Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor

Mabung atau yang biasa disebut ngurak ialah siklus alami yang dialami oleh semua jenis burung termasuk burung kacer.

Tiap burung yang sedang dalam keadaan rontok bulu itu menggunakan total kalori serta nutrisi yang terdapat pada tubuhnya.

Tujuannya untuk mengeluarkan bulu-bulu lama yang telah rusak serta untuk menumbuhkan kembali bulu-bulunya yang baru.

Sehingga jika ingin burung Anda lebih cepat melewati fase molting, jangan memaksakan burung untuk berkicau.

Perawatan Kacer Mabung
Perawatan Kacer Mabung

Apalagi banyak geraknya yang dapat membuang energi yang seharusnya digunakan dalam menumbuhkan bulu barunya.

Proses mabung kerap kali dinantikan oleh sebagian orang yang telah mengetahui cara perawatan kacer mabung.

Sebab pada waktu itu, perawatan yang diberikan bisa meningkatkan kualitas burung kacer andalannya. Namun tak jarang juga yang tak menginginkan burung kacer jagoannya mabung.

Sebab merasa jagoannya telah maksimal serta takut ada perubahan yang kurang baik pada kualitas burung setelah mabung.

Dalam keadaan seperti ini burung harus diberikan perawatan yang intensif. Supaya proses awal sampai selesai mabung berjalan dengan lancar.

Banyak para pemelihara yang tau ilmu perawatan kacer mabung, akan tetapi tidak bisa memahami dari mulai awal mabung hingga tumbuh lagi bulu bulunya.

Terkadang juga ada yang sukses menumbuhkan bulu namun tidak bisa membuat burung kacer tampil maximal pada saat dibawa ke lapangan.

Ciri Ciri Kacer Mulai Mabung

Burung kacer yang mulai mabung terlihat tidak bergairah, tidak ada semangat dalam bergerak atau pun berkicau gacor sama seperti pada kenari mabung.

Dalam beberapa burung kadang kadang sehari sebelumnya burung akan ngotot berkicau. Terkadang burung kacer juga akan terlihat gelisah, seperti halnya mengalami ketakutan pada waktu didekati.

Bulu kacer juga terlihat kusam, tidak terlihat mengkilap dan kerap sekali terlihat tidak rapi, awut-awutan seperti rambut orang saat bangun tidur.

Bagian bulu-bulu kecil berjatuhan, 1-4 helai dan akan terus bertambah pada tiap harinya. Dan untuk bulu sayap dan ekor tampak pecah-pecah.

Mata juga akan terlihat sayu dengan tatapan yang kosong. Selain itu, bulu akan tampak kusam dan tidak mengkilap lagi seperti biasanya.

Apabila ciri-ciri itu telah dialami oleh burung kacer andalan anda, tidak usah khawatir. Anda sebagai pemilik supayalangsung melakukan perawatan kacer mabung tersebut.

Sebab perawatan anda begitu menentukan kualitas burung pasca mabung.

Berikut ini akan disampaikan mengenai tips perawatan kacer mabung yang bisa anda terapkan pada burung peliharaan anda.

Perawatan Kacer Mabung Saat Rontok Bulu

Rontokkan semua bulunya. Masa mabung seharusnya dialami oleh burung hingga tuntas dan bulu tuanya semua rontok.

Sebab apabila tidak rontok semua biasanya hasil setelah mabung tidak akan maksimal. Hal ini biasanya yang paling tidak diharapkan dari mabung yang kurang tuntas. Yakni bulu nyulam.

Hentikan pemberian makanan tambahan. Setelah seminggu atau hingga bulu rontok seluruhnya, pemberian EF sebaiknya dihentikan.

Sebab burung akan memasuki proses pergantian bulu ataupunyang tumbuh bulu-bulu muda. Sebab pemberian EF akan bisa menaikan birahi burung kacer andalan anda.

Sampai mengakibatkan burung terpancing untuk berkicau dan konsentrasi pada pertumbuhan bulunya kN terganggu.

Full kerodong juga sebaiknya dilakukan supaya burung merasa tidak terganggu sewaktu proses pertumbuhan bulu mudanya.

Burung kacer yang dalam keadaan mabung sebaiknya diasingkan pada tempat yang lebih sepi.

Sebaiknya tidak mendengar suara burung fighter yang lebih keras yang umumnya dapat memancing burung itu berkicau.

Meskipun pada masa perawatan husus serta terkesan jangan diganggu, kebersihan sangkar juga harus selalu diperhatikan. Dapat dilakukan 2 hingga 3 hari sekali tergantung banyaknya kotoran pada burung.

Burung kacer yang dalam proses tumbuh bulu jangan dulu dimandikan, sebab dihawatirkan bulu-bulunya belum rontok seluruhnya.

Burung kacer yang sedang dalam keadaan mabung memerlukan asupan nutrisi serta gizi yang tinggi. Berikanlah voer yang berkualitas, tidak berarti voer yang harganya sangat mahal.

Vitamin yang telah banyak beredar atau di toko burung hendaknya diberikan 3 tetes lalu dicampurkan pada cepuk minum pada tiap hari.

Pemasteran juga dilakukan pada kacer yang dalam keadaan proses mabung cepat diingat oleh burung itu. Sebab saat keadaan itu, burung cenderung lebih pasif, yang lebih banyak mendengarkan jika dibandingkan berkicau.

Saat keadaan mabung lah yang dimanfaatkan dalam master-master kacer untuk menaikan ataupun memaksimalkan burung jagoannya. Sebab pada saat mabung termasuk kedalam 3 waktu terbaik dalam memasterkan burung kicauan.

Perawatan Kacer Mabung Saat Tumbuh Bulu Muda

Ketika burung kacer sedang tumbuh bulu muda, maka harus dirawat dengan sebaik mungkin. Agar hasil pasca mabung lebih baik lagi dari yang biasanya. Berikut ini perawatannya.

Beri suara masteran

Perawatan kacer mabung pada waktu tumbuh bulu muda yaitu dengan cara pemasteran. Pemasteran ini sebaiknya diterapkan pada kacer yang sedang mengalami proses mabung cepat diingat-ingat oleh burung itu. Sebab pada waktu itu, burung cenderung semakin pasif, yang lebih banyak mendengarkan pemasteran dari pada mengeluarkan suara kicauannya. Pemasteran juga harus tetap dilakukan hingga bulu selesai seluruhnya tumbuh dengan sempurna.

Pemandian

Mandikan burung kacer dengan menggunakan shampo khusus burung juga sebaiknya anda lakukan. Tujuannya agar bulu jagung seperti ketombe yang terdapat pada burung kacer anda cepat hilang. Sesudah burung kacer dimandikan, burung tidak langsung dijemur, akan tetapi dianginkan_aginkan terlebih dahulu sambil dijemur, kira-kira setengah jam lamanya.

Berikan Extra Fooding

Perawatan kacer mabung sesuai dengan pola rawatan ataupun setingan saat harian seperti halnya sebelum mengalami mabung. Pada umumnya makanan tambahan jangkrik sebanyak 6 ekor. Tambahkan dengan menggunakan minyak ikan dengan cara disuntikan pada bagian dalam perut jangkrik, sehari bisa sebutir saja. Kemudian dilakukan setiap hari hingga bulu muda selesai. Sebab untuk minyak ikan ini mempunyai banyak manfaat untuk burung kicau. Dan untuk salah satunya adalah membuat bulu burung menjadi semakin mengkilap.

Kembali Dikerodong

Setelah burung kacer dimandikan dan juga diangin-anginkan, burung kacer sebaiknya dikerodong kembali. Kemudian simpanlah atau gantungkan pada tempat yang teduh. Dapat juga itaruh ddi tempat pengasingan pada saat mabung.

Penjemuran

Proses penjemuran tidak harus dilakukan pada hari itu, akan tetapi pada keesokan harinya yang dimulai dengan waktu yang cukup lama. 3 hingga 4 jam burung dijemur dengan tujuan supaya birahinya mulai naik. Akan tampak dengan jelas perkembangan burung setelah mabung, dengan isian yang semakin bervariatif sesuai dengan suara masteran yang dikehendaki.

Kembali Pada Setingan Sehari-hari

Lakukanlah yang umumnya anda lakukan sebelum burung kacer tersebut mengalami mabung. Pemberian makanan tambahan dapat disesuaikan dengan kebiasaan setingan dari masing-masing. Penjemuran 1 hingga 2 jam saja. Burung ini dikerodong hanya pada saat malam hari saja.

Tidak ada yang mengetahui pasti berapa lama waktu kacer dalam mengalami masa mabung sampai akhirnya bulu mudanya rapi kembali. Kemudian burung akan gacor lagi seperti pada saat awal bahkan lebih ngotot dan juga dalam kicauannya lebih bervariasi.

Tinggalkan Komentar