Cara Perawatan Burung Decu Macet Bunyi Agar Kembali Gacor

Burung Decu yaitu jenis burung kicauan yang sering dipelihara oleh kicaumania . Decu memiliki suara atau kicauan yang keras dan tidak kalah dengan jenis burung lainnya walaupun ukura tubuhnya terbilang kecil.

Untuk sekarang ini populasinya yang sangat hampir sedikit dan berkurang nya di alam menyebabkan jarangnya kita melihat keberadannya.

Namun, kebanyakan banyak orang tidak tahu mengenai namanya burung ini antara lain burung Decu atau di sebut juga kacer mini . Burung ini juga dijual dengan harga yang tidak murah.

Bagi anda yang hobi memelihara burung decu, tentu saja hendak burung decu anda rajin berkicau atau gacor. Namun untuk menjadikan burung decu gacor tidak mudah, anda harus benar-benar mengetahui cara merawat burung decu.

Perawatan Burung Decu Macet Bunyi

Perawatan Burung Decu Macet Bunyi
Perawatan Burung Decu Macet Bunyi

Cara perawatan burung decu yang sembarangan akan menjadikan burung decu anda tidak akan mudah berkicau, bisa jadi burung decu peliharaan anda akan stress atau bahkan malah mati.

Terdapat beberapa sebab mengapa burung decu malas berbunyi, antara lain kurang birahi. Bisa juga karena terganggu burung lain yang digantang terlalu dekat dengannya, dan lain sebagainya.

Sebagai burung teritorial, decu memerlukan wilayah kekuasaan dalam jarak tertentu. Maka dari itu, jarak antara sangkarnya dengan sangkar burung lainnya jangan terlalu dekat.

Apabila terlalu dekat, burung mudah ngedrop dan malas berbunyi. Guna mengembalikan kondisi burung decu yang macet bunyi, diperlukan beberapa perawatan burung decu macet bunyi khusus seperti berikut ini.

Memisahkannya Dari Burung Lain

Perawatan burung decu macet bunyi yaitu memisahkan dari jenis burung lain. Guna menumbuhkan kembali kondisi mentalnya yang ngedrop, atau memancingnya supaya kembali berbunyi.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan yaitu menjauhkan burung decu dari burung peliharaan lain yang sama-sama tipe petarung atau fighter.

Guna kenyamanan burung, sebaiknya sangkar digantang pada jarak yang lumayan jauh dari burung lain yang bertipe petarung. Cara lainnya yaitu menggantang sangkar di antara sangkar burung lain yang bukan tipe petarung. Antara lain robin, pleci, dan dari jenis cucak-cucakan.

Mengatur Ulang Pakan Tambahan

Mengatur Pakan Tambahan Decu
Mengatur Pakan Tambahan Decu

Pada saat burung decu tak mau menampilkan suara kicauannya, atau hanya ngeriwik saja. Jadi pakan tambahan perlu diatur ulang. Dalam tahap awal, pakan tambahan / extra fooding (EF) bisa diberikan lebih banyak daripada biasanya.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk perawatan burung decu macet bunyi atau yang malas berbunyi atau ngeriwik saja yaitu memberikan terapi mandi malam.

Mandi malam dapat dilakukan 2 kali seminggu, sekitar pukul 19.30 hingga 21.30. Sesudah mandi malam, burung digantang pada tempat hangat, misalnya di bawah lampu. Pada waktu itu, berikan 2-3 ekor jangkrik dan 3-5 ekor ulat hongkong.

Sesudah bagian bulu kering, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan istirahat sampai pagi hari. Pada saat pagi hari, burung dikeluarkan untuk diembunkan. Setelah matahari terbit, berikan sebanyak 1 sendok teh kroto.

Memutarkan Suara Terapi pada Burung Decu

Satu hal yang bisa membantu pemulihan kondisi burung adalah memutarkan suara terapi yang berisi suara alam dan suara burung decu liar. Suara terapi ini bisa diperdengarkan saat burung sedang diembunkan, serta pada sore hari.

Dengan melakukan berbagai macam cara perawatan burung decu macet bunyi seperti diatas tadi, burung decu anda akan bisa kembali gacor dan sehat seperti semula.

Untuk itu dalam perwatannya harus anda perhatikan dengan sebaik mungkin agar hasilnya bisa maksimal.

Tinggalkan Komentar