Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Bubul Pada Burung Kenari

Kenari merupakan jenis burung kicauan yang banyak disukai oleh para pecinta burung kicauan. Namun tidak sedikit dari penggemar burung kenari yang mengeluhkan jika kaki dari burung kenari peliharaan terlihat bengkak.

Bahkan banyak juga juga yang memiliki anggapan jika bengkak pada kaki burung kenari itu di akibatkan oleh gigitan nyamuk. Padahal jika kita telusuri lebih lanjut sebenarnya banyak faktor yang dapat dikatakan sebagai penyebab bengkaknya kaki kenari.

Penyakit Bubul Pada Burung Kenari
Penyakit Bubul Pada Burung Kenari

Seperti halnya bentuk atau bahan tenggeran yang kurang cocok misalnya terbuat dari plastik dan lain sebagainya. Bisa juga akibat infeksi bakteri atau jamur dan penyakit serta faktor lain yang berkaitan dengan kondisi kandang yang kotor dan sebagainya.

Pada awal mula kaki terserang bubulan atau dikenal dengan istilah Bumble foot pada burung kenari ini, bentuknya akan tampak seperti jerawat yang kecil. Biasanya berwarna merah muda dan biasanya terletak pada telapak kaki atau diantrara kukunya.

Apabila hal tersebut tidak segera diatasi maka jerawat kecil tersebut akan menjadi semakin membengkak kebiruan. Dan dalam kondisi inilah jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kerusakan permanen dalam kaki kenari itu.

Penyakit Bubul pada Burung Kenari

Penyakit bubul pada burung kenari ini juga termasuk jenis penyakit yang sering menyerang hampir semua jenis burung. Penyebab penyakit bubul pada burung kenari yaitu dari bakteri Staphylo coccus.

Bakteri ini biasanya menyerang permukaan kulit, khususnya kulit telapak kaki. Faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit bubul yaitu kurangnya kebersihan sangkar, khususnya tempat bertengger.

Tanda-tanda serangan penyakit bubul yang dapat dilihat adalah disela sela kaki ruas jari terdapat caplak atau kutil yang mengeras. Jika serangan penyakit bubul ini dibiarkan, maka lama kelamaan infeksi penyakit tersebut akan melebar dan bertambah besar.

Pencegahan terhadap serangan penyakit bubul dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar dan tempat bertengger atau pada tangkringan pada sangkar burung.

Bubul Basah

Penyebab bubul basah yaitu virus bakteri yang sama. Akan tetapi berdampak pada pembengkakan di ruas jari dan telapak kaki burung yang terlihat benjolan kekuningan. Sering juga pada ujung pangkal kuku.

Jika hal ini terjadi pada burung kenari kita stop dulu pemberian telor rebus. Sebab hal tersebut disebabkan burung kelebihan protein.

Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari

Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari
Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari

Langkah-langkah mengobati penyakit jamur (bubul) pada kaki kenari adalah sebagai berikut:

  • Peganglah tubuh kenari dengan cara pelan dan dengan santai hingga kenari merasa nyaman.
  • Anda juga bisa mencuci kaki kenari yang jamuran (bubul) dengan air hangat. Ulangilah hingga beberapa kali hingga bubul terasa lunak
  • Selanjutnya keringkan, bisa dengan diangin-anginkan ataupun dilap dengan kain.
  • Langkah berikutnya olesi dengan obat luar yaitu salep anti jamur, misalnya: salep88, betason N, canestin,daktarin dan lainnya.
  • Semenjak kakinya anda berikan salep, maka biarkan hingga 2 hari atau jangan dimandikan.
  • Setelah 2 hari, cucilah kaki kenari dengan air hangat, olesi kembali dengan salep, begitu seterusnya selama 3 minggu.
  • Tanda-tanda kaki kenari sudah mulai sembuh yaitu terlihat kakinya yang mengering dan mulai mengelupas, dan bisa dimungkinkan kenari kembali bersih seperti sedia kala.

Berilah makanan yang mengandung Vitamin A seperti sayuran segar yang berwarna hijau tua. Sebaiknya juga jangan berlebihan dalam memberikan telur rebus.

Sebab dengan mengkonsumsi telur rebus yang berlebihan akan membuat kadar asam urat dalam tubuh burung menjadi meningkat dan hal ini bisa menjadi awal penyebab terjadinya penyakit kaki bulbulan atau Bumble Foot ini.

Tinggalkan Komentar