Cara Perawatan Kenari Mabung Dengan Benar dan Mudah

Mabung umumnya dikatakan dengan nama istilah molting yakni proses rontoknya bulu pada setiap jenis burung, atau bulu akan ganti, atau juga merenggas.

Gantinya bulu yang lama menjadi bulu yang baru ini terjadi dengan cara periodik. Oleh sebab itu, untuk anda yang punya burung kenari sedang mabung, maka anda harus mengerti cara perawatan kenari mabung dengan mudah.

Supaya burung mabung memperoleh perhatian yang baik sesuai dengan keadaannya. Yang harus anda tau yaitu pada waktu burung kenari mabung.

Perawatan Kenari Mabung
Perawatan Kenari Mabung

Burung itu menyerap protein yang terdapat dalam tubuhnya sebanyak 25%. Oleh sebab itu, hal penting yang harus anda lakukan untuk perawatan kenari mabung seperti ini adalah dengan memberikan protein untuk penggantinya.

Pada umumnya burung kenari yang sedang mabung, dalam bulu-bulunya akan rontok dan akan tampak jelas kulitnya. Dan justru akan terlihat lucu, sebab jika bulu kepalanya rontok juga akan tampak botak dan polos.

Kenari yang sedang mabung juga pada umumnya sulit untuk berbunyi, jadi anda semua tidak usah khawatir, sebab ini termasuk hal yang wajar.

Sedangkan ciri-ciri burung kenari saat mabung antara lain adalah burung kenari yang mabung cirinya adalah malas untuk berkicau kemudian lebih banyak diam.

Burung kenari mabung pasti ciri-cirinya begitu jelas, antara lain bulu-bulunya banyak yang rontok. Untuk lebih jelasnya berikut ciri kenari mabung.

Ciri Ciri Kenari Mabung

Pada saat umurnya 3-4 bulan kenari akan mengalami fase mabung untuk yang pertama kalinya. Ini sudah biasa terjadi karena mabung termasuk proses pergantian bulu dari bulu anakan pada bulu dewasa.

Sewaktu proses mabung, bulu akan digantikan dengan warna yang semakin kuat dan lebih mengkilap daripada warna bulu lama. Tumbuhnya bulu pada kenari melewati beberapa tahapan.

Seperti halnya dimulai dari dada, bahu, kepala, bagian tengkuk, punggung dan kemudian bulun yang besar. Seperti halnya pada bagian sayap dan juga ekor.

Fase pergantian bulu hingga sampai dengan tingkat sempurna setidaknya memerlukan waktu 5 hingga 6 bulan. Hal ini juga dipengaruhi dengan berbagai asupan gizi, misalnya seperti vitamin, protein, air, mineral, dan juga sinar matahari.

Anda harus melakukan perawatan kenari mabung ekstra saat melihat pergantian bulu-bulu pada kenari muda cukup lambat. Hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan kenari. Dengan begitu, kenari yang sehat akan cepat juga dalam proses pergantian bulunya.

Perlu anda ketahui, jika burung akan mengalami fase mabung yang berikutnya. Antara lain yaitu pada saat memasuki umur 1 tahun.

Dalam fase yang kedua ini keadaan burung tampak lebih parah dari fase mabung yang sebelumnya. Kemungkinan bisa kenari dengan jenis kelamin jantan tidak akan pernah berkicau.

Bahkan untuk kenari jantan dan betika akan hilang birahinya. Nafsu makan pun juga akan berkurang justru akan lebih suka berjemur sambil mengais-ngais bulunya yng rontok.

Dalam fase mabung yang kedua ini rontoknya bulu pada kenari pada umumnya diawali dari ekor dan sayap.

Fase ini akan berlangsung dari antara 1 hingga sampai dengan 2 bulan. Sesudah 1 bulan selanjutnya bulu kenari akan lengkap seperti dulu kala. Alan tetapi, gairah kenari akan terlambat antara 3 hingga 4 bulan.

Faktor Pengaruh Kenari Mabung

Adapun untuk beberapa faktor yang mempengaruhi pada mabungnya burung kenari antara lain disebabkan faktor umur.

Burung kenari yang mabung pada saat umurnya masih muda prosesnya lebih lama dari burung kenari yang dewasa. Sebab faktor alam, keadaan lingkungan seperti halnya, suhu serta cuaca yang ekstrim bisa mempengaruhi terjadinya mabung pada burung kenari.

Faktor berikutnya karena faktor musiman, faktor ini biasanya terjadi dengan bersamaan pada semua burung di dalam satu rumah.

Atau dapat juga sebab faktor hormon, hormon yang tidak stabil bisa menjadikan burung kenari mengalami proses mabung. Dan pada umumnya peningkatan hormon terjadi sebab burung kenari dalam kondisi birahinya naik.

Perawatan Kenari Mabung

Faktor yang mempengaruhi akan stabilnya keadaan kenari serta kicauan kenari yaitu dalam perawatan Kenari selama proses mabung.

Pada saat kenari mabung, lebih baiknya diberi asupan gizi yang bagus supaya proses mabung bisa selesai dengan cepat. Kita dapat memberikan pakan yang cukup, vitamin, protein, kemudian juga mineral.

Perawatan kenari mabung sebenarnya tidaklah sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui oleh pemilik kenari. Kita harus mengetahui apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan pada saat proses perawatan.

Yang terpenting adalah keuletan serta ketelatenan dalam melakukan perawatan kenari mabung.

Jauhkan Dari Keramaian

Perawatan kenari mabung yang pertama yaitu harus menjauhkan kenari dari keramaian dan juga dipastikan aman dari gangguan binatang predator. Misalnya seperti kucing, tikus, anjing dan juga binatang lainnya yang kemungkinan bisa memakan burung kenari.

Pada sangkar harus ditutupi supaya suhu yang terdapat dalam sangkar relatif lebih stabil dan juga yang paling penting burung akan fokus serta tenang selama fase mabung.

Perhatikan Porsi Makanan

Perawatan kedua yaitu harus diperhatikan porsi makanan. Selama proses mabung, porsi makan burung kenari harus terus ditingkatkan.

Sebab burung kenari membutuhkan asupan energi dan juga nutri yang tinggi supaya kondisi burung tetap prima. Ini akan sangat berpengaruh pada bulu dan juga suara yang nantinya akan dihasilkan burung kenari.

Penjemuran

Tahap perawatan yang ketiga adalah lakukanlah penjemuran selama 20 hingga dengan 30 menit. Sesudah proses penjemuran disarankan supaya diberi pakan biji-bijian dengan kualitas super, misalnya ebood canari.

Sedangkan untuk air minumnya dapat diganti atau dicampurkan dengan multivitamin.

Misalnya seperti ebood vit dengan dosis 5 hingga 10 tetes saja pada air 50 ml air minum. Lakukanlah rutin pada tiap hari guna menjaga kondisi kenari.

Pemberian Nutrisi

Guna memperlancar pembentukan bulu, bisa diberikan ebood breeding supaya kenari tidak kekurangan nutrient seperti methionin, lysine serta triptophan.

Anda dapat memberikan seminggu 3 kali dengan dosis 5 hingga 10 tetes dengan ukuran air minum 50ml.

Harus diperhatikan jika pada saat kenari diberikan ebood breeding, ebod vit harus anda hentikan dulu supaya tidak berdampak buruk untuk burung kenari.

Makanan Tambahan

Yang keempat, berikanlah menu tambahan yang berupa sayuran dan juga buah-buahan. Pada pemberian sayuran kita dapat memilih jenis sawi putih, selada, sawi hijau, dan lain sebagainya.

Sedangkan pemberia buah-buahan dapat diberikan buah peer, anggur, dan lain lain. Dapat juga diberikan telur puyuh/egg food untuk menu tambahan.

Anda jangan lupa juga untuk memberikan grist. Manfaat grift antara lain untuk memperlancar sitem pencernaan pada burung kenari.

Selain itu juga untuk pemenuhan kalsium, yodium untuk pembentukan tulang dan bulu burung kenari.

Mandikan Dengan Shampo

Perawatan kenarimabung yang kelima, anda jangan lupa untuk memandikan burung kenari dengan menggunakan campuran air shampo.

Contohnya merk jati jajar supaya kuman maupun kutu-kutu bisa hilang. Dan kemudian produk ini juga mengadung aloevera yang bisa bermanfaat menghaluskan dan juga menyuburkan bulu kenari.

Pemasteran

Nah, dan untuk proses yang terakhir atau keenam yaitu pada saat proses mabung dapat juga diputarkan suara kicauan burung kenari gacor melalui HP ataupun media lainnya guna pemasteran menggunakan suara kenari.

Tinggalkan Komentar