4 Jenis Penyakit Burung Kacer dan Pengobatannya

Kacer termasuk salah satu jenis burung yang banyak diminati para penghobi burung. Hal ini dikarenakan kacer memiliki kualitas suara yang bagus dan mudah dilatih untuk menjadi burung lomba. Hanya saja, perawatan yang kurang bisa menyebabkan kacer sakit. Untuk itu, pastikan anda tahu apa saja penyakit burung kacer dan pengobatannya.

omkicau.com

Penyakit Burung Kacer dan Pengobatannya

Sebagai penghobi burung yang baik, anda harus memahami berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang kacer. Selain itu, ketahui juga bagaimana cara mengobatinya. Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut kami bagikan beberapa jenis penyakit burung kacer dan pengobatannya untuk anda.

1. Gangguan Pernapasan

Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang kacer ialah gangguan pernapasan. Jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri E.colli. Bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan kacer dengan penularan lewat makanan, minuman, dan fisik.

Saat penyakit ini menyerang kacer, pastikan anda segera membersihkan kandangnya. Bersihkan sangkar burung setiap pagi secara rutin. Sikat dan cuci alas sangkar yang kotor dengan deterjen. Lalu jemur selama 15-30 menit di bawah paparan matahari.

Supaya sangkar burung benar-benar bersih, anda bisa menyemprot semua ornamen sangkar burung menggunakan disinfektan dengan dosis yang sesuai. Perlu diketahui, disinfektan bisa membunuh bakteri, parasit, jamur, kuman penyakit, kutu, dan virus yang membahayakan kesehatan burung.

2. Mencret

Kacer juga bisa terserang penyakit mencret. Penyakit mencret yang dialami burung kacer bisa disebabkan oleh 2 hal, yakni salah makan dan terinfeksi bakteri. Selain kacer terlihat lesu dan lemas, nafsu makannya juga tampak berkurang.

rmol.co

Burung kacer yang mencret bisa diobati dengan memberikan makanan dan nutrisi yang tepat. Dalam artian, makanan yang diberikan memiliki nutrisi yang seimbang dan bagus bagi kesehatan kacer. Kesehatan kacer memang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsinya.

Anda bisa memberikan makanan yang memiliki komposisi lengkap dan sudah teruji sesuai untuk kacer. Adapun hal yang dimaksud sesuai untuk kacer ialah cocok dengan sistem metabolisme kacer. Kandungan nutrisi dari makanan yang diberikan harus mampu memenuhi semua kebutuhan kacer.

3. Snot

Snot adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang kacer. Penyakit snot yang juga dikenal dengan nama penyakit mata ini disebabkan oleh virus Hemophillus Gallinarum. Penyakit ini menimbulkan benjolan merah di area mata kacer.

Tak hanya itu, penyakit ini juga ditandai dengan wajah kacer yang tampak bengkak. Hidung kacer juga mengeluarkan ingus atau lendir. Bahkan jika tak segera ditangai, kacer akan sering bersin-bersin sebagai tanda bahwa ada hal yang mengganggunya.

Untuk mengobati kacer yang terkena penyakit snot, anda bisa memberikan suplemen vitamin, asam amino, dan mineral yang tepat. Berikan suplemen dengan kandungan vitamin, asam amino, dan mineral tersebut secara rutin dan terjadwal pada kacer.

4. BuBulan

Penyakit bubulan yang dialami kacer disebabkan oleh bakteri Staphylo Coccus. Bakteri ini menyerang bagian permukaan kaki kacer. Saat kacer terkena infeksi bakteri ini, sisik kakinya akan terlihat kendur dan melebar. Selain itu, kakinya juga akan terlihat membengkak.

Sebagai langkah pengobatan, anda bisa mencuci kaki kacer dengan air hangat. Setelah mengering, olesi kaki kacer dengan salep anti jamur. Selama masa penyembuhan, berikan makanan yang kaya akan vitamin A dan hindari telur rebus.

Berbagai jenis penyakit burung kacer dan pengobatannya di atas perlu anda pahami demi kesehatan kacer kesayangan anda. Lakukan berbagai upaya pengobatan sendiri. Apabila kacer tak kunjung sembuh, baru anda bisa datangi dokter hewan.

Tinggalkan Komentar