Karakteristik dan Cara Perawatan Burung Strawberry Finch Paling Tepat

Burung finch adalah jenis burung yang berukuran kecil dan merupakan jenis burung pemakan biji bijian. Salah satu dari jenis burung finch yang banyak dipelihara yaitu burung finch stawberry.

Jika mendengar namanya pasti sudah bisa dibayangkan jika burung finch jenis ini ciri fisiknya penuh bintik dan berwarna merah. Dinamakan burung finch stawberry sebab jenis burung ini mirip dengan motif buah strawberry yang berwarna merah dan berbintik bintik.

Perawatan Burung Strawberry Finch
Perawatan Burung Strawberry Finch

Burung strawberry finch ini memiliki nama latin Amandava formosa. Banyak juga yang menyebut burung ini dengan sebutan burung stroberi.

Ciri Burung Strawberry Finch

Burung stroberi disebut juga dengan avadavat merah atau red avadavat atau munia merah red munia. Jenis burung finch ini bisa dikenali dari bulu-bulunya yang berwarna dan juga bermotif seperti halnya buah stroberi pada saat memasuki musim kawin.

Spesies ini juga mempunyai hubungan kekerabatan yang sangat dekat dengan svadavat hijau yang memiliki nama latin Amandava formosa. Yang mana pada bagian bulunya berwarna kehijauan, atau mirip dengan buah stroberi yang masih keadaan mentah.

Ciri Burung Strawberry Finch
Ciri Burung Strawberry Finch

Seperti halnya kelompok waxbills yang lainnya, paruh burung stroberi ini rata-rata memiliki warna merah. Dan untuk membedakan burung jantan dan juga betina burung ini caranya memang cukup mudah.

Sebab termasuk dimorfik, yang artinya burung jantan dan juga burung betina mempunyai penampilan fisik yang cukup berbeda.

Pada saat musim kawin, burung jantan juga akan memproduksi bulu–bulu yang berwarna merah dengan bintik-bintik berwarna putih. Pada bagian kepala berwarna cokelat gelap atau kemerahan, dan untuk bagian ekor berwarna hitam.

Penampilan dari burung finch stroberi yang jantan pada saat musim kawin dan di luar musim kawin memang terlihat sangat berbeda. Bahkan, dalam beberapa hal, burung stoberi yang berjenis kelamin jantan mempunyai kemiripan dengan betina di luar musim kawin.

Seperti halnya, bulu yang ada pada bagian atas berwarna kecokelatan, bulu sayap gelap, bulu bagian bawah perut dan di atas ekornya juga berwarna merah gelap. Akan tetapi, sexing tetap dapat dilakukan, sebab burung betina hanya mempunyai sedikit bintik putih pada bagian sayapnya.

 

Cara Perawatan Burung Strawberry Finch

Burung stroberi sangat energik, apalagi sewaktu berkembang biak. Jika Anda ingin menangkanya, dibutuhkan perhatian ekstra terhadap aktifitas mereka dalam kandang penangkaran.

Misalnya perawatan burung finch strawberry di dalam menyediakan bak berisi air bersih yang akan digunakan untuk mandi.

Karena burung stroberi finch adalah burung pemakan biji-bijian, maka dari itu hal yang paling penting yaitu anda harus menyediakan biji-bijian sama halnya dengan jenis burung kenari.

Untuk perawatan burung strawberry finch ini anda sebaiknya anda menyediakan makanan ramuan. Dan untuk ramuan makanan anda dapat memberikannya biji berupa milet putih dicampurkan dengan milet merah dan juga kenari seed.

Pada waktu burung ini sedang berkembang biak anda harus memperhatikan benar dari keberadaan air bak mandi, sebab burung ini sering dan suka sekali bermain air.

Air mandi yang sudah kotor lebih baik segera dibersihkan sebab burung ini tidak suka dengan yang kotor. tak hanya itu saja, air yang kotor juga di kwatirkan akan membawa kuman penyakit yang bisa mengganggu kesehatan burung Strawberry.

Selain mengkonsumsi biji-bijian, burung ini juga gemar makan berbagai macam sayuran segar seperti halnya daun bayam, seledri, selada, lobak atau tomat.

Untuk pakan yang lainnya anda juga dapat memberikan kecambah, cambah disini pastinya berasal dari biji kenari yang di rendam air atau disemprot selanjutnya di ungkep selama satu malam. Setelah berkecambah, esoknya bisa anda diberikan pada burung.

Untuk perawatan burung strawberry finch, saat mandi biarkan saja burung ini mandi sendiri pada bak mandi yang anda sediakan.

Kemudian penjemuran bisa dilakukan sampai pukul 10 pagi, tak harus terlalu lama menjemur burung mungil ini. Sebab jika terlalu lama yang ada burung malah akan stress dan juga merasa kehausan.

 

Tinggalkan Komentar