Penyebab Nyilet pada Burung Lovebird yang Harus Anda Ketahui

Lovebird yang mengalami gangguan nyilet atau lovebird kurus termasuk salah satu penyakit pada lovebird. Jika permasalahan pada lovebird ini tidak segera ditangani, maka lovebird kesayangan anda bisa mati.

Penyakit lovebird nyilet tersebut biasanya dikarenakan burung tidak mendapatkan perawatan dengan baik. Baik itu dari segi pakan, asupan nutrisi, dan juga dari perawatan harian. Dengan begitu burung akan kekurangan nutrisi dan vitamin hingga berdampak burung menjadi kurus dan mudah terserang penyakit.

Penyebab Nyilet pada Burung Lovebird
Penyebab Nyilet pada Burung Lovebird

Burung yang terkena nyilet dan mati merupakan kesalahan terbesar seorang penangkar burung. Meski nyilet bisa saja disebabkan oleh hal lain, akan tetapi, semua itu masih berkaitan dalam bagaimana Anda merawatnya.

Beberapa ciri lovebird nyilet yang utamanya yaitu pada burung lovebird akan terlihat kurus, dada membusung sebab tulang. Selain itu, terkadang bulu juga terlihat rusak, dan lemas. Akibat terburuk yang bisa disebabkan oleh nyilet adalah kematian.

Jika Anda tak ingin burung Anda berakhir nyilet, maka perhatikan apa penyebab nyilet pada burung lovebird dan cara mengatasi lovebird nyilet yang baik dan benar. Tujuannya agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Penyebab Nyilet Pada Burung Lovebird

1. Kurang Pakan

Kurangnya asupan makanan ini bisa menjadi masalah utama jika burung terlihat kurus yakni kurangnya asupan makanan dalam perutnya. Tidak hanya semata-mata menjadikan burung menjadi kenyang dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Akan tetapi Anda harus tetap menjaga asupan nutrisi lainnya seperti vitamin, proitein, mineral, dan lainnya. Gizi yang cukup akan membuat burung menjadi terisi dan sehat.

2. Kurang Perawatan

Pemberian makanan memang menjadi salah satunya. Akan tetapi, perawatan di sini lebih ditekankan mengenai bagaimana Anda dalam memandikannya, menjemurnya, pemasteran, dan lainnya.

Semua itu dapat saja menjadi penyebab nyilet pada burung lovebird. Misalnya seperti mandi dan penjemuran yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali yang bisa mengakibatkan virus atau kutu-kutu yang menggrogoti dari luar.

3. Gondok

Jenis penyakit ini tidak hanya menyerang pada organ tubuh manusia saja. Akan tetapi, juga menjadi jenis penyakit yang cukup berbahaya untuk burung peliharaan anda khususnya lovebird.

Penyakit ini apabila tak dirawat dan melakukan pertolongan pertama dengan capat dapat berdampak kematian dan hal itu mutlak.

Dengan demikian, jika Anda mendapati burung Anda mengidap penyakit ini jangan hanya tinggal di tempat. Sama seperti ciri pada umumnya, gondok juga dapat terlihat pada bagian leher burung.

4. Cacingan

Cacingan juga merupakan penyebab nyilet pada burung lovebird. Penyakit ini juga dapat menyerang manusia, sehingga manusia yang terserang menjadi kurus. Wajar juga apabila terjadi pada mahluk lain seperti halnya burung lovebird.

Lovebird Cacingan
Lovebird Cacingan

Ciri burung cacingan yaitu kurus dan kurang nafsu makan. Sebaiknya sebelum diberi makan Anda perhatikan terlebih dahulu kebersihkan dari jenis makanan tersebut.

5. Keracunan Logam Sangkar

Sangkar yang terbuat dengan logam berat juga dapat mengakibatkan burung menjadi sakit dan akhirnya menjadi nyilet. Walaupun jenis burung berbeda-beda pertahanan tubuhnya, akan tetapi keracunan seperti ini bisa terjadi pada burung yang lemah.

6. Kutu dan Tungau

Kutu bahkan tungau dapat menjadikan burung menjadi malas berkicau, makan dan minum. Sebab selalu terganggu akibat gatal yang diakibatkan oleh kutu. Selain itu, kutu juga bisa menghisap darah pada burung yang bisa menjadikan burung menjadi nyilet.

7. Gangguan Pada Paruh

Kesehatan paruh yang buruk dapat berakibat pada burung seperti halnya menjadi malas makan minum atau bahkan sampai tak mau berkicau.

Sebab itulah perhatikan kesehatan paruh yang ada pada burung Anda. Tidak hanya paruh, semua yang ada di tubuh lovebird Anda sangat wajib untuk Anda perhatikan.

Tinggalkan Komentar