Cara Perawatan Burung Sirtu Anakan Agar Bisa Jadi Gacor

Burung sirtu adalah burung kicauan yang bertubuh mungil yang sudah banyak dipelihara oleeh para pecinta burung kicauan. Suara kicuan khas dari burung sirtu memang dapat menjadikan kita merasa seperti berada di alam liar.

Pada wilayah hutan-hutan yang ada di pinggiran kota atau daerah yang banyak pohon tinggi yang tumbuh disana. Dan mereka kerap bersahut-sahutan bersama dengan burung kepodang atau burung yang lainnya.

Perawatan Burung Sirtu Anakan
Perawatan Burung Sirtu Anakan

Bahkan ada yang memberi nama burung sirtu ini dengan sebutan burung kepodang kecil. Sirtu juga sering turun di pepohonan yang rendah dan mencari makan di semak belukar.

Jenis Makanan Burung Sirtu

Pada umumnya jenis makanan yang paling tepat untuk burung sirtu yang berusia dewasa yaitu berupa serangga kroto, laba laba serta jenis serangga kecil yang lainya.

Selain itu kita juga bisa memberikan membagikan pakan yang berupa ulat hongkong serta serangga berupa jangkrik.

Akan tetapi, jika kita membagikan jangkrik pada burung sirtu dewasa dan pastinya wajib memperhatikan jumlah jangkrik yang hendak kita berikan pada burung burung tersebut.

Burung sirtu juga menyukai makanan yang berupa ulat daun pisang. Mereka mencari ulat tersebut di pohon pisang yang ada di sekitar habitatnya.

Jenis makanan itu adalah makanan untuk burung sirtu yang usianya dewasa. Jika kita mendapatkan burung sirtu yang masih anakan tentu saja perawatannya lebih sulit.

Perawatan Burung Sirtu Anakan

Perawatan Anakan Burung Sirtu
Perawatan Anakan Burung Sirtu

Perawatan anakan burung sirtu harus lebih teliti lagi. Dan yang paling penting untuk diperhatikan yaitu mengenai makanan anakan burung sirtu.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi, berikut ini cara perawatan burung sirtu anakan yang bisa anda terapkan.

Hal pertama yang harus kita perhatikan jika akan merawat anakan burung sirtu yaitu usia burung itu.

Dan jika burung masih tampak sangat muda yang kira kiramasih 2 minggu maka sebaiknya kita harus menyiapkan alat penghangat. Kita dapat menyediakan alat penghangat yang sudah kita letakkan diluar sangkar untuk alat penghangat.

Dapat menggunakan alat penghangat dari lampu pijar 5 watt. Posisi penempatan lampu dalam menghangatkan anakan burung sirtu memang tujuannya supaya mata burung tidak sakit atau terganggu.

Makanan Anakan Burung Sirtu

Perhatikan jenis pakan yang seharusnya kita berikan berikan pakan anakan burung sirtu tersebut seperti halnya telur rangrang.

Untuk telur rangrang yang belum menetas menjadi kroto. Kemudian jenis kroto termasuk pakan yang bisa menjadikan burung menjadi lebih sehat.

Teknik cara memberikan pakan sebaiknya anda lakukan dengan teknik lolohan. Anda bisa memberikan telur kroto sebanyak 15 ekor saja.

Lalu berikan 3 kali dalam sehari sesudah itu jangan lupa untuk memberikan minum. Dan caranya dengan melolohnya makan burung dapat menjadi lebih cepat jinak.

Waktu Pemberian Pakan

Waktu yang paling tepat untuk memberikan pakan dari anakan burung sirtu yaitu pada saat jam 6.30 pagi. Kemudian untuk siang harinya lebih tepat saat jam 11.00 dan juga sore hari pada saat jam 16.00.

Untuk burung sirtu yang memang sudah mepek, anakan burung sirtui sudah banyak bulunya maka sebaiknya kita berikan pakan berupa kroto. Selain itu juga bisa memberikan makanan serangga yang berupa ulat hongkong.

Sebaiknya melatih agar burung terbiasa memakan ulat danjuga jangkrik. Akan tetapi untuk makanan berupa jangkrik berikan 3 ekor saja 3 hari sekali.

Dengan melakukan perawatan burung sirtu anakan yang tepat, maka burung sirtu peliharaan anda akan bisa jinak dan pastinya memiliki kicauan yang gacor.

Komentar Facebook

Komentar Blog