Cara Perawatan Kenari Lomba dan Pelatihan Mental

Burung kenari yaitu burung kicauan yang selalu ikut serta dalam perlombaan. Semua pemilik kenari pastinya ingin burung peliharaannya bisa berkicau dengan gacor sampai bisa menjuarai lomba.

Diperlukan persiapan yang matang agar mendapatkan juara sebelum burung kenari memulai perlombaannya. Burung kenari punya berbagai macam keunggulan.

Antara lain yaitu cara perawatan burung kenari harian untuk lomba lebih mudah jika dibandingkan dengan burung kicauan peliharaan lainnya.

Selanjutnya burung kenari juga punya tingkat stres yang relatif rendah dan burung kenari juga begitu cepat pada pemulihan pada waktu burung kenari drop.

Perawatan Kenari Lomba
Perawatan Kenari Lomba

Berbagai macam keunggulan ini bisa dipakai untuk membentuk burung kenari di dalam perlombaan.

Agar bisa menjadikan burung kenari jadi sang juara, maka pemelihara burung harus bisa menyesuaikan perawatan burung kenari berdasarkan dengan karakter burung itu.

Apabila pemilik telah mengetahui karakter dari burung kenarinya maka akan terasa mudah untuk perawatan kenari lomba itu.

Kemudahan Cara Merawat Kenari Harian Buat Lomba

Memang tidak mudah menyesuaikan perawatan kenari lomba berdasarkan karakternya. Karena perlu waktu beberapa lama supaya dapat tau tentang karakter burung kenari itu.

Contohnya ada burung kenari yang apabila diberi kroto akan terus bersuara. Ada pula burung kenari yang apabila diberi apel atau pun telur puyuh akan rajin berkicau.

Jadi, untuk kesukaan dari setiap burung kenari itu berbeda-beda. Sebelum dilangsungkan perlombaan, jauh hari maka anda harus mengetahui karakter burung kenarinya.

Caranya bisa dilakukan dengan cara mencoba-coba atau trial and error. Yaitu dicoba dengan cara memberikan makanan burung kenari berupa telur puyuh dan lihat apa efek yang terjadi.

Selanjutnya dengan memberikan burung kenari makanan yang berupa kroto dan lohat apa efek yang terjadi. Kemudian berikanlah burung kenari makanan berupa buah apel.

Dan lihatlah apa efek yang terjadi. Sesudah itu akan diketahui mana makanan yang dirasa paling cocok untuk karakter burung kenari peliharaan anda.

Sesudah anda tau karakter burung kenarinya, maka harus diketahui juga cara merawat burung kenari harian untuk lomba supaya burung kenari anda bisa mendapatkan juara.

Langkah ini telah banyak dipakai atau dicoba oleh banyak pemilik burung kenari yang pada umumnya mengikuti acara perlombaan burung kenari.

Cara perawatan kenari lomba dalam keseharian  dimulai dari seminggu sebelum acara perlombaan dimulainya.

Dan seminggu sebelum acara perlombaan dimulai, burung kenari lebih baiknya diisolasi dari melihat langsung burung kenari lain ataupun mendengarkan suara burung kenari yang lainnya. Sebaiknya burung kenari yang akan dilombakan disendirikan terlebih dahulu.

Saat pagi hari setiap harinya burung kenari sebaiknya disemprot atau dimandikan sampai basah. Akan tetapi apabila suhu udara sedang dingin lebih baik hindarilah menyemprot ataupun memandikannya.

Setelah dimandikan sebaiknya anda menjemur burung kenari sampai kering dan tergantung kekuatan dari burung kenari itu sendiri, dan jangan dipaksakan dijemur saat panas.

Perawatan Kenari Lomba

Untuk perawatan kenari lomba, sebaiknya 3 hari sebelum dimulainya perlombaan burung kenari lebih baiknya diberi makanan seperti halnya apel, kroto dan juga telur puyuh dengan cara selang-seling pada 3 hari itu.

2 hari hingga 1 hari sebelum dimulainya acara perlombaan burung kenari lebih baik jangan dijemur dalam jangka lama. Jemurlah kurang lebih 30 menit saja di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik dan berilah kenari vitamin.

Setelah itu, 1 jam sebelum dimulainya acara perlombaan, berilah makanan yang berupa kroto ataupun telur puyuh pada burung kenari anda.

Pada waktu burung kenari sudah berada pada arena perlombaan, semprotlah burung kenari sedikit, namun apabila burung kenari terlihat akan birahi, maka sebaiknya disemprot hingga basah.

Melatih Mental Kenari

Burung kenari yang di idamkan tentu saja yang punya kicauan yang panjang durasinya, punya suara yang kristal dan selalu fit.

Entah itu burung kenari lokal atau impor. Jika mentalnya baik, burung kenari akan selalu ngotot bila mendengar kicauan kenari lain yang sudah sama-sama gacor.

Ini merupakan modal utama yang harus dipunyai kenari Anda sebelum ikut pada arena lomba ataupun latber.

Sering terjadi permasalahan mengenai sura dan karakter dari kenari yang bagus.

Melatih mental kenari untuk perlombaan memang begitu penting, supaya burung tidak mudah ngedrop di tengah acara lomba. Ataupun kurang percaya diri saat mendengar kicauan kenari lain yang terdengar kencang, panjang serta bervariasi.

Anda bisa melakukan latihan dengan beberapa cara, yang seluruhnya bertujuan supaya kenari terbiasa dengan situasi serta kondisi lingkungan baru.

Dan juga terbiasa dengan suara kencang dari kenari lain. lalu juga terbiasa dengan sifat ataupun karakter dari kenari ataupun dari burung yang lainnya.

Sedangkan untuk burung yang masih bakalan, latihan mental dapat anda lakukan dengan menempelkannya pada burung kenari yang telah mapan atau punya mental yang bagus.

Burung muda punya sifat gampang meniru. Maka, kenari muda pun akan mengikuti karakter, gaya serta suara dari burung kenari yang sudah mapan itu.

Seringlah mengajak burung jalan-jalan pada arena lomba, walau kenari anda tidak ikut kontes. Itu hanya sekedar membiasakan kenari pada keramaian suasana dan juga suara burung kenari lainnya.

Gantungkanlah pada tempat yang berbeda-beda. Ini bertujuan supaya burung terbiasa dengan lokasi yang baru. Perubahan pada tempat baru pada umumnya akan menjadikan kenari lebih cepat adaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Termasuk pada arena lomba, baik itu mendapat gantangan di tengah ataupun di pinggiran.

Anda harus memastikan kondisi burung selalu fit. Burung yang ada dalam kondisi fisiknya fit tak hanya lebih tahan pada serangan penyakit, namun juga punya korelasi positif pada kondisi mentalnya.

Burung kenari dengan mental bagus pun dapat drop. Pada saat kondisi fisiknya sedang tidak fit, dan perlu waktu lama dalam mengembalikannya pada kondisi mental yang idealnya.

Perawatan Kenari Lomba Agar Bersuara Panjang

Anda bisa melatih pernafasan dari burung kenari guna melatih kenari supaya bisa bersuara lebih panjang.

Cara yang sering dilakukan yaitu memasukkan burung pada kandang umbaran saat menjemur burung. Metode ini bisa menjadikan burung semakin aktif atau semakin banyak bergerak.

Cara yang sering dilakukan yaitu memasukkan burung pada kandang umbaran saat menjemur burung. Metode ini bisa menjadikan burung semakin aktif atau semakin banyak bergerak.

Lakukanlah pengumbaran selama kurang lebih 1 jam, selanjutnya burung dikembalikan ke kandangnaya atau pada sangkar harian. Sesudah itu dijemur seperti kesehariannya.

Sesudah pengumbaran dan juga penjemuran, berikanlah BirdShout yang telah dilarutkan dengan minumannya.

Lakukanlah latihan ini hingga burung kenari ini benar-benar punya lagu yang bervariasi dan juga lebih panjang dari pada sebelumnya.

Pemberian kerodong juga memang diperlukan untuk kenari supaya tidak begitu sering mengeluarkan kicauannya sepanjang hari. Dan untuk menjaga kondisi burung kenarinya.

Khususnya pada waktu cuaca sedang dingin ataupunsaat turun hujan. Berikanlah kerodong di setiap sore hari atau sebelum burung dimasukkan di dalam rumah guna beristirahat.

Tinggalkan Komentar