatnya saat pukul 05.00 – 05.30 (sesudah subuh) hingga matahari terbit.

Dalam arti mengembunkan burung dan pada saat matahari sudah terbit dapat langsung diberi sedikit semprotan air. Selanjutnya simpan di teras dan diletakkan dibawah. Namun tetap aman dari gangguan seperti kucing.

Lakukan Memandikan Lovebird

Memang perawatan lovebird kusumo yang umum dilakukan dalam memandikan lovebird yaitu dengan cara disemprot.

Akan tetapi Sigit pemilik love bird kusumo ini berbeda, dia selalu meandikan burungnya di dalam keramba. Selain itu burung juga kerap dimandikan pada malam hari dan dengan air hujan.

Sebab ini banyak diyakini bisa membuat lovebird mempunyai mental yang kuat dan juga volume suara keras dan lantang.

Gantung Sangkar Di dalam Rumah

Permasalahan dari lovebird kusumo dahulunya adalah tidak main dengan bagus apabila event yang diselengarakan dilakukan di malam hari atau di indoor.

Oleh sebab itu Sigit berupaya beradaptasi dengan keadaan seperti itu dengan membiasakan lovebird kusumo aktif di dalam rumahnya. Dan hanya dibantu oleh pencahayaan lampu rumah saja.

Pemberian Vitamin

Dalam perawatannya, berikanlah vitamin pada lovebird guna membentuk hormon serta merangsang burung supaya bunyi. Salah satu multivitamin yang disarankan adalah Pro Vita.

Sebab multivitamin ini mengandung Vit A, D3, B1, B2, B6, B12, Vit C. Dan juga terdapat Ca-d-Panthotenate, Nicotinic Acid, Folic Acid, Electrolyte.

Yang mana kandungan ini dapat mengatasi stres, merangsang burung supaya berkicau, memenuhi kebutuhan vitamin burung, dan juga menjaga keseimbangan tubuh serta meningkatkan nafsu makan burung jenis ini.

Dengan melakukan perawatan lovebird kusumo yang baik dan teratur dalam keehariannya, maka lovebird anda akan menjadi jawara seperti yang anda inginkan.

Tinggalkan Komentar