Tips Perawatan Burung Srigunting Agar Bisa Gacor

Burung Sriguntuing adalah jenis burung kicauan yang sudah dikenal pandai menirukan suara kicauan dari burung jenis yang lainnya.

Bahkan karena pandainya dalam menirukan burung lain burung ini bisa mengecoh manusia. Dengan demikian burung ini disebut dengan burung penipu ulung.

Karena pandai dalam berkicau dan bisa menirukan suara hewan, maka banyak sekali orang yang tertarik untuk memelihara dan merawat burung srigunting ini.

Perawatan Burung Srigunting
Perawatan Burung Srigunting

Di berbagai kesempatan, burung srigunting akan menirukan suara predator yang sedang merasa kelaparan untuk menipu hewan lain yang sedang membawa makanan.

Sesudah hewan itu lari karena merasa ketakutan, maka burung srigunting segera mengambil makanan yang telah ditinggalkan oleh hewan tersebut.

Habitat dan Kebiasaan

Hutan sekunder yang terbuka tak jauh dari bantaran kali jadi lingkungan hidupnya. Namun burung ini juga kerap ditemuai pada area perkebunan, rawa-rawa, sampai dengan hutan bakau.

Srigunting suka hidup berpasangan,akan tetapi juga sering ditemui dalam kelompok kecil. Pada waktu mencari makan, srigunting kerap terbang melayang serta menyambar mangsanya.

Tidak jarang burung ini tampak menyusuri aliran sungai, baiki itu saat mencari makanan atau berkejaran dengan pasangannya. Makanan utama srigunting yaitu serangga.

Namun, burung tersebut juga menyukai buah-buahan manis dan juga tampak menghisap nektar bunga.

Srigunting ini memiliki karakter galak serta ganas, bahkan burung tidak takut untuk menyerang burung predator, misalnya elang yang memasuki wilayahnya.

Dalam memantau wilayahnya, burung ini kerap bertengger pada puncak pohon tertinggi yang terdapat pada wilayahnya tersebut.

Perawatan Burung Srigunting

Untuk anda para pecinta burung kicauan yang ingin memelihara burung Srigunting, maka harus mengerti tentang cara perawatan burung Srigunting yang benar.

Tujuannya agar burung yang anda pelihara bisa gacor dan juga hidup dalam jangka waktu yang lama. Burung ini juga masih banyak dapat ditjumpai di hutan-hutan kecil di kawasan ngawi.

Jadi orang yang berada disana gemar sekali menjadikan burung ini untuk burung kicauan dirumah selain Cendet dan Burung Kacer.

Untuk anda yang belum tau bagaimana cara merawat burung Srigunting, berikut ini cara perawatan burung Srigunting yang benar.

Makanan Burung Srigunting

Makanan Burung Srigunting
Makanan Burung Srigunting

Dalam perawatan burung srigunting, makanan harus selalu diperhatikan.

Maka dari itu, berikanlah makanan yang disukainya. Antara lain yaitu jenis serangga dan juga binatang kecil misalnya Jangkrik, Belalang, Kelabaang, dan juga Cicak.

Anda bisa memberikan hewan hidup ini pada setiap hari untuk jenis jangkrik dan juga untuk jenis belalang. Hal ini bertujuan agar burung senantiasa sehat dan juga bisa menjadi gacor atau rajin berkicau.

Untuk kemudahan dalam perawatan sebaiknyaanda pilih memelihara burung srigunting yang sudah bisa makan voer.

Pada saat pagi hari burung dikeluarkan dan diberi jangkrik sebanyak 3 ekor kemudian dijemur kurang lebih sekitar 30 menit.

Lalu, mandikan burung dengan disemprot, atau dengan karamba mandinya. Pada waktu yang sama, Anda dapat membersihkan sangkarnya dari kotoran.

Sesudah mandi, burung dianginkan pada tempat yang sejuk. Lalu berikan kroto sebanyak satu cepuk kecil serta buah-buahan apabila burung telah terbiasa memakannya.

Saat tersebut burung srigunting dapat dimaster dengan burung masteran atau memakai audio masteran dari mp3.

Sorenya, burung dijemur lagi selama 20 menit lalu diberikan pakan jangkrik kurang lebih 3-5 ekor.

Agar staminanya terjaga, berikan juga pakan serangga misalnya ulat hongkong atau ulat bambu. Anda bisa menambahkan madu dan multivitamin seperti Bird Vit pada air minumnya.

Biasakan untuk memberikan full kerodong di tiap malam dan biarkan burung beristirahat penuh sampai keesokan harinya.

Tinggalkan Komentar