Cara Perawatan Burung Manyar Agar Sehat dan Gacor

Burung manyar merupakan anggota keluarga Ploceidae. Jenis burung pemakan bijian ini pada umumnya di kawasan pedesaan yang masih mempunyai lahan pertanian ataupun pinggiran hutan.

Manyar juga mulai popular menjadi burung peliharaan sesudah diketahui suara kicauannya bagus serta dapat meniru suara burung lainnya. Supaya burung peliharaan anda bisa sehat dan rajin bunyi, dibutuhkan perawatan burung manyar yang tepat.

Terdapat tiga spesies burung manyar yang dikenal, yaitu manyar tempua, manyar jambul, serta manyar emas. Kesemuanya itu, manyar tempua serta manyar jambul paling banyak dipelihara.

Dalam perawatan burung manyar, yang harus diperhatikan yaitu memenuhi kebutuhan gizinya, termasuk melengkapinya dengan protein hewani yang asalnya dari pakan tambahan atau extra fooding .

Perawatan Burung Manyar

Perawatan Burung Manyar
Perawatan Burung Manyar

Walaupun manyar dikenal menjadi burung pemakan biji-bijian, burung ini memiliki sifat yang berbeda dari jenis burung pemakan bijian yang lainnya seperti burung finch.

Tak hanya mengkonsumsi biji-bijian, manyar juga begitu menyukai beberapa jenis serangga. Maka dari itu, dalam perawatan hariannya, burung manyar perlu makanan tambahan berupa serangga hidup.

Beberapa pakan hidup yang begitu disukai burung manyar yaitu ulat hongkong, jangkrik dengan ukuran kecil (anak jangkrik), rayap ataupun laron serta kroto.

Perawatan Burung Manyar Saat Proses Pemasteran

Untuk proses ini pastinya akan lebih bagus seandainya burung manyar yang akan kita pakai untuk memaster burung kicau lainnya ada burung manyar yang masih anakan.

Kemudian dari sejak masih bahan anakan ini dapat anda latih supaya dapat ngerool yaitu dengan mendengarkan suara masteran yang telah jadi dari burung manyar dengan suara dari mp3.

Perawatan Harian Burung Manyar

Pada hal ini yang sebaiknya anda lakukan sebagai pemilik dari burung manyar tersebut yaitu dengan memberikan jenis pakan yang pastinya memiliki kualitas bagus.

Kemudian salah satunya termasuk jenis dari pakan khusus burung kenari. Kemudian anda juga bisa memberikan jenis makanan tambahan seperti EF kroto, tulang sotong sampai dengan kroto.

Pada waktu anda melakukan proses memandikan burung, maka lebih baiknya anda mandikan kurang lebih sekitar jam 8 pagi. langkahnya dengan di semprot dengan menggunakan spray di setiap harinya.

Di dalam proses penjemuran anda dapat melakukan kurang lebih 1 sampai dengan 2 jam dalam 1 hari.

Sesudah anda melakukan proses penjemuran, maka sebaiknya anda lakukan proses penganginan burung. Dalam waktu kurang lebih 30 ataupun 15 menit saja. Kemudian selanjutnya anda kerodong kembali lalu anda masukan ke dalam rumah.

Manyar sebetulnya merupakan jenis burung yang gampang sekali beradaptasi dengan manusia. Perilaku tersebut dapat dilihat pada burung-burung manyar yang lainnya. Beberapa waktu yang lalu, masih banyak orang yang bisa melihat keberadaan burung manyar di halaman / pekarangan rumah tanpa merasa terganggu dengan aktivitas manusia.

Penangkaran Burung Manyar

Penangkaran Burung Manyar
Penangkaran Burung Manyar

Populasi burung manyar di alam liar semkarang ini memang sudah semakin menipis. Banyak lahan pertanian atau area perkebunan yang dahulunya menjadi tempat bercengkrama burung manyar, dan sekarang ini berganti menjadi kawasan permukiman penduduk.

Sehingga burung manyar kehilangan tempat tinggalnya. maka dari itu burung manyar sebaiknya ditangkarkan agar tidak punah. Dengan cara ditangkarkan, maka jumlah burung manyar akan bertambah banyak.

Di dalam penangkaran sebaiknya harus dirawat sebagaimana mestinya. Tujuannya supaya populasi burung manyar semakin banyak. Demikianlah ulasan mengenai cara perawatan burung manyar agar bisa sehat dan gacor. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Komentar