Cara Perawatan Burung Anis Merah Mabung Paling Tepat

Mabung, ngurak, atau disebut juga molting merupakan proses yang pasti dialami oleh setiap jenis burung.

Proses mabung merupakan proses pergantian bulu. Bulu yang telah cukup tua dan rusak akan rontok dan diganti dengan bulu lain yang semakin halus.

Proses pergantian bulu itu juga harus diberikan perhatian khusus, sebab dapat mempengaruhi banyak hal kepada burung itu sendiri paska pergantian bulu.

Mabung atau pergantian bulu dengan total biasanya akan berlangsung selama 1 bulan. Padawaktu mabung membutuhkan stamina ekstra.

Jadi, anda sebagai pemiliknya harus menyiapkan makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup. Tapi, tidak disarankan untuk memberikan makanan ekstra, misalnya seperti jangkrik. Sebab bisa meningkatkan birahi nya.

Perawatan Burung Anis Merah Mabung
Perawatan Burung Anis Merah Mabung

Pemberian makanan ekstra berupa jangkrik bisa menghambat proses penggantian bulu sehingga harus di stop untuk sementara waktu.

Setiap burung yang mengalami fase mabung harus mendapatkan perawatan yang berbeda dan lain seperti biasanya. Tak terkecuali dengan burung anis merah.

Untuk perawatan burung anis merah mabung itu sangat perlu di perhatikan jika ingin burung peliharaan anda menjadi sehat kembali seperti semula……

Terlebih lagi apabila burung anis merah anda sudah teler dan sudah biasa di bawa kontes. Pastinya akan sangat menyesal apabila anda tidak bisa merawatnya dengan tepat.

Perawatan Burung Anis Merah

Pada saat mabung, burung anis merah harus lebih diperhatikan. perawatan anis merah mabung juga harus dilakukan dengan ekstra teliti dan hati-hati agar bulu bisa tumbuh kembali secara sempurna.

Pada burung anis merah, mabung umunya akan selesai dalam waktu satu bulan. Saat masa ini, Anda harus benar-benar bisa sabar serta telaten dalam merawat burung anis merah Anda.

Penuhi Kebutuhan Protein

Perawatan anis merah mabung yang terpenting adalah soal pemenuhan protein. Hal ini dikarenakan 25% kandungan protein dalam tubuh burung dipakai untuk pembentukan protein baru. Oleh sebab itulah, burung anis merah perlu protein ektra pada saat mabung.

Makanan burung anis merah mabung yang paling pas adalah jangkrik dan kroto. Untuk takarannya yaitu 4 ekor jangkrik pagi dan 4 ekor jangkrik pada saat sore hari. Di saat pagi hari, berikan juga satu sendok kroto.

Sebagai nutrisi tambahan, Anda juga dapat memberikan cacing. Berikan cacing 3 kali dalam seminggu dengan takaran sebanyak 2 ekor cacing sekali makan.

Sedangkan untuk buahnya, sebaiknya anda berikan pepapa daripada pisang. Hal ini disebabkan buah pepaya mengandung lebih banyak vit C, jadi sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anis merah.

Cek Kondisi Burung

Cek Kondisi Anis Merah
Cek Kondisi Anis Merah

Perawatan burung anis merah mabung yang juga tidak kalah penting adalah pengecekan kondisi burung. Apabila Anis Merah lebih sering memejamkan mata, itu artinya terdapat sedikit masalah pada kesehatannya.

Mandi dan Pengeringan

Dalam kondisi normal, burung ini harus dimandikan dan dijemur setiap hari. Tapi, perawatan anis merah mabung begitu berbeda. Anis Merah mabung, hanya perlu dimandikan satu minggu sekali. Terlalu sering memandikan saat mabung justru bisa menghambat pertumbuhan bulu.

Sedangkan untuk penjemuran, disarankan untuk membatasinya 20 menit saja. Pejemuran anis merah mabung ini hanya diperlukan setelah mandi. Tidak perlu menjemur anis merah mabung setiap hari.

Biarkan Burung Anis Merah Dikerodong

Anis merah yang sedang dalam keadaan mabung harus dibiarkan dikerodong. Jauhkan pula dari tempat ramai. Hal ini dikarenakan anis merah sangat rawan stres saat mabung. Jadi berikan kerodong agar burung anis merah ini tidak stress.

Tinggalkan Komentar