Perawatan Kacer Sebelum Lomba Agar Bisa Tampil Gacor

Burung kacer termasuk salah satu jenis dari burung berkicau yang kerap untuk diperlombakan pada berbagai perlombaan burung berkicau.

Maka dari itu, banyak orang yang gemar memelihara burung itu. Walaupun ada juga beberapa orang yang memelihara burung ini karena hanya sekedar hobi.

Alasannya karena suka dengan kicauan burung kacer serta warna bulu burung kacer yang begitu indah.

Akan tetapi bagi anda yang sekiranya memelihara burung kacer tujuannya untuk diikut sertakan pada perlombaan burung, sebaiknya anda tau bagaimana cara perawatan kacer sebelum lomba.

Dalam setingan atau perawatan burung kacer lomba memang berbeda jika dibandingkan perawatan harian burung kacer.

Pada umumnya para pecinta burung kicauan ini mempersiapkan burung untuk lomba tiga hari atau satu minggu sebelum acara perlombaan.

Biasanya, perawatan kacer harian serta lomba itu dibuat berbeda. Setingan harian yaitu sebuah metode perawatan yang dilakukan bagaimana agar burung kacer dapat rajin bunyi atau siap untuk dilombakan.

Kemudian perawatan lomba yaitu sebuah cara perawatan yang disiapkan yang tujuannya agar burung kacer tidak hanya rajin berbunyi di lapangan saja.

Namun,rawatan lomba lebih berfokus pada kondisi burung untuk dapat memiliki durasi kerja yang lama, anteng dengan ngobra.

Setingan Kacer Lomba

Perawatan Kacer Sebelum Lomba
Perawatan Kacer Sebelum Lomba

Pada umumnya saat hari H-7 sebelum lomba para pemilik burung akan melakukan setelan kacer juara pada burungnya. Caranya dengan melakukan perawatan yang lebih supaya burungnya nanti akan menjadi juara.

Sebab apabila kita melakukan perawatan harian yang biasa sebelum lomba, maka burung kacer milik anda itu tidak akan juara.

Sebab biasanya yang terjadi pada saat perlombaan burung anda bisu atau tidak mau berkicau. Kemudian faktor burung bisu pada waktu acara perlombaan juga terdapat banyak sekali.

Beberapa faktor yang mengakibatkan burung bisu itu sendiri antara lain yaitu karena faktor mental dari burung itu sendiri.

Umumnya burung kacer cenderung diam pada waktu berada di lingkungan yang baru atau yang asing.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya apabila sebelum lomba anda mempersiapkan dulu mental burung itu agar mudah beradaptasi pada lingkungan yang baru atau lingkungan asing.

Supaya keadaan burung bisu itu tidak akan terjadi pada burung milik anda.

Tak hanya itu saja, terdapat juga faktor kicauannya jadi semakin pelan atau tidak beraturan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya burung yang ikut dalam acara perlombaan.

Oleh sebab itu, melakukan setingan kacer sebelum acara lomba itu sangatlah penting.

Perawatan Kacer Sebelum Lomba

Kacer Lomba
Kacer Lomba

Perawatan kacer sebelum lomba biar bisa tetap gacor sebenarnya tidaklah sulit untuk diterapkan.

Dapat dikatakan begitu, karena perawatan burung dari genus Copsychus ini pada umumnya tidak berbeda jauh dengan perawatan yang sering diberikan pada burung kicauan jenis yang lainnya.

Akan tetapi khusus untuk burung kacer yang termasuk Burung petarung sejati harus ada perawatan kacer sebelum lomba dengan cara khusus.

Perawatan khusus untuk burung kacer sebelum lomba itu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan sehari hari.

Tujuan perawatan pada langkah ini yaitu hanya sekedar mempersiapkan burung Kacer supaya memiliki tingkat brahi dan juga stamina yang stabil.

Guna keberhasilan dalam perawatan kacer sebelum lomba adalah dengan cara mengenal baik karakter dasar dari masing-masing burung kacer peliharaan anda itu sendiri.

Makanan Burung Kacer

Dalam mempersiapkan burung kacer anda agar bagus saat dilombakan yaitu memberikan makanan yang tepat. Burung kacer harus terus dibiasakan dengan asupan makanan tambahan atau extra fooding (EF) standar yang tepat.

Contohnya dengan memberikan serangga berupa jangkrik. Pemberian makanannya dengan porsi sebanyak 5 ekor pada saat pagi hari serta 5 ekor lagi pada saat sore hari.

Harus anda ketahui, makanan tambahan standar tersebut juga dapat anda terapkan pada burung kacer yang awalnya sudah jadi namun selanjutnya rusak lagi atau burung kacer anda ngedrop.

Burung seperti ini harus dilatih lagi dari awal, jadi lebih menggampangkan kita pada saat penanganan yang berikutnya.

Latihan Mandi

Burung Kacer yang akan diikutkan kontes lomba juga perlu untuk dilatih mandi. Biasakanlah metaik burung kacer untuk mandi pada tiap harinya.

Metodenya yaitu dengan memasukkan burung kacer ke karamba. Apabila telah terlatih, maka burung kacer pada saat melihat karamba dan pintunya dibuka, maka akan langsung berpindah dari sangkar hariannya menuju ke karamba.

Kebiasaan kacer bisa mandi sendiri di dalam karamba bisa memudahkan dalam perawatan.

Tak hanya itu saja, burung kacer bisa mengukur sendiri apakah burung kacer tersebut sudah cukup puas mandi atau belum puas mandi.

Penjemuran Burung Kacer

Penjemuran yang tepat untuk burung kacer lomba antara lain yaitu pada saat pagi hari mulai jam 7 hingga sampai jam 12 siang.

Dan sebelum burung di jemur berikanlah sarapan atau makanan tambahan berupa jangkrik sebanyak kurang lebih 10 ekor. Kemudian sesudah itu jemurlah hingga jam 12 siang.

Sesudah burung di jemur sebaiknya di angin anginkan sebentar saja dan berikanlah jangkrik lagi sebanyak 10 ekor. Apabila sudah langsung diberikan krodong hingga sore hari.

Dan pada waktu sore hari bukalah krodongnya kemudian angin anginkan lagi dan berilah jangkrik lagi 3 ekor sesudah selesai makan dan cukup proses penganginannya. Kemudian krodong kembali.

Latihan Bersama (latber)

Guna menilai kerja atau tidaknya burung pada waktu di lapangan, tidak dapat diukur dengan tingkat kegacorannya pada saat di rumah.

Seluruhnya itu harus ada pengujian di lapangan dengan metode diikutkan latber atau latihan bersama. Atau dapat juga dengan metode ditrek (gathering) bersama dengan kacer lain kepunyaan anda.

Apabila tidak memiliki yang cocok, anda dapat melakukan uji coba trek bersama dengan burung kacer yang dimiliki oleh teman anda.

Latihan dengan menggunakan metode latber dapat anda lakukan sampai dengan 1 minggu sekali.

Nah, dengan cara ini anda dapat melihat apakan setelan perawatan harian anda sudah berhasil ataupun tidak berhasil.

Semakin sering anda melakukan metode yang sedemikian diterapkan, maka akan semakin paham burung kacer pada medan pertarungan.

Dan pastinya kacer jagoan anda mau bekerja dengan maksimal ketika dicantelkan (Lomba). Dan tanpa disadari lama-kelamaan burung kacer akan menjadi lebih paham dengan metode ini.

Akan tetapi harus anda ketahui jika makanan tambahan untuk stelan Lomba lebih baik diberikan sebelum acara perlombaan di mulai. Kurang lebih 30 menit sebelum bertanding.

Cukup hanya dengan memberikan 2 saja seperti yang telah dijelaskan diatas. Dan terlepas dari itu semua, selain dengan memberikan makanan pada saat burung sedang ada dalam kondisi yang siap tempur, menjadikan burung kacer memiliki Stamina yang lebih.

Demikianlah ulasan mengenai perawatan kacer sebelum lomba. Dengan melakukan perawatan seperti diatas burung kacer yang akan anda lombakan bisa memiliki mental yang kuat dan juga bisa memiliki suara yang gacor. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar